Yang Dimaksud Sholat Fajar itu Subuh Atau Qabliyah?

Your Story | Jumat, 24 Mei 2019 20:01
Yang Dimaksud Sholat Fajar itu Subuh Atau Qabliyah?

Reporter : Ahmad Baiquni

Ketika fajar terbit, hanya ada dua sholat yaitu Qabliyah Subuh dan Subuh.

Dream - Dalam beberapa kitab fikih disebutkan adanya sholat Fajar. Dinamai sholat Fajar karena dilakukan ketika fajar sudah terbit, yang menjadi penanda bergantinya malam dengan pagi.

Di waktu fajar sendiri hanya ada dua sholat yang dikerjakan. Dua sholat tersebut yaitu sholat Qabliyah Subuh dan sholat Subuh.

Lantas, apa yang dimaksud dengan sholat Fajar? Apakah hanya sholat Qabliyah Subuh atau Subuh, atau malah keduanya?

Dikutip dari NU Online, sholat Fajar dan keutamaannya dijelaskan dalam beberapa hadis. Salah satunya dalam hadis riwayat Muslim dari 'Aisyah RA.

" Dua rakaat sholat Fajar lebih utama dari dunia dan seisinya."

 

2 dari 3 halaman

Dimaknai Qabliyah Subuh

Abu Hasan Al Mubarakfuri dalam kitabnya Mir'ah Al Mafatih Syarah Misykat Al Mashabih, menafsirkan makna sholat Fajar dalam hadis di atas. Dalam pandangan Abu Hasan, yang dimaksud dengan sholat Fajar adalah Qabliyah Subuh atau sebelum Subuh sebanyak 2 rakaat.

" Maksud dari perkataan 'dua rakaat sholat Fajar' adalah sholat sunah (qabliyah fajar. Penyebutannya memang masyhur dengan nama ini."

Terdapat sejumlah hadis yang memperkuat pendapat Abu Hasan. Seperti hadis riwayat Bukhari dari 'Aisyah RA.

'Aisyah RA berkata, " Nabi SAW belum pernah dalam melakukan sholat sunah lebih diperhatikan dari dua rakaat sholat fajar."

 

3 dari 3 halaman

Pendapat Lain: Sholat Subuh

Namun demikian, ada hadis lain yang memaknai sholat Fajar sebagai sholat Subuh. Seperti dalam hadis riwayat Thabrani dari Abdullah bin 'Umar RA.

" Tidak ada sholat setelah (terbit) fajar kecuali dua rakaat sebelum sholat Fajar."

Al Munawi condong kepada pemaknaan sholat Fajar sebagai sholat Subuh. Dia menuangkan pendapatnya adalah kitab Faid Al Qadir.

" Barangsiapa melaksanakan shalat fajar dengan ikhlas—dalam sebagian riwayat diungkapkan dengan kata shalat subuh—maka dia berada dalam jaminan Allah."

Terjadi dua pemaknaan mengenai sholat Fajar jika merujuk pada hadis. Tetapi, apabila menggunakan pendekatan keumuman bahasa orang Arab, umumnya sholat Fajar dimaknai sebagai sholat Subuh.

(ism, Sumber: NU Online)

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-
Join Dream.co.id