Waktu Sholat Idul Adha dan Amalan Sunah sebelum Sholat Ied yang Penting Diketahui

Your Story | Jumat, 27 Mei 2022 12:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Ada beberapa dalil yang menjelaskan tentang waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat Idul Adha.

Dream – Idul Adha atau disebut juga dengan Hari Raya Kurban identik dengan aktivitas pemotongan hewan kurban baik berupa sapi, kambing, maupun domba. Sering juga disebut Lebaran Haji, Idul Adha menjadi salah satu hari raya yang besar dan istimewa bagi umat Islam yang dilaksanakan setiap tahunnya, tepatnya pada tanggal 10 Zulhijah.

Perintah untuk berkurban pun telah dijelaskan oleh Allah SWT melalui surat Al-Kausar ayat 2 sebagai berikut:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

Artinya: Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” (QS. Al-Kausar: 2).

Sebelum melakukan penyembelihan hewan kurban, umat Islam biasanya akan mengerjakan sholat Idul Adha terlebih dahulu di pagi hari secara berjamaah. Sholat ini hampir sama dengan sholat Idul Fitri yang juga berjumlah dua rakaat dan terdapat kotbah.

Selain mengetahui tata cara dari sholat Idul Adha, sahabat Dream juga perlu mengetahui waktu sholat Idul Adha yang benar agar tidak terlambat melaksanakannya.

Berikut adalah waktu sholat Idul Adha yang tepat dan sunah-sunah sebelum sholat Idul Adha yang dirangkum melalui almanhaj.or.id dan brilio.net.

Waktu Sholat Idul Adha dan Amalan Sunah sebelum Sholat Ied yang Penting Diketahui
Waktu Sholat Idul Adha (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Waktu Sholat Idul Adha

 Waktu Sholat Idul Adha© Shutterstock.com

Secara umum, pelaksanaan sholat Idul Adha adalah pada pagi hari. Umat Islam biasanya akan berbondong-bondong menuju masjid atau tanah lapang sembari membawa peralatan sholat untuk menunaikan sholat Idul Adha secara berjamaah. Namun, sahabat Dream harus juga mengetahui waktu sholat Idul Adha yang tepat. Hal ini agar kamu tidak terlambat bangun dan bersiap menuju tempat sholat.

Mengenai waktu sholat Idul Adha ini ada beberapa dalil. Dalil yang pertama adalah sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnul Qayyim sebagai berikut:

Beliau saw mengakhirkan sholat Idul Fitri dan menyegerakan sholat Idul Adha. Dan adalah Ibnu Umar dengan kuatnya upaya dia untuk mengikuti sunah Nabi tidak keluar hingga matahari terbit.”

Kemudian dari Shiddiq Hasan Khan mengatakan sebagai berikut:

Waktu sholat Idul Fitri dan Idul Adha adalah setelah tingginya matahari seukuran satu tombak sampai tergelincir. Dan terjadi ijma (kesepakatan) atas apa yang diambil faedah dari hadis-hadis , sekalipun tidak tegak hujjah dengan semisalnya. Adapun akhir waktunya adalah saat tergelincir matahari.”

Lalu dari Syaikh Abu Bakar Al-Jazairi mengatakan:

Waktu sholat Idul Fitri dan Idul Adha adalah dimulai dari naiknya matahari setinggi satu tombak sampai tergelincir. Yang paling utama, sholat Idul Adha dilakukan di awal waktu agar manusia dapat menyembelih hewan-hewan kurban mereka, sedangkan sholat Idul Fitri diakhirkan agar manusia dapat mengeluarkan zakat fitri mereka.”

3 dari 4 halaman

Sunah-sunah sebelum Sholat Idul Adha

 Sunah-sunah sebelum Sholat Idul Adha© Shutterstock.com

Setelah mengetahui waktu sholat Idul Adha, sahabat Dream juga perlu mengetahui apa saja sunah yang dilakukan sebelum melaksanakan sholat Idul Adha. Berikut adalah beberapa sunahnya yang bisa sahabat Dream kerjakan:

Mandi sebelum Sholat Idul Adha

Sunah pertama yang bisa dilakukan sebelum menjalankan sholat Idul Adha adalah mandi. Ya, mandi sebelum sholat Idul Adha sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw. Hal ini pun juga dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah berikut ini:

Dan dari Abdullah bin Abbas ra, ia berkata, bahwasanya Nabi saw mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha.”

Menggunakan Wewangian

Sunah kedua yang bisa dilakukan sebelum sholat Idul Adha adalah dengan menggunakan wewangian. Jadi, umat Islam yang hendak menjalankan sholat Idul Adha tidaklah harus menggunakan pakaian yang baru. Asalkan pakaian tersebut bersih dan rapi, maka hal itu sudah cukup. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Zaid bin al-Hasan bin Ali dari ayahnya berikut ini:

" Kami diperintahkan oleh Rasulullah saw pada dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) untuk memakai pakaian kami terbaik yang ada, memakai wangi-wangian terbaik yang ada, dan menyembelih binatang kurban tergemuk yang ada (sapi untuk tujuh orang dan unta untuk sepuluh orang) dan supaya kami menampakkan keagungan Allah, ketenangan dan kekhidmatan." (HR. Al-Hakim dalam kitabnya al-Mustadrak, IV: 256).

4 dari 4 halaman

Sunah-sunah sebelum Sholat Idul Adha

 Sunah-sunah sebelum Sholat Idul Adha© Shutterstock.com

Mengumandangkan Takbir

Menjelang pelaksanaan sholat Idul Adha, sahabat Dream pasti sudah mendengar takbir dikumandangkan dengan pengeras suara sejak pagi. Ya, mengumandangkan takbir sebelum sholat Idul Adha adalah bagian dari sunah. Bahkan umat Islam juga dianjurkan untuk selalu membaca takbir selama perjalanan menuju tempat sholat Idul Adha. Hal ini pun dijelaskan dalam sebuah hadis berikut:

" Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar rumah menuju lapangan kemudian beliau bertakbir hingga tiba di lapangan. Beliau tetap bertakbir sampai shalat selesai. Setelah menyelesaikan salat, beliau menghentikan takbir." (HR. Ibn Abi Syaibah dalam Al Mushannaf).

Makan setelah Sholat Idul Adha

Sunah berikutnya adalah dengan makan setelah menjalankan sholat Idul Adha. Jadi, usahakan untuk tidak makan dan minum sebelum menjalankan sholat Idul Adha. Sedangkan sunah ini adalah kebalikan dari sunah di saat Idul Fitri. Di mana disunahkan untuk makan dan minum sebelum sholat Idul Fitri sebagai pengingat bahwa hari itu adalah tanggal 1 Syawal yang memang dilarang untuk melakukan puasa. Hal ini seperti dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari berikut:

" Rasulullah tidak berangkat pada Idul Fitri hingga beliau memakan beberapa kurma," (HR. Bukhari).

Join Dream.co.id