Terpisah 20 Tahun, Bertemu Keluarga Kandung di Pesta Nikah

Your Story | Rabu, 12 Agustus 2020 07:02
Terpisah 20 Tahun, Bertemu Keluarga Kandung di Pesta Nikah

Reporter : Sugiono

Dia baru sadar setelah ada wanita yang selalu ucap ulang tahun di akun Facebooknya.

Dream - Video pertemuan seorang remaja Malaysia bersama keluarga kandungnya yang terpisah selama 20 tahun, membuat netizen banjir air mata.

Dibagikan di Twitter, pertemuan mengharukan itu dianggap sebagai momen penuh keajaiban dalam hidupnya oleh Muhd Hidahyat Jamaludin atau Dodiey.

Bercerita kepada mStar, Dodiey yang sekarang berusia 20 tahun mengungkapkan dirinya diserahkan kepada keluarga angkatnya sewaktu masih bayi.

Dia kemudian dibesarkan di Ampang, Kuala Lumpur sebelum bertemu kembali dengan seluruh keluarga kandungnya di Kajang, Selangor pada Sabtu lalu.

2 dari 6 halaman

Diserahkan ke Keluarga Angkat Sejak Bayi

" Saya bertemu mereka saat menghadiri pernikahan kakak kandung saya. Memang selama ini tak pernah bertemu. Baru sekarang saya ada kekuatan untuk bertemu.

Dodiey (kanan) saat bertemu keluarga kandung usai terpisah selama 20 tahun.© Twitter

" 20 tahun lalu saya diserahkan kepada ayah angkat, sebab keluarga kandung tidak mampu pada waktu itu," kata Dodiey.

Selama tumbuh di dalam keluarga angkatnya, Dodiey pun tak berpikir untuk mencari mereka. Dia mengaku waktu itu dia mungkin belum dewasa.

" Lagi pula, saya diperlakukan dengan baik oleh keluarga angkat. Memang dari kecil saya tahu saya anak angkat, tapi saya lihat dari sudut positifnya saja," ujarnya.

3 dari 6 halaman

Takut dan Berdebar Saat Akan Bertemu

Menurut Dodiey, pertemuan itu benar-benar banjir air mata setelah masing-masing dapat bertemu dan berpelukan buat pertama kali dalam tempo 20 tahun.

Bahkan segala rasa takut dan ragu terus menghantui Dodiey, saat pertama kali menatap wajah keluarga kandung yang sangat menantikan kedatangannya.

" Meski diserahkan kepada orang lain sejak kecil, saya tak pernah salahkan keluarga. Jadi sehari sebelum bertemu, perasaan saya memang takut dan berdebar-debar. Rasa ragu-ragu," katanya.

4 dari 6 halaman

Hari yang Bersejarah

Keluarga angkat pun tidak menghalangi Dodiey untuk bertemu keluarga kandungnya. Kata mereka, inilah waktu yang tepat. Makin mendekati detik-detik pertemuan itu hatinya makin berdebar.

" Ketika jumpa ibu dan ayah serta kakak-kakak rasa takut itu langsung hilang. Digantikan perasaan haru dan senang. Mereka sangat menantikan saya. Kami semua tujuh bersaudara dan saya anak bungsu. Semua menangis saat itu," katanya.

Dodiey mengatakan setelah bertemu lagi dengan keluarga kandungnya, dia akan fokus menyayangi kedua-duanya. Tidak ada yang lebih dan yang kurang.

" Saya anggap pertemuan itu sebagai hari yang bersejarah. Hal yang mustahil bisa terjadi. Percayalah pada keajaiban," ujarnya yang bekerja di sebuah organisasi nirlaba di Kuala Lumpur.

5 dari 6 halaman

Ibu Kandung Sudah Tahu Melalui Facebook

Dodiey mengungkapkan keluarga kandungnya sebenarnya sudah mengenali dirinya melalui media sosial sejak lama sebelum dia menyadarinya pada tahun lalu.

Dia bahkan selalu mendapat ucapan selamat ulang tahun melalui Facebook setiap tahun dari seorang wanita sebelum dia menyadari bahwa itu adalah ibu kandungnya.

" Saya mulai punya Facebook sejak usia 11 tahun. Jadi setiap kali hari ulang tahun, ada seorang ibu tulis ucapan setiap tahun. Rupa-rupanya sudah lama ibu saya stalk Facebook saya.

" Baru pada tahun lalu saya mulai penasaran. Saya coba menyelidiki dan lihat foto salah seorang anaknya yaitu abang saya yang keenam, wajahnya mirip dengan saya," kata Dodiey.

6 dari 6 halaman

Bertemu di Pesta Pernikahan Kakak Kandung

Dari situ Dodiey mulai merasa bahwa wanita itu adalah ibu kandungnya. Dodiey mendekati dan bertanya sebelum akhirnya wanita itu mengakui yang sebenarnya.

Setelah lama mengumpulkan kekuatan dan keberanian, Dodiey akhirnya setuju untuk bertemu keluarga kandungnya pada Sabtu melalui pesta pernikahan kakaknya.

Sehingga kini, video pertemuan Dodiey dengan keluarga kandungnya yang sebelumnya terpisah selama 20 tahun mendapat lebih dari 16,000 tampilan di Twitter.

Sumber: mStar.com.my

Join Dream.co.id