Masya Allah, Sunnah Nabi Ini Dipakai Perusahaan Besar Dunia

Your Story | Rabu, 18 Mei 2016 07:44
Masya Allah, Sunnah Nabi Ini Dipakai Perusahaan Besar Dunia

Reporter : Puri Yuanita

Namun, umumnya perusahaan besar ini tidak mengetahui jika yang dilakukan itu sebenarnya sunnah yang diajarkan Nabi.

Dream - Kini, sudah banyak sunnah nabi yang terbukti secara ilmiah. Bahkan, perusahaan di beberapa negara sudah menjalankan salah satu sunnah Nabi berikut ini. Beberapa diantaranya bahkan mewajibkan karyawannya agar melaksanakan sunnah tersebut.

Namun, umumnya perusahaan besar ini tidak mengetahui jika yang dilakukan itu sebenarnya sunnah yang diajarkan Nabi. Mereka melaksanakannya karena penelitian ilmuan yang menyebutkan tentang khasiat medis dari kebiasaan tersebut. Lantas kebiasaan apa yang dimaksud?

Ternyata sunnah yang sudah dijalankan oleh banyaknya perusahaan besar dunia adalah tidur siang (qailulah). Awalnya tidur siang di tempat kerja seolah menjadi dosa besar yang harus dihindari. Namun kini, justru malah diterapkan karena dianggap memberikan manfaat luar biasa bagi perusahaan.

Bahkan menurut penelitian NASA, tidur siang selama 26 menit mampu meningkatkan performa kerja sebanyak 34 persen. Hal ini berbanding terbalik dengan karyawan yang tetap bekerja siang hari padahal dalam kondisi mengantuk.

Perusahaan di Jepang pada umumnya memperbolehkan karyawannya tidur 30 menit pada siang hari. Kebiasaan ini di Jepang disebut dengan 'Inemuri'. Ini merupakan bentuk penghargaan kepada karyawan dan sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Selain Jepang, perusahaan di China rata-rata memberlakukan hal serupa. Manajemen perusahaan memastikan bahwa di kantor harus ada bantal dan kasur agar karyawannya bisa tidur siang. Kini semakin banyak perusahaan yang mulai menerapkan aturan tidur sejenak untuk memulihkan kondisi tubuh. Tren ini pula yang mulai menyambangi pabrik-pabrik di China.

Jika perusahaan-perusahaan dari berbagai negara tersebut baru mengungkapkan hasil peneliitan belum lama ini, maka Rasulullah SAW sudah menyampaikannya sejak 1400 tahun silam.

" Qailulah-lah (istirahat/tidur sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah tidur siang." (HR. Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani rahimahullahu dalam Ash-Shahihah : isnadnya shahih)

Selengkapnya baca di sini. 

2 dari 4 halaman

Alasan Rasul Anjurkan Tidur Siang

Dream - Tidur siang tentu banyak manfaatnya jika ditinjau dari segi kesehatan untuk tubuh. Mengistirahatkan tubuh sejenak dari aktivitas agar bugar kembali untuk menyambut aktivitas berikutnya menjadi salah satu manfaat dari tidur siang.

Terlepas dari manfaatnya secara kesehatan, tidur siang ternyata adalah sunnah yang diajarkan dan dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sebagaimana beliau memerintahkan kita untuk tidur siang dalam sabdanya:

" Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang." (HR. Abu Nu’aim)

Anjuran melakukan tidur siang ini Rasullulah SAW lakukan mengikuti firman Allah SWT di dalam Alquran tentang keberkahan melakukan tidur di tengah hari.

" Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan." (Ar-Ruum :23)

Begitu nikmat dan berkahnya melakukan tidur siang para sahabat Rasullulah SAW pun mengikuti dan mengamalkannya.

" Mereka (para sahabat) dulu biasa melaksanakan shalat Jum’at, kemudian istirahat siang." (HR. Al-Bukhari)

" Dahulunya ’Umar bila melewati kami pada tengah hari atau mendekati tengah hari mengatakan, Bangkitlah kalian! Istirahat sianglah! Yang tertinggal menjadi bagian untuk setan." (HR. Al-Bukhari)

Jika para sahabat saja bersemangat mengikuti perintah Rasulullah SAW serta mengajak yang lainnya melakukan kebaikan ini, tentu kita tak pantas meninggalkannya.

Selain mendapat manfaat tubuh yang segar, tidur siang bisa menjauhkan kita dari godaan setan karena ketaatan kita kepada Allah SWT dan membiasakan diri meneladani sunnah Rasullulah SAW.

3 dari 4 halaman

Sekolah `Matre`, Siswa Tidur Siang Ditarik Uang

Dream - Guru-guru di sebuah sekolah di Hunan menemukan cara jenius untuk menambah penghasilan mereka.

Bermodal bangku milik sekolah, mereka meminta siswa untuk menyerahkan satu yuan (Rp 2000) setiap hari jika ingin tidur di meja selama istirahat makan siang.

Dengan cara itu, pendapatan guru-guru di sana konon bertambah hingga 138 yuan dari setiap siswa sebelum praktik tak pantas itu terbongkar wartawan.

Menurut Xinhua News, 'fee' untuk tidur siang itu diduga sebagai biaya pengawasan siswa saat makan siang. Selain itu, untuk memastikan para siswa tidak meninggalkan sekolah dan pergi ke warung internet di sekitar sekolah.

Sekolah awalnya mengklaim bahwa otoritas pendidikan setempat telah diberitahu dan mereka setuju soal pungutan 'nyeleneh' tersebut.

Insiden ini tampaknya meniru cara-cara yang dilakukan sebuah sekolah di Henan pada 2012. Saat itu, guru memaksa siswa sekolah menengah untuk membayar 8 yuan setiap bulan untuk hak istimewa berupa tidur selama istirahat makan siang.

Baru-baru ini ada juga pungutan tak masuk akal yang dilakukan perusahaan pengelola rumah susun di Kunming. Mereka menarik 5 yuan kepada setiap siswa yang naik menggunakan lift yang menuju ke kantin sekolah mereka.

(Ism, Sumber: shanghaiist.com)

4 dari 4 halaman

Langka! Perusahaan Ini Wajibkan Pegawai Tidur di Jam Kerja

Dream - Ide jam tidur di waktu kerja tampaknya bukan wacana belaka. Semakin banyak perusahaan yang mulai menerapkan aturan tidur sejenak untuk memulihkan kondisi tubuh. Tren ini pula yang mulai menyambangi pabrik-pabrik di China.

Butuh waktu satu dekade bagi para bos-bos pabrik di Tiongkok untuk bisa menerima ide membiarkan para karyawan tidur setelah jam istirahat sangat baik bagi produktivitas. Sebuah pabrik di Guangdong belum lama ini diketahui mengizinkan pegawainya tidur selama setengah jam setiap hari. Tempatnya pun sambil duduk di atas bangku kerjanya.

Meskipun terlihat tidak nyaman, namun cara ini terbukti bisa meningkatkan produktivitas setelah tahun-tahun sebelumnya tidur di tempat kerja dianggap 'dosa besar'.

Pemberian izin resmi bagi para karyawan untuk menikmati tidur siang setelah makan di bangku mereka adalah bagian dari reformasi yang telah dilaksanakan dalam beberapa tahun terakhir. Dan pabrik menuai manfaat peningkatan produktivitas.

'Aturan' tidur di tempat kerja tak hanya menyenangkan perusahaan tapi juga pemerintah China. Mengutip laporan Dailymail, Minggu, 14 Desember 2014, telah terjadi 30 persen peningkatan alur kerja di China sejak aturan langka ini diluncurkan.

Pemerintah dan pengusaha China memang telah melakukan perbaikan bagi kesejahteraan dan kenyamanan karyawan saat bekerja.

Sejak 2005 telah terjadi peningkatan besar-besaran terkait kondisi kerja. Beberapa di antaranya kenaikan gaji, asrama bagi para pekerja, renovasi ruang makan dan area rekreasi di mana para pekerja dapat bermain tenis meja atau hanya bersantai.

Beberapa pabrik bahkan menyediakan anak-anak pekerja mereka dengan pendidikan dan membuat air minum bersih yang tersedia bagi mereka.

4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian
Join Dream.co.id