Tata Cara Sholat Tarawih 8 Rakaat Beserta Bacaan Niat, Doa dan Artinya

Your Story | Kamis, 31 Maret 2022 09:40

Reporter : Arini Saadah

Bagaimana tata cara sholat tarawih 8 rakaat?

Dream – Mengerjakan amalan sunah di bulan Ramadan akan dilipatkgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Maka tak heran umat muslim berlomba-lomba memperbanyak amalan sunah di bulan puasa.

Salah satu ibadah sunah di bulan puasa yang sangat dianjurkan adalah sholat tarawih. Tata cara sholat tarawih dilaksanakan pada malam hari selama bulan Ramadan.

Terdapat dua pendapat tentang jumlah rakaat sholat tarawih yaitu sebanyak 20 rakaat, dilanjutkan 3 rakaat sholat witir dan ada pula yang melaksan sebanyak 8 rakaat ditambah 3 rakaat sholat witir.

Masing-masing dari kedua pendapat tersebut memiliki dalil yang shahih sehingga boleh dikerjakan sesuai pendapat yang diyakininya.

Lantas bagaimana tata cara sholat tarawih 8 rakaat? Kali ini Dream telah berhasil merangkum dari berbagai sumber tentang tata cara sholat tarawih 8 rakaat.

Tata Cara Sholat Tarawih 8 Rakaat Beserta Bacaan Niat, Doa dan Artinya
Ilustrasi Sholat Tarawih 8 Rakaat. (Foto: Pixabay.com)
2 dari 6 halaman

Bacaan Niat Sholat Tarawih

Hukum sholat tarawih adalah sunah muakkadah artinya sunah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Maka dari itu cara sholat tarawih berjamaah sangat dianjurkan meskipun dikerjakan di rumah dengan keluarga. Biasanya tata cara sholat tarawih di rumah dikerjakan sebanyak 8 rakaat. Tetapi, banyak orang pula yang menjalankan sholat tarawih 8 rakaat secara berjamaah di masjid maupun mushola.

Maka dari itu kamu perlu mengetahui tata cara sholat tarawih 8 rakaat yang benar sesuai syariat. Serangkaian tata cara sholat tarawih 8 rakaat ini dimulai dengan niat, sama seperti sholat pada umumnya. Berikut bacaan niat dalam tata cara sholat tarawih 8 rakaat:

1. Lafal Niat Sholat Tarawih Sebagai Imam

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّرَاوِيْحَ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarawihi rak'ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillahi ta’ala.

Artinya:

" Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT.”

2. Lafal Niat Sholat Tarawih Sebagai Makmum

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarawihi rak'ataini mustaqbilal qiblati mamuman lillahi ta’ala.

Artinya:

“ Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.”

3. Lafal Niat Sholat Tarawih Sendirian

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarawihi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.

Artinya:

“ Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah SWT.”

3 dari 6 halaman

Tata Cara Sholat Tarawih 8 Rakaat

Tata cara sholat tarawih 8 rakaat hampir sama dengan sholat sunah pada umumnya. Namun meskipun bisa dikerjakan sendiri, sholat tarawih disunnahkan untuk dilakukan secara berjamaah di masjid.

Jumlah rakaat dalam serangkaian cara sholat tarawih ada perbedaan pendapat. Namun kali ini kita akan fokus membahas tata cara sholat tarawih 8 rakaat saja.

Secara garis besar, berikut tata cara sholat tarawih 8 rakaat yang dikerjakan dengan cara 4 rakaat dan 1 salam:

  1. Membaca niat.
  2. Takbiratul ihram.
  3. Membaca doa iftitah.
  4. Membaca surat Al-Fatihah.
  5. Membaca surat pendek.
  6. Ruku'
  7. I'tidal
  8. Sujud
  9. Duduk di antara dua sujud.
  10. Sujud kedua.
  11. Berdiri untuk mengerjakan rakaat kedua dan ulangi semua gerakan sampai rakaat keempat.
  12. Pada rakaat keempat lakukan duduk tasyahud akhir.
  13. Membaca tasyahud akhir dan diakhiri dengan salam.

Setelah selesai 4 rakaat pertama, maka silahkan dilanjutkan dengan gerakan dan tata cara sholat tarawih yang sama seperti sebelumnya hingga selesai 8 rakaat.

4 dari 6 halaman

Doa Setelah Sholat Tarawih

Berikut doa setelah sholat tarawih yang bisa kamu panjatkan:

Allahummaj‘alna bil imani kamilin. Wa lil faraidli muaddin. Wa lish-sholati hafidhin. Wa liz-zakati fa‘ilin. Wa lima ‘indaka thalibin. Wa li ‘afwika rajin. Wa bil-huda mutamassikin. Wa ‘anil laghwi mu‘ridlin. Wa fid-dunya zahdin. Wa fil ‘akhirati raghibin. Wa bil-qadla’I radlin. Wa lin na‘ma’I syakirin. Wa ‘alal bala’i shabirin. Wa tahta lawa’i muhammadin shallallahu ‘alaihi wasallam yaumal qiyamati sa’irina wa ilal haudli waridin. Wa ilal jannati dakhilin. Wa min sundusin wa istabraqin wadibajin mutalabbisin. Wa min tha‘amil jannati akilin. Wa min labanin wa ‘asalin mushaffan syaribin. Bi akwabin wa abaraqa wa ka‘sin min ma‘in. Ma‘al ladzina an‘amta ‘alaihim minan nabiyyina wash shiddiqina wasy syuhada’i wash shalihina wa hasuna ula’ika rafaqan. Dzalikal fadl-lu minallahi wa kafa billahi ‘aliman. Allahummaj‘alna fi hadzihil lailati syahri syarifail mubarakah minas su‘ada’il maqbulin. Wa la taj‘alna minal asyqiya’il mardudin. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shahbihi ajma‘in. Birahmatika ya arhamar rahimin wal hamdulillahi rabbil ‘alamin.

Artinya:

“ Yaa Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara salat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan shahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

5 dari 6 halaman

Keutamaan Sholat Tarawih 8 Rakaat

Setelah mengetahui tata cara sholat tarawih 8 rakaat di atas, kamu juga perlu mengetahui berbagai keutamaannya agar semakin rajin menjalankannya.

  1. Sholat tarawih bisa menggugurkan dosa dan mendapat pahala dari Allah SWT. Rasulullah SAW., bersabda yang artinya: “ Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (sholat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).
  2. Sholat tarawih berjamaah pahalanya setara dengan sholat semalam penuh. Rasulullah SAW., bersabda: “ Siapa yang sholat bersama imam sampai selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.”
  3. Orang yang mengerjakan sholat tarawih berjamaah akan mendapat pahala 27 derajat. Nabi SAW., bersabda: “ Sholat berjamaah lebih utama dibandingkan sholat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Bukhari)
  4. Sholat tarawih yang dilaksanakan di masjid secara berjamaah bisa memperkuat tali silaturahmi dengan orang-orang yang hadir.
  5. Sholat tarawih yang dikerjakan secara berjamaah bisa menjadi pembelajaran kepada masyarakat. Karena biasanya usai sholat tarawih akan ada khutbah atau ceramah yang berisikan siraman rohani yang bermanfaat untuk mempertebal iman.
  6. Memeriahkan bulan ramadhan.
  7. Sholat tarawih bisa menyehatkan jasmani dan rohani manusia.
  8. Sholat tarawih seutama-utamanya sholat sunah yang dikerjakan berjamaah.
  9. Orang yang punya kebiasaan sholat malam, termasuk sholat tarawih, akan dianugerahi Allah kemuliaan dan kewibawaan. “ Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya.” (HR. Hakim; hasan)
6 dari 6 halaman

Urutan Bacaan Surat Pendek

Tata cara sholat tarawih bisa dikerjaan dengan formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-3. Seperti sholat sunnah pada umumnya, sholat tarawih di setiap rakaat juga disunahkan membaca surat pendek.

Sebenarnya Sahabat Dream bisa membaca surat pendek apa saja yang dihafal. Tetapi terdapat beberapa surat yang lebih utama dibaca pada tata cara shalat tarawih 8 rakaat ini. Ini dia urutan bacaan surat pendek dalam tata cara shalat tarawih 8 rakaat:

Sholat Pertama

Rakaat pertama membaca surat al Takatsur

Rakaat kedua membaca surat al Ashr

Rakaat ketiga membaca surat al Humazah

Rakaat keempat membaca surat al Fill

 

Sholat Kedua

Rakaat pertama membaca surat al Quraisy

Rakaat kedua membaca surat al Ma'un

Rakaat ketiga membaca surat al Kautsar

Rakaat keempat membaca surat al Kafirun

 

Demikian itulah tata cara sholat tarawih 8 rakaat beserta bacaan niat dan doanya serta keutamaannya. Semoga bisa dipahami dan boleh dipraktikkan di bulan ramadhan bagi para pengikut pendapat sholat tarawih 8 rakaat. 

Join Dream.co.id