Tata Cara Sholat Tarawih 11 Rakaat dan Witir 3 Rakaat, Lengkap dengan Bacaan Niatnya

Your Story | Rabu, 23 Maret 2022 18:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Sholat tarawih ada yang dikerjakan sebanyak 11 rakaat dan 23 rakaat, namun keduanya sama-sama mendatangkan pahala jika dikerjakan.

Dream – Sholat tarawih adalah sholat sunah yang dikerjakan pada bulan Ramadan dan dilakukan setelah sholat Isya. Biasanya sholat tarawih dilakukan secara berjamaah di masjid, tetapi bisa juga dilakukan di rumah dengan alasan-alasan tertentu. Meski begitu, sahabat Dream tentunya mengetahui bahwa di setiap masjid mengerjakan sholat tarawih dengan jumlah rakaat yang berbeda-beda. Di mana ada yang mengerjakan 11 rakaat sholat tarawih dan ada juga yang mengerjakan 23 rakaat

Namun, perbedaan tersebut bukanlah suatu hal yang harus diperdebatkan dan bahkan sudah wajar di tengah masyarakat Muslim. Meski begitu, tata cara sholat tarawih 11 rakaat dengan 23 rakaat sebenarnya tidak banyak terjadi perbedaan. Perbedaan itu hanyalah pada jumlah rakaatnya saja.

Seperti dikutip dari islampos.com, sholat tarawih untuk pertama kali dikerjakan oleh Nabi Muhammad saw pada 23 Ramadan tahun kedua Hijriah. Nabi Muhammad saw mengerjakan sholat tarawih sebanyak 11 rakaat, yakni 8 rakaat sholat tarawih dan 3 rakaat adalah sholat witir. Saat itu Nabi saw membaca surat dalam sholat tarawih dengan bacaan yang panjang dan penuh dengan kekhusyukan.

Nah, berikut adalah penjelasan lebih lengkap tentang perbedaan rakaat sholat tarawih dan tata cara sholat tarawih 11 rakaat sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

Tata Cara Sholat Tarawih 11 Rakaat dan Witir 3 Rakaat, Lengkap dengan Bacaan Niatnya
Tata Cara Sholat Tarawih 11 Rakaat (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Perbedaan Rakaat Sholat Tarawih

 Perbedaan Rakaat Sholat Tarawih© Shutterstock.com

Pelaksanaan sholat tarawih telah dilakukan sejak zaman Nabi Muhammad saw. Seperti dikutip dari islampos.com, ketika itu Nabi saw mengerjakan sholat tarawih sebanyak 11 rakaat, di mana 8 rakaat adalah sholat tarawih dan 3 rakaat adalah sholat witir.

Kemudian sholat tarawih pun dihidupkan kembali pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab. Di mana saat khalifah Umar bin Khattab, sholat tarawih dikerjakan sebanyak 23 rakaat, yakni 20 rakaat adalah sholat tarawih dan 3 rakaat adalah sholat witir. Saat itu, surat-surat yang dibaca oleh Ubay bin Ka’ab sebagai imamnya adalah berupa surat-surat pendek. Sedangkan sholat tarawih yang dikerjakan oleh Nabi Muhammad saw adalah dengan membaca surat panjang yang dibaca dengan sangat khusyuk.

Menurut Al-Hafiz Ibnu Hajar al Asqalani setelah melakukan Analisa dari beberapa riwayat, perbedaan tentang sholat tarawih ini hanyalah terletak pada panjang dan pendeknya bacaan, bukan dari jumlah rakaatnya. Sholat tarawih yang dikerjakan sebanyak 11 atau pun 23 rakaat tetaplah dianggap sah.

Dengan mengerjakan sholat tarawih seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw, yakni dengan 11 rakaat dan surat yang panjang, insya Allah orang yang mengerjakannya akan mendapatkan pahala dari bacaan suratnya dan tumaninah sholat.

Sedangkan, jika mengikuti sholat tarawih yang dilakukan oleh sahabat, maka insya Allah orang yang mengerjakan akan mendapatkan pahala dari jumlah rakaat yang banyak tersebut.

Dengan begitu, ketika sahabat Dream mengerjakan sholat tarawih yang 11 rakaat atau yang 23 rakaat, keduanya tetaplah sama yang bisa mendatangkan pahala.

3 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Tarawih 11 Rakaat

Bagi sahabat Dream yang mengerjakan sholat tarawih sebanyak 11 rakaat, maka penting sekali untuk mengetahui tata cara sholat tarawih 11 rakaat. Di mana sholat tersebut diawali dengan niat dan dilanjutkan dengan gerakan sholat dan setelah selesai dilanjutkan dengan menjalankan sholat witir sebanyak 3 rakaat. Berikut adalah tata cara sholat tarawih 11 rakaat yang bisa sahabat Dream praktikkan:

1. Membaca niat

Berikut adalah bacaan niat sholat tarawih yang bisa sahabat Dream hafalkan:

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلّهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarawihi rak‘ataini mustaqbilal qiblati ada’an lillahi ta‘ala.

Artinya: “ Aku niat sholat sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, saat ini, karena Allah SWT.”

2. Takbiratul ihram.

3. Membaca doa iftitah.

4. Membaca surat Al-Fatihah.

5. Membaca surat-surat di dalam Al-Quran.

6. I’tidal.

7. Sujud yang pertama.

8. Duduk di antara dua sujud.

9. Sujud yang kedua.

10. Berdiri untuk mengerjakan rakaat sholat yang kedua dengan melakukan langkah-langkah yang sama. Kemudian diakhiri dengan tasyahud akhir dan salam. Lakukan hal tersebut sebanyak 8 rakaat dengan 2 rakkaat di masing-masingnya yang diakhiri dengan salam.

11. Dilanjutkan dengan menjalankan sholat witir sebanyak 3 rakaat dengan 1 salam.

4 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Witir 3 Rakaat

 Tata Cara Sholat Witir 3 Rakaat© Shutterstock.com

Setelah mengetahui tata cara sholat tarawih 11 rakaat, berikutnya sahabat Dream akan melanjutkan untuk mengerjakan sholat witir sebanyak 3 rakaat. Berikut adalah tata caranya:

1. Membaca niat witir 3 rakaat

اُصَلِّىسُنَّةَالْوِتْرِثَلَاثَرَكْعَاتٍمُسْتَقْبِلَالْقِبْلَةِأَدَاءًلِلهِتَعَالَى

Ushalli sunnatal witri tsalâtsa raka‘âtin mustaqbilal qiblati adâ’an lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: “ Aku menyengaja sembahyang sunnah shalat witir tiga rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala."

2. Takbiratul ihram.

3. Membaca surat Al-Fatihah.

4. Membaca surat pendek di dalam Al-Quran.

5. I’tidal.

6. Tahiyatul akhir.

Itulah penjelasan tentang perbedaan rakaat sholat tarawih dan tata cara sholat tarawih 11 rakaat beserta sholat witirnya sebanyak 3 rakaat. Semoga kita semua diberikan kelancaran dan keistiqomahan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan.

Join Dream.co.id