Tata Cara Sholat Idul Fitri di Rumah dan Hukum Menjalankannya

Your Story | Jumat, 28 Januari 2022 15:45

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Pelaksanaan sholat Idul Fitri dianjurkan untuk dilakukan di tanah lapang, namun dalam kondisi tertentu boleh dilakukan di rumah.

Dream – Sholat Idul Fitri merupakan sholat yang dijalankan oleh umat Islam di saat hari raya Idul Fitri. Setiap umat Islam biasanya bersama-sama menuju masjid ataupun tanah lapang untuk menjalankan sholat Ied secara berjamaah. Karena sholat ini dilaksanakan hanya setiap satu tahun sekali, sehingga setiap umat Islam pun tidak ingin melewatkan ibadah sunah tersebut.

Namun dalam beberapa tahun ini, pandemi Covid-19 telah menjadi bencana di dunia. Hal ini pun turut berdampak pada urusan ibadah, di mana umat Islam dilarang untuk menjalankan ibadah di masjid, termasuk sholat Idul Fitri. Sehingga setiap orang harus menjalankan sholat tersebut di rumah masing-masing bersama keluarganya.

Tata cara sholat Idul Fitri di rumah dengan di masjid maupun tanah lapang sebenarnya tidak banyak berbeda. Perbedaannya terletak pada jamaah yang mengikuti sholat Idul Fitri. Di mana saat sholat di tanah lapang jamaahnya lebih banyak, sedangkan saat di rumah jamaahnya terbatas.

Untuk mengetahui secara lebih jelas tentang bagaimana tata cara sholat Idul Fitri di rumah dan bagaimana hukumnya, berikut telah dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

Tata Cara Sholat Idul Fitri di Rumah dan Hukum Menjalankannya
Tata Cara Sholat Idul Fitri Di Rumah (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 3 halaman

Hukum Sholat Idul Fitri di Rumah

 Hukum Sholat Idul Fitri di Rumah© Shutterstock.com

Selama ini setiap menjalankan sholat Idul Fitri, umat Islam biasanya akan berbondong-bondong menuju masjid maupun tanah lapang. Hal ini karena sholat Idul Fitri di tanah lapang lebih dianjurkan. Seperti telah dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim berikut ini:

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَالْأَضْحَى إِلَى الْمُصَلَّى فَأَوَّلُ شَيْءٍ يَبْدَأُ بِهِ الصَّلَاةُ ثُمَّ يَنْصَرِفُ فَيَقُومُ مُقَابِلَ النَّاسِ وَالنَّاسُ جُلُوسٌ عَلَى صُفُوفِهِمْ فَيَعِظُهُمْ وَيُوصِيهِمْ وَيَأْمُرُهُمْ فَإِنْ كَانَ يُرِيدُ أَنْ يَقْطَعَ بَعْثًا قَطَعَهُ أَوْ يَأْمُرَ بِشَيْءٍ أَمَرَ بِهِ ثُمَّ يَنْصَرِفُ. رواه البخاري

Artinya: Dari Abu Sa’id Al Khudri berkata, “ Pada hari raya Idul Firi dan Adlha Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam keluar menuju tempat shalat (lapangan), dan pertama kali yang beliau kerjakan adalah shalat hingga selesai.Kemudian beliau berdiri menghadap orang banyak sedangkan mereka dalam keadaan duduk di barisan mereka. Beliau memberi pengajaran, wasiat, dan memerintahkan mereka. Dan apabila beliau ingin mengutus pasukan, maka beliau sampaikan atau beliau perintahkan (untuk mempersiapkannya), setelah itu beliau berlalu pergi.” (HR Bukhari)"

Namun semenjak pandemi hadir, setiap umat Islam pun dianjurkan untuk menjalankan sholat Idul Fitri di rumah demi menghindari kerumunan yang berisiko besar akan pemaparan virus berbahaya tersebut.

Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, di dalam kondisi yang kritis dan mendapati uzur, maka ada keringanan di dalamnya. Hal ini dijelaskan sebagai berikut:

ومنالاعذارالمطروالوحلوالخوفوالبردونحوها

Artinya: Uzur-uzur itu adalah hujan, tanah belok/berlumpur, situasi mencekam (khauf), cuaca dingin, dan uzur lainnya,” (Lihat Imam An-Nawawi, 2010 M: V/8).

Uzur yang dalam hal ini adalah untuk mencegah pemaparan Covid-19, maka hal tersebut masuk ke dalam golongan “ uzur lainnya” berdasarkan keterangan dari Imam An-Nawawi.

Dengan begitu, selama pandemi ini umat Islam pun menjalankan sholat Idul Fitri di rumah bersama keluarganya dan tentu saja dengan jumlah jamaah yang terbatas.

3 dari 3 halaman

Tata Cara Sholat Idul Fitri di Rumah

 Tata Cara Sholat Idul Fitri di Rumah© Shutterstock.com

Setelah mengetahui bahwa sholat Idul Fitri di rumah diperbolehkan dengan kondisi tertentu, selanjutnya sahabat Dream juga perlu untuk mengetahui bagaimana tata cara sholat Idul Fitri di rumah.

Seperti dikutip dari Merdeka.com, jika sahabat Dream menjalankan sholat Idul Fitri di rumah, maka minimal jamaahnya adalah berjumlah empat orang. Di mana satu orangnya adalah imam dan tiga orangnya adalah makmum. Berikut adalah tata cara sholat Idul Fitri di rumah yang perlu sahabat Dream ketahui:

1. Sebelum mengerjakan sholat Idul Fitri, umat Islam dianjurkan untuk banyak membaca takbir, tahmid, dan tasbih.

2. Dalam sholat Idul Fitri sendiri tidak ada azan serta iqamah seperti sholat fardhu. Namun dalam sholat Idul Fitri diganti dengan menyerukan kalimat “ ash-shalata jami’ah”.

3. Lalu dilanjutkan dengan membaca niat sholat Idul Fitri untuk imam dan juga makmum. Berikut adalah bacaan niat sholat Idul Fitri untuk imam dan makmum:

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا/مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatan li Idil Fitri rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman/ma’mūman lillāhi ta‘ālā.

Artinya: “ Aku menyengaja sembahyang sunnah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam/makmum karena Allah SWT.”

4. Membaca takbiratul ihram (Allahuakbar) sembari mengangkat kedua tangan

5. Membaca takbir sebanyak tujuh kali (di luar takbiratul ihram) dan di antara takbir sahabat Dream dianjurkan untuk membaca bacaan berikut:

سُبْحَانَاللهِوَالحَمْدُلِلهِوَلَاإِلَهَإِلَّااللهُوَاللهُأَكْبَرُوَلَاحَوْلَوَلَاقُوَّةَإلَّابِاَللَّهِالْعَلِيِّالْعَظِيمِ

Subhanallah wal hamdulillah wa laailaahaillallah wa Allahu Akbar.

6. Membaca surat Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan membaca surat pendek yang ada dalam Al-Quran

7. Kemudian ruku, sujud, dan duduk di antara dua sujud sampai berdiri kembali seperti halnya saat sahabat Dream sholat biasa

8. Di rakaat kedua sebelum membaca surat Al-Fatihah, sahabat Dream disunahkan untuk membaca takbir sebanyak lima kali sembari mengangkat tangan dan di antara setiap takbir disunahkan untuk membaca bacaan berikut ini:

سُبْحَانَاللهِوَالحَمْدُلِلهِوَلَاإِلَهَإِلَّااللهُوَاللهُأَكْبَرُوَلَاحَوْلَوَلَاقُوَّةَإلَّابِاَللَّهِالْعَلِيِّالْعَظِيمِ

Subhanallah wal hamdulilah wa laailaahaillallah wa Allahu Akbar.

9. Membaca surat Al-Fatihah kemudian membaca surat pendek yang ada dalam Al-Quran

10. Lalu dilanjutkan dengan ruku, sujud, dan seterusnya hingga akhirnya salam

11. Setelah salam, sahabat Dream disunahkan untuk mendengarkan khutbah Idul Fitri. Orang yang bertugas untuk memberikan khutbah ini sebelumnya sudah ditunjuk atau ditetapkan oleh keluarga.

Itulah penjelasan tentang hukum menjalankan sholat Idul Fitri di rumah dan tata cara sholat Idul Fitri di rumah yang bisa sahabat Dream lakukan bersama anggota keluarga.

Join Dream.co.id