Tasamuh Adalah Toleransi dalam Ajaran Islam: Pengertian, Manfaat, dan Dalil

Your Story | Senin, 3 Agustus 2020 19:01
Tasamuh Adalah Toleransi dalam Ajaran Islam: Pengertian, Manfaat, dan Dalil

Reporter : Arini Saadah

Sebagai mahluk sosial, tentu manusia harus saling membantu antar umat beragama tanpa memandang latar belakang.

Dream – Banyak ditemukan nilai-nilai moral yang diterapkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Dari sekian banyaknya nilai moral dalam masyarakat, sikap toleransi atau tasamuh sangat diperlukan untuk menghadapi berbagai konflik masyarakat seakrang ini.

Tasamuh adalah sikap toleransi dalam agama islam yang telah diajarkan kepada umat manusia sejak zaman nenek moyang. Nilai moral dari tasamuh sangat dijunjung tinggi demi keberlangsungan proses kehidupan bermasyarakat.

Tasamuh adalah sikap yang juga berarti tenggang rasa, lapang dada, dan murah hati. Inti tasamuh adalah mempertahankan pendirian pribadi namun tetap bersedia menerima pendapat dan perbedaan orang lain.

Mengingat betapa pentingnya sikap tasamuh dalam kehidupan berbangsa, kali ini Dream akan membahas tentang tasamuh atau toleransi dalam agama Islam yang dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 8 halaman

Pengertian Tasamuh

Ilustrasi© freepik.com

Tasamuh adalah sebuah kata yang berasal dari Bahasa Arab yang artinya toleransi. Makna kata toleransi juga memiliki banyak penafsiran, bisa berarti tenggang rasa, lapang dada, dan bermurah hati.

Secara etimologi, tasamuh adalah toleransi dan bermurah hati. Sedangkan menurut istilah, tasamuh adalah saling menghormati dan menghargai antara manusia dengan manusia lain.  

Sehingga, pengertian tasamuh adalah akhlak terpuji dalam pergaulan, di mana terdapat rasa saling menghargai dan menghormati antara satu dengan yang lainnya, namun masih dalam batas-batas yang digariskan oleh ajaran agama Islam.

Pengertian lain menyebutkan tasamuh adalah suatu sikap menghargai pendirian seseorang (bisa pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, dan kelakuan) yang berbeda dan bertentangan dengan pendirian kita sendiri.

Jadi, di dalam sikap tasamuh juga mengandung sikap lainnya seperti lapang dada, menahan diri, tenggang rasa, dan tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.

3 dari 8 halaman

Sikap Tasamuh

Sebagai mahluk sosial, manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Di sinilah pentingnya sikap tasamuh supaya tercipta rasa saling menghargai dan menghormati sesama.

Ketika bersosialisasi di masyarakat, timbul berbagai pertentangan adalah suatu kewajaran, mengingat setiap orang memiliki sifat dan pandangan yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut apabila tidak ditanggulangi dengan sikap tasamuh, maka akan menjadi berbahaya.

Maka dari itu, sikap tasamuh adalah solusi untuk menghindari pertentangan yang lebih besar di kemudian hari. Sikap tasamuh adalah cara untuk menyelesaikan persoalan dengan kepala dingin dan saling memahami sehingga menghasilkan solusi terbaik.

4 dari 8 halaman

Tasamuh Antar Umat Beragama

Ilustrasi© freepik.com

Negara Indonesia memiliki beragam suku, agama, ras, kebudayaan, dan Bahasa. Kondisi masyarakat Indonesia yang beragam itu tentu saja membutuhkan sikap tasamuh atau toleransi.

Sebab sikap tasamuh juga mengajarkan kepada manusia tentang toleransi antar umat beragama. Sebagai mahluk sosial, tentu manusia harus saling menghargai dan saling membantu antara umat beragama tanpa memandang latar belakang.

Segala perbedaan harus disikapi dengan kepala dingin alias tidak mudah marah. Dengan sikap tasamuh maka pertengkaran dan permusuhan antar manusia bisa dikendalikan.

5 dari 8 halaman

Fungsi Tasamuh

Tasamuh adalah ajaran dalam agama Islam yang memiliki hikmah dan fungsi. Sebuah hadis Nabi Saw menjelaskan fungsi tasamuh sebagai berikut.

Rasulullah Saw. bersabda: “ Siapa yang membantu menghilangkan kesulitan orang mukmin satu kesulitan di dunia, niscaya Allah akan menghilangkan kesulitan dia dari kesulitan pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang memberikan kemudahan kepada orang yang menghadapi kesulitan, Allah akan memberikan kemudahan kepadanya di dunia dan di akhirat.” (HR Muslim).

Hadi tentang di atas menerangkan bahwa tasamuh adalah pada dasarnya hikmahnya akan kembali kepada diri kita sendiri. Sebab jika ingin menghilangkan kesulitan kita, maka bantulah orang lain menghilangkan kesulitannya. Dengan memudahkan urusan orang lain, maka Allah juga akan memudahkan urusan kita di dunia dan di akhirat. Wallohu A’lam!

Selain itu fungsi tasamuh adalah pertama, membuat para pelakunya semakin memiliki banyak saudara karena sikap rendah hati dan mudah menghargai pendapat orang lain.

Kedua, urusan yang dilakukan pun menjadi lebih mudah. Ketiga, kesulitan yang dihadapi mudah untuk diselesaikan. Keempat, fungsi tasamuh adalah membuat suasana lebih akrab antara satu orang dengan orang yang lain. Kelima, akan muncul sikap kebiasaan saling menghormati perbedaan pendapat.

6 dari 8 halaman

Manfaat Tasamuh

Ilustrasi© freepik.com

Manfaat tasamuh adalah sebagai berikut:

Mempererat persatuan dan kesatuan antar saudara sesama manusia.

Mengembangkan sikap menghargai dan menghormati serta tenggang rasa terhadap sesama manusia.

menghindarkan diri dari perilaku kekerasan dan kekacauan.

Mempermudah urusan dalam bermasyarakat.

Meningkatkan derajat manusia di depan orang lain maupun di hadapan sang Pencipta.

Menjaga norma-norma agama, sosial, dan adat istiadat setempat.

Menjaga dan menghormati hak serta kewajiban orang lain.

Menghadirkan kasih sayang sesama manusia.

Menumbuhkann sikap bertanggungjawab terhadap lingkungan masyarakat.

7 dari 8 halaman

Dalil-Dalil Tasamuh

Anjuran bersikap tasamuh di dalam agama Islam bukan omong kosong belaka, akan tetapi berdasar pada dalil-dalil Al-uran dan Al-Hadis. Dalil-dalil tasamuh adalah sebagi berikut:

Al-Quran Surat Al-Maidah ayat 8:

“ Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan kebenaran karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Al-Quran Surat Al-Hujurat ayat 10:

“ Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah antara kedua sadaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.”

Hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw pernah bersabda:

“ Jauhilah prasangka buruk, karena prasangka buruk adalah ucapan yang paling dusta. Dan janganlah kalian saling mendiamkan, janganlah suka mencari-cari kesalahan, saling mendengki, saling membelakangi, serta saling membenci. Dan jadilah kalian hamba-hamba Allah yang saling bersaudara.” (HR Bukhari).

Dari beberapa dalil tersebut, dapat kita ambil hikmah tasamuh adalah bahwa sesama muslim itu bersaudara sudah sepatutnya saling menjada martabat sesama saudara sendiri.

Kemudian agar hubungan persaudaraan tetap terjaga dengan baik, maka Rasulullah Saw melarang umatnya untuk saling membenci, mendengki, memusuhi, mencela, dan mencaci kesalahan.

8 dari 8 halaman

Contoh Tasamuh dalam Kehidupan

Ilustrasi© Pixabay

Menerima semua perbedaan pendapat dalam musyawarah.

Memberikan kebebasan kepada orang lain untuk memeluk keyakinannya sendiri.

Menghormati ibadah pemeluk agama lain.

Tetap bergaul dan bersikap baik kepada orang lain yang berbeda keyakinan.

Tidak membenci dan menyakiti orang lain yang berbeda keyakinan dengan kita.

Tidak melakukan diskriminasi terhadap orang lain.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Join Dream.co.id