Tak Sholat 26 Tahun, Gadis Ini Belajar Pakai Catatan Saat Karantina Corona

Your Story | Selasa, 7 April 2020 17:33
Tak Sholat 26 Tahun, Gadis Ini Belajar Pakai Catatan Saat Karantina Corona

Reporter : Sugiono

"Jika bukan karena wabah Covid-19 dan karantina ini, saya akan malas dan tidak akan pernah belajar sholat dengan benar."

Dream - Datangnya wabah virus corona baru yang menyebabkan penyakit Covid-19 ternyata menyimpan banyak hikmah yang mengejutkan di baliknya.

Seperti kisah seorang gadis yang baru kembali dari Eropa setelah Benua Biru itu menjadi pusat penyebaran baru virus corona dan dinyatakan sebagai zona merah.

Foto-fotonya di Instagram yang menampilkan catatan niat dan bacaan doa sholat yang tersusun rapi di atas sajadahnya, mengundang rasa haru dari para netizen.

Berbicara kepada mStar, Nur'Rashima Murat, mengatakan hatinya mulai tersentuh untuk kembali menunaikan sholat ketika hubungannya dengan sang tunangan mengalami masalah.

Gadis 26 tahun yang akrab dipanggil Shima itu akhirnya putus dari tunangannya pada bulan Maret tahun lalu.

2 dari 6 halaman

26 Tahun Tak Pernah Sholat atau Mengaji

Rashima mengatakan sepanjang hidupnya selama 26 tahun ini dia tidak pernah sekali pun sholat atau mengaji Alquran.

" Bukan karena orangtua tidak mengajari. Tapi hati saya sendiri memang belum tergerak untuk belajar sholat," katanya.

Katanya, foto catatan-catatan di atas sajadah itu diambil pada bulan April 2019.

" Tetap baru sekarang saya punya keberanian untuk berbagi kepada semua orang," kata warga Singapura itu.

3 dari 6 halaman

Sholat Diam-diam Sambil Baca Catatan

Shima kemudian menceritakan bagaimana dia menghapal niat dan doa saat sholat secara diam-diam. Dia malu sholat tapi sambil membaca catatan.

 Belajar sambil baca catatan berisi doa dan bacaan sholat.© MStar.com.my

Dia bahkan mengalami kesulitan untuk sholat lima waktu. Shima mengaku hanya bisa belajar sholat Isya' dan Subuh karena menunggu semua orang sudah tidur.

" Awalnya susah juga. Saya cuma bisa sholat Isya' dan Subuh. Saya belajar sholat saat malam menunggu semua orang tidur.

" Saya merasa malu karena sholat sambil membaca catatan, tak yakin saja. Saya masih sholat tapi tak ambil inisiatif untuk menghapal setiap bacaannya," kata warga Choa Chu Kang itu.

4 dari 6 halaman

Belajar Sholat Selama Karantina

Kepulangannya ke Singapura awal bulan lalu mengharuskannya menjalani karantina di rumah sebagai tindakan pencegahan penyebaran Covid-19.

Selama dua minggu menjalani karantina itu dimanfaatkan Shima untuk belajar sholat secara serius.

" Saya sudah lama meninggalkan sholat dan sekarang saatnya untuk memperbaikinya. Saya hanya duduk di rumah selama karantina dan bertekad untuk mempelajari sholat dengan benar," katanya.

5 dari 6 halaman

Terkejut Hapal Bacaan Sholat Dalam Sehari

Alhamdulillah, sekarang Shima sudah bisa sholat tanpa perlu membaca catatan-catatan berisi niat dan bacaan lagi.

Dia juga terkejut sendiri karena mampu menghapal niat dan bacaan sholat tersebut hanya dalam sehari.

" Alhamdulillah, sekarang saya bisa sholat dengan tenang. Saya tak memakai catatan-catatan itu lagi sebab sudah hapal. Yang mengejutkan, saya hanya butuh waktu sehari untuk menghapal semua (niat dan bacaan)," katanya.

Shima, yang merupakan anak ketiga dari lima bersaudara, bersyukur telah selesai menjalani karantina di rumah selama dua minggu tanpa mengalami gejala apa pun. Dia dinyatakan benar-benar sehat.

6 dari 6 halaman

Wabah Covid-19 Membuka Mata Hatinya

Bagi gadis yang bekerja sebagai asisten pribadi di sebuah perusahaan di Batam, Indonesia, wabah Covid-19 membawa hikmah tersendiri di baliknya.

" Jika bukan karena wabah Covid-19 dan karantina ini, saya akan malas dan tidak akan pernah belajar sholat dengan benar. Covid-19 telah membuka mata saya," katanya.

Menurut Shima, apa yang dia bagikan di Instagram ini adalah pelajaran untuk menyadari bahwa setiap manusia tidak bisa lepas dari melakukan kesalahan dan tidak malu untuk memperbaikinya.

" Saya tidak ingin mereka malu belajar sholat bahkan ketika sudah tua. Belajarlah untuk sholat meski dengan cara yang sulit sekali pun karena saya percaya bahwa suatu hari semua upaya ini akan sepadan ... InsyaAllah dosa-dosa kita diampuni oleh-Nya," pungkasnya.

Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting
Join Dream.co.id