Perbanyak Shalawat di Bulan Syaban, Ini Hikmahnya

Your Story | Rabu, 17 April 2019 18:01
Perbanyak Shalawat di Bulan Syaban, Ini Hikmahnya

Reporter : Ahmad Baiquni

Syaban mendapat julukan sebagai Bulannya Shalawat.

Dream - Tanpa kita sadari, Syaban telah berjalan 10 hari. Sebentar lagi, kita menjalani 10 hari ke dua Syaban.

Bulan ini memiliki banyak keutamaan. Sayangnya, kehadiran Syaban kerap diabaikan oleh umat Islam karena sudah sibuk dengan Rajab dan persiapan Ramadan.

Salah satu keutamaan Syaban adalah bulan ini merupakan saat yang tepat untuk memperbanyak shalawat. Sampai-sampai, Syaban juga mendapat julukan sebagai Bulan Shalawat.

Dikutip dari Islami.co, Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki dalam kitab Ma Dza fi Sya'ban menyebutkan satu dari sekian peristiwa penting di bulan Syaban. Peristiwa tersebut yaitu bersholawatnya Allah dan malaikat kepada Rasulullah Muhammad SAW.

 

2 dari 2 halaman

Sebab Syaban Disebut Bulannya Shalawat

Hal ini seperti tertuang dalam Surat Al Ahzab ayat 56.

" Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

Ibnu Abi Shai Al Yamani menjelaskan alasan Syaban dijuluki sebagai Bulannya Shalawat. Sebabnya, ayat mengenai shalawat kepada Nabi Muhammad SAW yaitu Surat Al Ahzab ayat 56 turun ketika Syaban.

Pandangan ini diperkuat Imam Sihabuddi Al Qasthalani dalam kitabnya Al Mawahib. Juga oleh Ibnu Hajar Al Azqalani yang menjelaskan ayat mengenai shalawat turun di bulan Syaban tahun kedua Hijrah.

Melihat hal ini, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk memperbanyak membaca shalawat. Ini semata untuk meraih keutamaan Syaban.

Sumber: Islami.co

Join Dream.co.id