Surat Al Buruj Arab, Latin, Dan Terjemahan Beserta Keutamaan Bila Mengamalkannya

Your Story | Rabu, 27 Januari 2021 09:05
Surat Al Buruj Arab, Latin, Dan Terjemahan Beserta Keutamaan Bila Mengamalkannya

Reporter : Ulyaeni Maulida

Surat Al Buruj membahas dan menekankan masalah akidah dan penguatan keyakinan tentang hari akhir.

Dream – Al Buruj merupakan surat di dalam Al Quran yang terdiri dari 22 ayat. Surat Al Buruj adalah surat urutan ke-85 dalam mushaf Al Quran.

Surat ini termasuk ke dalam golongan surat Makkiyah. Disebut Al Buruj karena diambil dari perkataan yang terdapat pada ayat pertama, artinya gugusan bintang.

Surat Al Buruj termasuk salah satu surat al Mufasshalat dan surat ke-14 dari 23 surat yang dimulai dengan pernyataan sumpah.

Surat Al Buruj diawali dengan sumpah demi langit yang memiliki gugusan bintang. Surat Al Buruj terdiri dari 22 ayat, 190 kata, dan 468 huruf. Tidak ada perbedaan pendapat mengenai jumlah ayat di antara pada mufassir dan qari’.

2 dari 4 halaman

Bacaan Surat Al Buruj

Bacaan Arab

 Surat Al Buruj© Foto: surahquran.com

Bacaan Latin

was samaa-i dzaatil buruuj, wal yaumil mau’uud, wa syaahidiw wamasyhuud, qutila ash-haabul ukhduud, annaari dzaatil waquud, idzhum ‘alaihaa qu’uud, wahum ‘alaa maa yaf’aluuna bilmu’miniina syuhuud, wamaa taqomuu minhum illaa ayyu’minuu billaahil ‘aziizil hamiid, alladzii lahuu mulkus samaawaati wal ardhi walloohu ‘alaa kulli syai-ing syahiid, innalladziina fatanul mu’miniina wal mu’minaati tsumma lam yatuubuu falahum ‘adzaabu jahannama walahum ‘adzaabul hariiq, innalladziina aamanuu wa’amilush shoolihaati lahum jannaatung tajrii ming tahtihal anhaaru dzaalikal fauzul kabiir, inna bathsyaa robbika lasyadiid, innahuu huwa yubdi-u wayu’iid, wahuwal ghofuurul waduud, dzul ‘arsyil majiid, fa”aalul limaa yuriid, hal ataaka hadiitsul junuud, fir’auna watsamuud, balil ladziina kafaruu fii takdziib, walloohu miwwaroo-ihim muhiid, bal huwa quraanum majiid, fii lauhim mahfuudz.

Terjemahan

  1. Demi langit yang dihuni gugusan-gugusan bintang,
  2. serta sebuah Hari yang telah ditetapkan,
  3. serta golongan yang menyaksikan maupun golongan yang disaksikan;
  4. Terkutuklah golongan yang mengadakan perangkap
  5. api yang disulut minyak pembakar,
  6. sewaktu mereka bersiaga,
  7. sementara mereka menyadari hal yang sedang mereka perbuat terhadap golongan yang beriman,
  8. bahwa mereka tidak menyakiti golongan tersebut melainkan karena golongan tersebut telah mengimani Allah, Yang Maha Perkasa, Maha Terpuji;
  9. Sang Penguasa Kerajaan langit maupun bumi. Dan Allah Maha Memperhatikan segala sesuatu.
  10. Sesungguhnya orang-orang yang mencobai golongan laki-laki yang beriman beserta golongan perempuan yang beriman; kemudian orang-orang itu tidak bertaubat maka tentulah kelak ditimpa Azab Jahannam, serta terdapat Azab membakar yang menimpa mereka.
  11. Sungguh orang-orang beriman serta memperbuat berbagai keshalehan, telah disediakan Surga yang di bawahnya dialiri sungai-sungai untuk mereka; demikianlah pencapaian yang sesungguhnya.
  12. Ketahuilah bahwa Hantaman Tuhanmu sungguh sangat menyakitkan,
  13. Ketahuilah bahwa Dialah Yang Merancang, serta yang mengulanginya,
  14. Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Mengasihani,
  15. Penguasa Arsy yang Menakjubkan,
  16. Yang Melaksanakan hal-hal yang Dia kehendaki.
  17. Sudahkah sampai kepada dirimu tentang berbagai riwayat bala pasukan penentang
  18. dari Fir'aun serta Samud?
  19. sebenarnya orang-orang yang kafir berada dalam keadaan menentang,
  20. padahal Allah adalah Pemelihara mereka di balik diri mereka,
  21. bahkan hal yang mereka bantah merupakan sebuah Bacaan yang berharga
  22. yang (tersimpan) dalam (tempat) yang terjaga (Lauh Mahfuzh).
3 dari 4 halaman

Kandungan Isi Surat Al Buruj

 Ilustrasi© Pexels.com

 

Kandungan isi surat Al Buruj adalah bukti kekuasaan dan keesaan Allah yang mana tak seorangpun mampu nenandinginya. Ancaman berupa azab yang pedih bagi orang-orang kafir yang berbuat dzalim terhadap orang mukmin.

Kabar gembira bagi orang-orang beriman yang mengerjakan kebajikan. Jaminan Allah terhadap keutuhan dan kemurnian Al Quran. Penyampaian pembelajaran akan azab yang ditimpa firaun dan tsamud karena mendustakan Allah dan Rasulnya. Lebih jelasnya berikut kandungan pokok surat Al Buruj:

  • Surat Al Buruj dimulai dengan pernyataan sumpah demi langit yang dipenuhi gugusan bintang.
  • Dilanjutkan dengan pernyataan sumpah hari kiamat serta penegasan akan kepastian terjadinya kiamat sebagai hari yang dijanjikan Tuhan Allah SWT.
  • Tak hanya itu, surat Al Buruj juga menyinggung tentang sejarah ashab Ukhdud yang mengganggu orang-orang beriman dan kemudian mereka sendiri yang binasa.
  • Surah Al Buruj juga mengangkat beberapa tema yang penting lainnya yaitu nasib bahagia orang-orang yang beriman, dan ganjaran yang mereka peroleh di hari pembalasan.
  • Menyebutkan sifat-sifat dan perbuatan Allah SWT.
  • Penggalan kisah Fir’aun dan kaum Tsamud.
  • Penjelasan tentang ilmu Allah yang mengetahui segala perbuatan, gerak, dan niat manusia.
  • Penghujung surat ini menjelaskan tentang keagungan Al Quran, asal dan kedudukannya.

 

4 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Surat Al Buruj

 Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

 

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW dalam sholat Isya’nya acapkali membaca was-samaai zaatil buruuj (al-Buruj) dan was-samaai wath-thaariq (ath-Thariq). (HR. Ahmad)

Surat Al Buruj membahas dan menekankan masalah akidah dan penguatan keyakinan tentang hari akhir. Di samping itu tambahan yang ada dalam surat ini selain pembahasan tersebut adalah tentang kisah ashabul ukhdud (para penggali parit) yaitu sebuah cerita tentang pengorbanan dan tebusan jiwa dalam membertahankan akidah dan iman.

Dalam surat ini Allah kembali bersumpah dengan langit ciptaan-Nya yang memiliki gugusan-gugusan bintang, tempat bintang-bintang berpusat dan beredar, serta demi hari yang telah dijanjikan-Nya yaitu hari kiamat, sekaligus menyampaikan kedahsyatan kekuasaan Allah yang tiada batas.

Surat Al Buruj dapat dijadikan wasilah untuk membantu dalam melepaskan kesulitan hidup, untuk melepas kunci atau ikatan ketika kita sedang kehilangan kunci atau mungkin disergap oleh perampok.

Cara pengamalannya dengan membaca ayat-ayat tersebut sebanyak 21 kali. Apabila belum berhasil, diulangi sebanyak-banyaknya dengan menghadirkan hati yang tulus ikhlas dan benar-benar mengharap bantuan Allah.

 

(Diambil dari berbagai sumber)

Join Dream.co.id