Sosok Rifdah Farnidah, Wanita Indonesia Juara 1 Hafalan Alquran 30 Juz Tingkat Dunia

Your Story | Jumat, 20 Mei 2022 15:00

Reporter : Nabila Hanum

Rifdah mengalahkan 87 peserta dari berbagai negara

Dream - Rifdah Farnidah kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Wanita asal Sumedang, Jawa Barat, ini berhasil meraih juara 1 Musabaqoh Hifzhil Quran (MHQ) kategori 30 juz dalam ajang 107’s Family Quranic Competition di Nigeria.

Rifda menyisihkan 87 peserta dari berbagai negara, seperti Ghana, Liberia, USA, India, Arab Saudi, dan Turki, pada ajang yang berlangsung 8 hingga 26 April 2022.

Rifdah Farnidah sendiri berprofesi sebagai dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) Institut Ilmu Alquran (IIQ) Jakarta.

Sosok Rifdah Farnidah, Wanita Indonesia Juara 1 Hafalan Alquran 30 Juz Tingkat Dunia
Rifdah Farnidah (tengah) (Dok.Kemenag)
2 dari 6 halaman

" Alhamdulillah saya bersyukur masih diberikan kesempatan mengikuti musabaqah di tingkat internasional dan bisa memberikan hasil yang terbaik untuk Indonesia," kata Rifdah.

Ia juga berterima kasih kepada para kiai dan guru yang membimbingnya hingga jadi perempuan Indonesia yang menang hafalan Alquran 30 juz ini.

“ Tentunya apa yang saya raih saat ini tidak lepas dari doa dan bimbingan dari guru-guru saya di pondok pesantren al-Hikamussalafiyyah Sumedang dan IIQ Jakarta," ujarnya.

3 dari 6 halaman

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Muhammad Ali Ramdhani memberikan apresiasi dan rasa bangga yang mendalam atas prestasi Rifdah.

" Ditjen Pendidikan Islam tentu turut bangga dan berterima kasih atas capaian ini. Musabaqah Hifzh Al-Qur’an 30 juz tingkat dunia diraih oleh Indonesia melalui perguruan tinggi di bawah binaan Kementerian Agama," kata Ali.

Menurutnya, meski Indonesia jauh dari pusat kelahiran Islam di Timur Tengah, tetapi mampu menjadi peraih yang terbaik di ajang internasional. Indonesia tentu sangat bangga.

Sumber: Kemenag

4 dari 6 halaman

Rifdah Farnidah, Hafizah Jakarta Diundang Ulama Mekah Berhaji

Dream - Rifdah Farnidah, juara II Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) sedunia diundang ulama Mekkah, Sheikh Khalid Al Hamoudi untuk berangkat haji. Tak hanya Rifdah, undangan juga diberikan untuk ibu dan guru pembimbingnya.

Kabar mengejutkan itu diterima Rifdah dalam acara silaturahmi ulama yang digelar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balaikota, baru-baru ini.

Gadis yang baru berusia 22 tahun itu diundang Anies untuk membacakan penggalan Quran dari surat Al Hasyr ayat 18-24 di acara tersebut.

" Semalam Rifdah kami undang ikut hadir dalam acara silaturahmi ulama di Balai Kota. Ia datang bersama ibundanya, dan pembimbingnya, Hj. Mutmainnah, dosen di Institut Ilmu Al Quran," tulis Anies dalam unggahan Facebooknya, dikutip Dream, Sabtu 31 Maret 2018.

5 dari 6 halaman

Menurut Anies, Rifdah merupakan satu-satunya juara dari luar negeri Timur Tengah dalam lomba MHQ yang berlangsung di Yordania itu. Tahun lalu, Rifdah menyandang juara pertama MHQ nasional mewakili DKI Jakarta, kali ketiganya ia raih juara pertama MHQ tingkat nasional.

Undangan ulama Mekkah, Saudi itu disampaikan langsung Sheikh Khalid yang menjadi tamu kehormatan dalam acara silaturahmi. Sheikh Khalid mengaku kagum dan mengapresiasi kemampuan hapalan Rifdah.

" Saya akan tunggu dan sambut di Mekkah, di mana Rifdah dan rombongan akan menjadi tamu Allah, dan tamu kehormatan di mata saya," ujar Sheikh Khalid.

6 dari 6 halaman

Ternyata Sheikh Khalid tak hanya membawa satu kabar gembira. Pada kesempatan tersebut, sang tamu kehormatan Anies juga memutuskan mengangkat Rifdah sebagai salah satu anak angkatnya.

Sebelumnya Sheikh Khalid mengaku sudah mempunyai dua anak perempuan yang juga hafidzah dan sudah lancar tilawah Quran dalam berbagai qiroat.

" Kini saya punya tiga anak perempuan, Rifdah saya angkat menjadi anak perempuan saya yang ketiga." ujar Sheikh Khalid.

Join Dream.co.id