Sholat Sunah Wudhu: Dalil, Waktu Pelaksanaan, Niat, dan Tata Caranya

Your Story | Rabu, 20 April 2022 14:00

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Sholat sunah wudhu adalah sholat yang dikerjakan setelah melakukan wudhu.

Dream – Selain menjalankan sholat wajib, umat Islam juga dianjurkan untuk mengerjakan sholat sunah. Ada banyak sekali sholat sunah yang diajarkan dalam agama Islam, salah satunya adalah sholat sunah wudhu. Sesuai dengan namanya, sholat sunah wudhu dilaksanakan setelah menyelesaikan wudhu dan sebelum melakukan sholat sunah qobliyah.

Secara umum, sholat sunah wudhu dikerjakan sebanyak dua rakaat. Meskipun sunah, tetapi umat Islam alangkah baiknya melakukan sholat tersebut daripada melakukan hal-hal lain saat menunggu waktu sholat.

Oleh karena itu, penting sekali bagi umat Islam untuk mengetahui dalil yang menjadi landasan dari sholat sunah tersebut beserta tata cara pelaksanaannya. Sehingga sahabat Dream bisa langsung mempraktikan sholat tersebut setelah berwudhu.

Nah, berikut adalah dalil tentang sholat sunah wudhu, bacaan niatnya, serta tata caranya sebagaimana dirangkum oleh Dream melalui merdeka.com dan islam.nu.or.id.

Sholat Sunah Wudhu: Dalil, Waktu Pelaksanaan, Niat, dan Tata Caranya
Sholat Sunah Wudhu (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 5 halaman

Dalil tentang Sholat Sunah Wudhu

 Dalil tentang Sholat Sunah Wudhu© Shutterstock.com

Seperti halnya sholat sunah yang lain, sholat sunah wudhu pun memiliki landasannya sendiri. Salah satu hadis tentang sholat sunah wudhu adalah yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ahmad berikut ini:

Dari Abu Buraidah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam di pagi hari memanggil Bilal lalu berkata, “ Wahai Bilal, kenapa engkau mendahuluiku masuk surga? Aku tidaklah masuk surga sama sekali melainkan aku mendengar suara sendalmu di hadapanku. Aku memasuki surga di malam hari dan aku dengar suara sendalmu di hadapanku.” Bilal menjawab, “ Wahai Rasulullah, aku biasa tidak meninggalkan shalat dua raka’at sedikit pun. Setiap kali aku berhadats, aku lantas berwudhu dan aku membebani diriku dengan shalat dua raka’at setelah itu.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad).”

Selain hadis di atas, ada juga dari ‘Uqbah bin ‘Amir Al-Juhaniy ra yang mengatakan bahwa Rasulullah saw bersabda:

Tidaklah seseorang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu shalat dua rakaat dengan sepenuh hati dan jiwa melainkan wajib baginya (mendapatkan) surga.” (HR. Muslim).

Kemudian dari Utsman bin Affan ras berkata bahwa Rasulullah saw bersabda:

Barangsiapa yang berwudhu seperti wudhuku ini kemudian berdiri melaksanakan dua rakaat dengan tidak mengucapkan pada dirinya (konsentrasi ketika shalat), maka dia akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Lalu hadis yang dikutip oleh Syekh Zakariya al-Anshari dalam Tuhfatut Thullab sebagai berikut:

مَنْتَوَضَّأَفَأَسْبَغَالْوُضُوءَوَصَلَّىرَكْعَتَيْنِلَمْيُحَدِّثْفِيهِمَانَفْسَهُغَفَرَلَهُمَاتَقَدَّمَمِنْذَنْبِهِ

Artinya: Siapa saja yang berwudhu, lalu menyempurnakan wudhunya dan shalat dua rakaat dengan tidak berbicara kepada dirinya sendiri (dengan urusan duniawi) dalam dua rakaat tersebut, maka diampuni dosanya yang telah lalu.”

3 dari 5 halaman

Waktu Melakukan Sholat Sunah Wudhu dan Jumlah Rakaatnya

Untuk waktu pelaksanaan sholat sunah wudhu adalah setelah selesai melakukan wudhu, baik tujuannya untuk sholat atau untuk yang lainnya. Bahkan jika wudhu yang sahabat Dream lakukan termasuk dalam mujaddad atau wudhu yang diperbaharui saat kondisinya masih suci, maka tetaplah dianjurkan untuk sholat sunah wudhu.

Sedangkan untuk jumlah rakaatnya, sholat sunah wudhu tidak harus dikerjakan sebanyak dua rakaat. Akan tetapi boleh dilakukan lebih dari dua rakaat seperti halnya saat mengerjakan sholat sunah tahiyatul masjid. Asalkan rakaat sholatnya adalah kelipatan dua.

4 dari 5 halaman

Bacaan Niat Sholat Sunah Wudhu

Saat mengerjakan sholat sunah wudhu, tentunya haruslah dengan membaca niatnya. Hal ini seperti saat sahabat Dream mengerjakan sholat wajib maupun sholat sunah yang lain. Berikut adalah bacaan sholat sunah wudhu yang bisa sahabat Dream hafalkan seperti dikutip dari islam.nu.or.id:

أُصَلِّيسُنَّةَالْوُضُوءِرَكْعَتَيْنِلِلهِتَعَالَى

Ushalli sunnatal uudhu‘i rak’ataini lillahi ta’ala. 

Artinya: “ Saya niat shalat sunnah Wudhu dua rakaat karena Allah ta’ala”. 

5 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Sunah Wudhu

 Tata Cara Sholat Sunah Wudhu© Shutterstock.com

Setelah sahabat Dream mengetahui bacaan niat sholat sunah wudhu, kemudian dilanjutkan dengan tata caranya agar nantinya kamu bisa segera mempraktikkan secara langsung setelah wudhu. Perlu sahabat Dream ketahui bahwa sholat sunah ini bisa dikerjakan di waktu yang terlarang sekali pun.

Hal tersebut dijelaskan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berikut ini:

Dianjurkan sholat dua rakaat setelah berwudhu meskipun pada waktu yang dilarang untuk sholat, hal itu dikatakan oleh Syafi’iyyah.”

Dalam pelaksanaan sholat sunah wudhu sebenarnya tidak berbeda jauh dengan sholat sunah lainnya. Nah, berikut adalah tata cara sholat wudhu yang penting sahabat Dream ketahui:

Rakaat Pertama:

  1. Takbiratul ihram dan dianjurkan untuk membaca doa iftitah.
  2. Membaca surat Al-Fatihah.
  3. Membaca surat yang ada di dalam Al-Quran.
  4. I’tidal.
  5. Duduk di antara dua sujud.
  6. Sujud yang kedua.

Rakaat Kedua:

  1. Membaca surat Al-Fatihah.
  2. Membaca surat yang ada di dalam Al-Quran.
  3. I’tidal.
  4. Duduk di antara dua sujud.
  5. Sujud yang kedua.
  6. Duduk tahiyat akhir.

Itulah penjelasan tentang dalil yang menjadi landasan sholat sunah wudhu, bacaan niatnya, serta tata caranya sholat wudhu yang penting sekali untuk sahabat Dream ketahui. Karena walaupun sunah, namun sholat wudhu dianjurkan agar dikerjakan.

Join Dream.co.id