'Serangan Corona di Italia Seperti di Medan Perang'

Your Story | Kamis, 19 Maret 2020 18:12
'Serangan Corona di Italia Seperti di Medan Perang'

Reporter : Sugiono

Italia dengan fasilitas medis terbaik di dunia tak mampu membendung serangan virus corona.

Dream - Italia adalah negara dengan salah satu fasilitas kesehatan terbaik di dunia barat. Dengan keahlian mereka dalam bidang kedokteran, mereka merasa siap menghadapi ancaman wabah Covid-19 sebelum menyerang negara mereka.

 Ilustrasi wabah virus corona© Ilustrasi wabah virus corona (Foto: Shutterstock)

Namun, setelah virus corona yang menyebabkan Covid-19 mencapai negara itu, keadaan berubah. Mereka harus bekerja keras untuk menangani wabah tersebut.

2 dari 5 halaman

Seperti Sedang Perang

Seorang perawat di sebuah rumah sakit di Bergamo, Italia Utara, bahkan terkejut dengan banyaknya korban tewas akibat wabah Covid-19 itu.

 Ilustrasi wabah virus corona© Ilustrasi wabah virus corona (Foto: Shutterstock)

Dia bahkan menggambarkan situasi di Italia yang diserang wabah Covid-19 seperti dalam kondisi sedang perang.

" Saya belum pernah melihat begitu banyak orang mati dengan mata kepala sendiri. Situasinya seolah-olah kita sedang berada medan perang," katanya.

 

3 dari 5 halaman

Kekurangan Tempat Tidur dan Petugas Medis

Lebih dari 2.500 orang tewas dalam empat minggu terakhir di Italia akibat wabah Covid-19.

Dengan lebih dari 31.500 kasus yang dinyatakan positif Covid-19, dokter dan perawat di negara itu, khususnya kota-kota di Italia Utara, bekerja keras untuk melawan wabah tersebut.

 Ilustrasi wabah virus corona© Ilustrasi wabah virus corona (Foto: Shutterstock)

Mereka dilaporkan kekurangan tempat tidur dan petugas medis, karena banyak dari mereka yang dilaporkan telah terinfeksi virus corona.

Para perawat yang tidak diizinkan untuk mengungkapkan situasi di Italia dan meminta identitas mereka dirahasiakan, terpaksa berhenti dari pekerjaan mereka akibat tidak tahan dengan kondisi di negara itu.

4 dari 5 halaman

Negara dengan Fasilitas Medis Terbaik di Dunia

Italia Utara telah menjadi contoh peringatan tentang apa yang bisa terjadi di negara dengan salah satu fasilitas medis terbaik di dunia, meskipun telah mengambil langkah drastis untuk mengendalikan penyebaran virus corona.

 Ilustrasi wabah virus corona© Ilustrasi wabah virus corona (Foto: Shutterstock)

Kota Milan dan Bergamo adalah di antara wilayah di Italia yang paling buruk tingkat penularannya. Kota Bergamo sendiri memiliki 3.800 kasus positif yang dikonfirmasi.

5 dari 5 halaman

Seperti di Dalam Pusaran Angin Topan

Dr. Lorenzo D'Antiga, direktur bagian anak di Rumah Sakit Papa Giovanni XXIII di Bergamo, mengatakan ia dan rekannya bekerja di salah satu daerah dengan jumlah kasus terbanyak.

Menggambarkan situasi di Kota Bergamo, Dr. Lorenzo mengaku seperti berada di dalam pusaran angin topan.

Pada awal Maret, setelah korban tewas akibat Covid-19 dan jumlah kasus positif melonjak, pemerintah Italia mulai mengambil tindakan pencegahan untuk mengendalikan wabah tersebut.

Pada 8 Maret, Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, memberlakukan jam malam di Lombardy. Dalam dua hari berikutnya, ia telah memperluas perintah jam malam di seluruh negeri.

Sumber: Siakapkeli.my

Join Dream.co.id