Sebelum Sholat Id, Ini Amalan Sunahnya

Your Story | Selasa, 4 Juni 2019 18:01
Sebelum Sholat Id, Ini Amalan Sunahnya

Reporter : Ahmad Baiquni

Idul Fitri adalah kemenangan umat Islam.

Dream - Besok kita akan merayakan Idul Fitri 1440 H. Hari kemenangan bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia.

Di pagi hari usai terbit matahari, kita secara bersama-sama akan melaksanakan sholat Idul Fitri. Ada yang di masjid, ada juga di lapangan.

Terdapat sejumlah amalan yang disunahkan sebelum melaksanakan sholat Id. Amalan ini biasa dilakukan Rasulullah Muhammad SAW.

Dikutip dari NU Online, Amalan-amalan ini terdapat di banyak hadis. Umat Islam sangat dianjurkan untuk menerapkan amalan sunah ini sebelum sholat Id.

Pertama, Mengumandangkan takbir di masjid, mushola dan rumah-rumah sejak terbenamnya matahari sampai imam naik ke mimbar untuk berkhutbah Idul Fitri.

Kedua, Mandi sebelum Sholat Id. Rasulullah Muhammad SAW selalu mandi sebelum berangkat ke tempat Sholat Id. Hal ini tertuang dalam hadis riwayat Ibnu Majah.

Dari Abdullah bin Abbas RA berkata, " Bahwasannya Nabi SAW mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha."

 

2 dari 3 halaman

Kenakan Pakaian Terbaik dan Makan

Ketiga, menggunakan pakaian terbaik saat sholat Id merupakan kebiasaan Rasulullah. Tak hanya itu, Nabi juga menganjurkan memakai wewangian.

 Ilustrasi

Keempat, makan sebelum Sholat Idul Fitri. Rasulullah SAW selalu makan sebelum melaksanakan sholat Id meski hanya sedikit. Dasarnya adalah hadis riwayat Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibbah, dan Ahmad.

Rasulullah SAW bersabda, " Janganlah keluar pada hari Idul Fitri sampai dia makan dulu, dan janganlah makan ketika hari Idul Adha sampai dia shalat dulu."

Kelima, melaksanakan Sholat Id di lapangan. Rasulullah SAW menganjurkan Sholat Id di tanah lapang, karena saat itu jumlah kaum Muslim yang ingin ikut Sholat Id sangat banyak. Sehingga hanya hanya tanah lapang saja yang dapat menampung jamaah.

 

3 dari 3 halaman

Berjalan Kaki

Keenam, mengajak semua keluarga ke tempat Sholat Id. Idul Fitri maupun Idul Adha merupakan hari kemenangan untuk umat Muslim.

Pada kedua hari raya itu, Rasulullah SAW mengajak semua keluarganya ke tanah lapang tempat pelaksanaan salat Id.

Ketujuh, jalan kaki menuju tempat salat Id. Rasulullah SAW setiap kali pergi ke tempat Sholat Id selalu berjalan kaki.

Selain itu, jalan yang diambil berbeda antara berangkat dan pulang. Tetapi, para ulama membolehkan masyarakat naik kendaraan saat menuju ke lokasi salat Id.

(ism, Sumber: NU Online)

Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida
Join Dream.co.id