Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bayar Zakat Fitrah

Your Story | Rabu, 22 Mei 2019 06:00
Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bayar Zakat Fitrah

Reporter : Ahmad Baiquni

Zakat fitrah berfungsi untuk penyucian diri di bulan Ramadan.

Dream - Selain puasa, umat Islam juga diwajibkan melaksanakan zakat fitrah ketika Ramadan. Zakat ini adalah untuk badan, jiwa, bisa juga untuk penciptaan.

Diharapkan, jiwa setiap manusia menjadi fitri atau suci kembali setelah mengeluarkan zakat fitrah. Penunaian zakat fitrah diharuskan pada saat Ramadan sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari segala perbuatan sia-sia maupun dosa.

Kewajiban zakat fitrah berlaku bagi setiap Muslim. Mulai anak-anak hingga dewasa bahkan tua serta pria dan wanita.

Dikutip dari Islami, sebelum membayar zakat fitrah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal tersebut yaitu syarat wajib zakat, jenis pembayaran dan jumlahnya, serta waktu pembayaran.

Zakat fitrah memiliki syarat wajib itu Muslim, memiliki bahan makanan lebih dari satu sha' selama sehari semalam saat hari raya, serta telah masuk waktu wajib zakat fitrah.

 

2 dari 2 halaman

Jenis dan Waktu Pembayaran

Bagi orang yang meninggal sebelum terbenamnya matahari akhir Ramadan, tidak ada kewajiban zakat fitrah padanya. Ini juga berlaku untuk bayi yang lahir setelah terbenamnya matahari di hari terakhir Ramadan.

Terkait jenis pembayarannya yaitu menggunakan makanan pokok. Bisa dengan kurma, gandum, beras, atau apapun bahan makanan pokok yang berlaku di suatu daerah.

Jumlah yang harus dibayarkan sekitar 1 sha' setara dengan 3,1 liter atau 2,5 kilogram bahan pokok. Bisa juga diganti uang dengan nilai setara 3,1 liter atau 2,5 kg bahan makanan pokok.

Sedangkan waktu pembayarannya, Imam Syafi'i membolehkan dilakukan sejak awal Ramadan. Sedangkan Imam Malik dan Imam Ahmad bin Hambal menyatakan zakat fitrah boleh dikeluarkan sehari atau dua hari sebelum Hari Raya.

Sumber: Islami.co

Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival
Join Dream.co.id