Viral Foto Kakak Penjual Balon Ajari Adik Baca Iqra di Parkiran

Your Story | Rabu, 6 Januari 2021 09:00
Viral Foto Kakak Penjual Balon Ajari Adik Baca Iqra di Parkiran

Reporter : Dwi Ratih

Si kakak memegang buku Iqra di saat adiknya tekun melihat tulisan di dalamnya.

Dream - Mengejar ilmu bisa di mana dan kapan saja. Bahkan di pinggir jalan pun dapat dilakukan sepanjang semangat memperbaiki diri masih besar. Inilah yang terlihat dua bocah seperti tanpak di gambar di atas.

Seorang remaja laki-laki terlihat tekun mengajari bocah lelaki membaca Iqra sambil berjualan balon. Melihat dari posisinya dan balon-balon yang terletak di depannya, kedua bocah itu mengisi waktu luang saat berjualan tengah sambil membaca Iqra di trotoar parkiran.

Foto hasil jepretan akun Instagram Andi Rihpan Ramadhana itu tersebar luas di media sosial usai diunggah akun @makassar_iinfo pada Jumat, 25 Desember 2020 silam.

 Kakak beradik baca Iqra© Instagram @andi.rihpan38 @makassar_iinfo

Dalam foto itu, remaja lelaki berpakaian hitam yang disinyalir sang kakak terlihat sabar mengajari bocah kecil membaca Iqra yang merupakan dasar membaca Al-Quran.

2 dari 7 halaman

Tetap semangat dekat dengan Allah SWT

Di sisi lain, sang adik tampak serius melihat buku iqra yang dipegang kakaknya tersebut. Tekad anak kecil itu untuk belajar dan kesabaran kakaknya untuk mengajarinya sambil mencari nafkah benar-benar patut dicontoh.

Berjualan di depan supermarket

Seorang netizen yang mengetahui keberadaan kakak-beradik itu mengungkapkan jika kedua bocah itu sering terlihat berjualan di lokasi tersebut.

" Bagi yang menanyakan di mana bocah ini berjualan, dia berjualan balon dan masker setiap hari dengan adiknya di depan Top Swalayan di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara."

3 dari 7 halaman

Banjir Doa Keberkahan

 Kakak beradik baca Iqra© Instagram @andi.rihpan38 @makassar_iinfo

Netizen sendiri mengomentari positif kedua kakak-beradik itu. Mayoritas netizen merasa terharu dan salut dengan kegigihan mereka belajar sambil berjualan, sementara yang lain mendoakan agar dagangan kedua kakak-beradik itu laris.

" MasyaAllah. Semoga dimudahkan selalu urusannya dek. Barakallahuu fii kum," tulis @eeruul.

" MasyaAllah, sehat selalu yaa dek, semoga Allah selalu beri kebahagian yang melimpah," tulis @anggitasurayanaaa.

Sumber: Liputan6.

4 dari 7 halaman

Cara Menghafal Al-Quran Mudah dari Ustaz Yusuf Mansur

Dream – Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi setiap Muslim. Membaca dan menghafalkannya adalah ibadah yang sangat dianjurkan. Namun, seringkali seseorang kesulitan untuk menghafal Al-Quran.

Melihat hal tersebut, Ustaz Yusuf Mansur pun memberikan cara agar dapat menghafal Al-Quran dengan mudah terlebih bagi para pemula.  

Pendiri dan Pengasuh Pondok Pesantren Daarul Quran Tangerang ini mengungkapkan jika menghafal Al-Quran dapat dilakukan kapanpun. Yang diperlukan hanyalah kedisplinan dan ketekunan saat menghafalkannya.

Memulai suatu kegiatan baik, seperti menghafal Al-Quran, memang berat. Apalagi, bila tidak terbiasa atau belum pernah melakukannya sama sekali. Namun ketahuilah, menghafal Al- Quran juga menjadi bekal ketika meninggal.

Berikut adalah beberapa cara menghafal Al-Quran dari Ustdadz Yusuf Mansur.

5 dari 7 halaman

Memantapkan Niat


 Ilustrasi© Freepik

Hal utama yang harus dipersiapkan sebelum menghafal Al-Quran adalah memantapkan niat. Semua niat tersebut hanyalah untuk mendapatkan keridhoan Allah SWT. dengan begitu, hati akan terasa lebih tenang dan ikhlas.

Satu Ayat Satu Hari

 Ilustrasi© Freepik

Menghafal Al-Quran tentunya membutuhkan waktu khusus. Agar hafalan dapat mudah diingat. Namun, ditengah kesibukan harian, rupanya seseorang juga tetap dapat menghafal Al-Quran. Caranya cukup dengan menghafal satu ayat satu hari. Hafalan tersebut dibaca secara berulang sehingga akan semakin diingat.

6 dari 7 halaman

Dibaca Secara Berulang


 Ilustrasi© Freepik

Hal penting lainnya adalah dengan mengulang-ulang kembali hafalannya secara terus menerus. Sehingga nantinya tidak mudah lupa. Caranya pun cukup mudah, yaitu dapat dilakukan setelah mengerjalan sholat baik sholat fardhu maupun sunnah. Selain itu, mengulang kembali hafalan dapat dilakukan saat menjelang tidur.

Jangan Menghafal Sendiri

 Ilustrasi© Freepik

Menghafal Al-Quran akan terasa lebih mudah bila dilakukan bersama-sama. Hal ini untuk membantu saling menyimak hafalan dan bisa juga saling memperbaiki bacaan. Selain itu, menghafal Al-Quran bersama-sama juga akan menambah semangat dalam menghafal.

7 dari 7 halaman

Membaca dan Memahami Terjemahan


 Ilustrasi© Freepik

Selain menghafalkan Al-Quran, penting juga membaca dan memahami terjemahan dari Al-Quran. Hal ini dapat membuat pengetahuan semakin bertambah. Keteguhan hati untuk menghafal Al-Quran pun semakin kuat. Selain itu, dengan memahami terjemahan akan membantu memperkuat hafalan.

Menikmati Setiap Proses Menghafal

 Ilustrasi© Freepik

Menghafal Al-Quran membutuhkan usaha lebih. Untuk itu, penting membuat diri sendiri tetap semangat dalam menghafal. Menikmati setiap prosesnya akan membuat waktu berjalan cepat. Dan tak terasa hafalan sudah semakin banyak.

Join Dream.co.id