Petugas Jujur Penemu Rp500 Juta di KRL Diangkat Jadi Pegawai Tetap

Your Story | Selasa, 14 Juli 2020 18:00
Petugas Jujur Penemu Rp500 Juta di KRL Diangkat Jadi Pegawai Tetap

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila

Pengangkatan dua petugas jujur tersebut dilakukan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Dream - Setelah viral karena mengembalikan uang sebesar Rp500 juta, dua petugas KRL bernama Egi dan Mujenih kini menuai buah kejujuran mereka. Keduanya diganjar dengan diangkat sebagai karyawan tetap oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).

Pengangkatan dua pegawai outsourcing yang jujur tersebut dilakukan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Menurut Erick, sikap kedua petugas tersebut menjadi cerminan nyata dari prinsip akhlak di Kementerian BUMN.

" Intinya apa yang dilakukan Mas Egi dan Mas Mujenih ini adalah hal yang luar biasa. Ini bisa menjadi contoh bahwa ketika isu moral di Indonesia dipertanyakan, sebenarnya masih banyak orang yang punya kedisiplinan dan akhlak yang baik," kata Erick.

 

 

2 dari 7 halaman

Egi Sandi Saputra (24) merupakan seorang petugas Pengawalan KRL, sedangkan Mujenih (34) merupakan Petugas Kebersihan kereta. Keduanya merasa sangat bersyukur atas penghargaan yang diberikan kepada mereka. Mereka mengaku bangga dan bahagia. 

" Saya bersyukur sekali dengan semua penghargaan ini, terutama diangkat jadi pegawai tetap. Keluarga saya pasti senang sekali dan bangga," ungkap Egi dalam keterangan resmi Kementerian BUMN, Senin kemarin.

Sama seperti Egi, Mujenih juga sangat berterima kasih dan tak menyangka perbuatannya tersebut mendapatkan apresiasi yang luar biasa. 

" Alhamdulillah, ya Allah. Begitu besar karunia yang engkau berikan. Terima kasih kepada Pak Erick, dan para pejabat BUMN atas penghargaan ini. Saya nggak nyangka apa yang saya lakukan dihargai sebesar ini. Sekali lagi terima kasih. Waktu itu, saya langsung bawa saja (uang) ke kantor Stasiun Bogor karena saya enggak ada niat ngambil, memang bukan hak saya," tambah Mujenih.

3 dari 7 halaman

Viral Petugas Kebersihan Stasiun Kembalikan Temuan Uang Rp500 Juta di KRL

Dream - Kejujuran sudah menjadi barang langka. Meski begitu, kejujuran masih tetap ada di negeri ini.

Seorang petugas kebersihan stasiun tengah viral di media sosial. Dia menemukan uang tunai sebesar Rp500 juta di dalam KRL dan memilih untuk mengembalikannya.

Kabar ini pertama kali diunggah di grup Facebook KRL (COMMUTERLINE) Jabodetabek oleh pemilik akun Arip Rahmatuloh. Peristiwa penemuan itu terjadi pada Senin, 6 Juli 2020.

Penemunya adalah petugas kebersihan dalam kereta Stasiun Bojong Gede. Uang tersebut ditemukan dalam kondisi terbungkus kresek warna hitam.

" Senin 06 Juli 2020, Alhamdulillah telah di temukan uang sebesar Rp500 juta oleh team OTC BOJONG GEDE, sudah diserahkan langsung oleh team ke PS Stasiun Bogor dan Alhamdulillah sudah diambil kembali oleh pemiliknya. Semoga Alloh SWT senantiasa memberikan amal ibadah untuk kejujurannya. Thanks All Team OTC, tingkatkan terus semangat untuk menjadi manfaat bagi orang banyak,"  tulis pemilik akun.

Terdapat dua foto dalam unggahan tersebut. Satu foto menunjukkan petugas kebersihan dengan uang yang ditemukan, sementara lainnya merupakan bukti serah terima barang temuan.

 Uang Rp500 Juta di KRL© Facebook

Facebook @Arip Rahmatuloh

Dalam form tersebut tertulis nomor KA yang menjadi tempat penemuan yaitu 1157 relasi JAK/BOO (Jakartakota-Bogor). Stasiun penemuan tertulis kode BOO, merujuk pada Bogor, sedangkan lokasinya tertulis KRL.

 

 

4 dari 7 halaman

Sang Penemu Banjir Doa

Unggahan tersebut mendapat banyak komentar dari netizen.

" Subhanallah itu yang menemukan semoga dilancarakan rizkinya,"  tulis netizen.

" Wuidih 1/2M (setengah miliar) dibw pk kantong plastik hitam dlm kereta... bersyukur banget bisa ditemukan kembali oleh orang yang baik hati,"  tulis netizen lain.

" Alhamdulillah masih banyak orang yang jujur.. semoga yang menemukan dilancarkan rezekinya,"  tulis netizen.

" Alhamdulillah masih rezeki, bisa kembali ke pemilik uangnya. Saya ketinggalan seragam kantor sama gelas tupperware aja dari bulan puasa sampe sekarang nggak ketemu,"  tulis netizen.

5 dari 7 halaman

Cerita Petugas Kebersihan Temukan Uang Rp500 Juta di KRL

Dream - Mujenih, 30 tahun, bekerja seperti biasa pada Senin, 6 Juli 2020. Dia sedang mengepel lantai KRL yang baru saja tiba di Stasiun Bogor.

Ketika berada di kereta 3, Mujenih menemukan bungkusan kresek warna hitam. Bungkusan itu tergeletak di bawah bangku penumpang.

" Di gerbong (kereta) tiga dari belakang, ada di bawah kursi prioritas. Sempat ditendang-tendang, dikira itu sampah," ujar Mujenih, dikutip dari Liputan6.com.

Mujenih mengatakan bungkusan kresek itu dia temukan sekitar pukul 15.30 WIB. Dia tidak tahu isi dari bungkusan kresek tersebut.

 

6 dari 7 halaman

Dikira Sampah

Sebelum diambilnya, banyak penumpang tidak menaruh perhatian pada bungkusan tersebut. Beberapa penumpang bahkan sempat menendang bungkusan itu agar terbuang keluar kereta.

" Awalnya saya lagi kerja, terus kata keamanannya ada bungkusan, sampah atau apa ya, saya buka berdua sama dia," kata Mujenih.

Setelah mengetahui isinya uang pecahan Rp100 ribu dalam jumlah banyak, Mujenih langsung menyerahkannya kepada Passanger Service (PS) Stasiun Bogor.

 

7 dari 7 halaman

Sudah Dikembalikan

Dia pun mengaku tak kaget menemukan uang Rp500 juta. Bagi Mujenih, uang tersebut adalah hak orang lain sehingga harus dikembalikan.

Sekitar 10 menit usai uang tersebut diserahkan ke PS, seorang pria paruh baya datang ke bagian pencarian barang hilang. Pria itu mengaku sebagai pemilik dari bungkusan kresek berisi uang tersebut.

" Dia turun dari jalur lima, sempat nyariin di jalur empat. Sekitar 10 menit diserahkan ke PS, dia datang langsung," kata Mujenih, dilaporkan Antara.

Join Dream.co.id