Ramadan, Momen Istimewa untuk Memperbaiki Diri

Your Story | Minggu, 9 Mei 2021 16:30
Ramadan, Momen Istimewa untuk Memperbaiki Diri

Reporter : Eko Huda S

Yang lebih penting dalam berefleksi adalah segera mengoreksi kesalahan yang telah kita perbuat. Segera bertaubat dan melakukan perbuatan yang lebih baik.

Dream – Bulan Ramadan menjadi saat terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sebab, Ramadan menjadi bulan suci yang penuh dengan rahmat dan ampunan.

Refleksi diri saat Ramadan sangat penting untuk merenungkan kesalahan-kesalahan kita. Tak perlu berkecil hati, semua manusia juga melakukan kesalahan.

Namun yang lebih penting dalam berefleksi adalah segera mengoreksi kesalahan yang telah kita perbuat. Segera bertaubat dan melakukan perbuatan yang lebih baik.

Tentu saja, refleksi yang kita lakukan harus dibarengi dengan segala ibadah yang wajib maupun sunah selama Ramadan. Dengan jiwa yang tenang, mudah-mudahan kita menjadi pribadi yang jauh lebih baik di hari kemenangan.

Berikut ini beberapa cara memaknai Ramadan agar kita menjadi pribadi lebih baik.

2 dari 5 halaman

Percaya bahwa Puasa adalah ibadah yang spesial

Puasa merupakan ibadah spesial. Berpuasa hanya benar-benar dilakukan oleh orang yang memiliki keyakinan kuat. Puasa menghilangkan segala unsur kemunafikan dan ketidakpercayaan.

Allah SWT berfirman " Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. Al-Baqarah : 183)

3 dari 5 halaman

Menikmati Proses Berpuasa

Berpuasa punya tantangan. Tak hanya menahan lapar dan haus, berpuasa juga harus mampu mengekang segala hawa nafsu duniawi.

Memang tidak mudah, namun ketika berhasil menjalani setiap proses selama berpuasa, Allah menjanjikan surga sebagai balasannya.

Berbahagialah karena masih dipertemukan dengan Ramadan, bulan dimana segala amal ibadah akan dilipatgandakan pahalanya.

4 dari 5 halaman

Berpuasa Mengikuti Jejak Rasul

Alquran menjelaskan bahwa puasa sudah ditetapkan jauh sejak zaman para nabi. Artinya, berpuasa mengikuti jejak Rasul dan para nabi terdahulu.

Puasa telah menjadi salah satu tujuan yang mulia. Berpuasa menjadi pembeda luar biasa antara manusia dan ciptaan Allah yang lain.

Untuk itu, berbahagialah bagi orang-orang yang mampu menjalankan puasa. Jadikan setiap tauladan para Nabi dan Rasul dalam setiap jejak kehidupan kita.

5 dari 5 halaman

Berpuasa Berarti Pembebasan

Berpuasa sebagai bentuk pembebasan diri. Saat bulan Puasa, gaya kehidupan pun akan berubah, semuanya akan melibatkan spritual dalam diri. Karena setiap perbuatan baik akan terhitung sebagai ibadah berlipat ganda.

Ini berarti pembebasan diri dari segala bentuk kemunafikan didalam diri. Membawa keberkahan bagi jiwa-jiwa yang mencari ridho Allah. Bahkan, bukan hanya selama bulan suci Ramadhan, dalam bulan-bulan selanjutnya keberkahannya akan terus mengalir jika mampu menjaga diri selama bulan puasa.

Join Dream.co.id