Mitos Garam Ampuh Usir Hantu, Ini Pandangan Islam

Your Story | Selasa, 24 Maret 2015 14:14
Mitos Garam Ampuh Usir Hantu, Ini Pandangan Islam

Reporter : Ayik

Mitos yang beredar di kalangan masyarakat sejak dulu itu mungkin ada saja yang mempercayainya.

Dream - Usir setan pakai garam, mungkin Anda sering mendengar hal itu dari sejumlah orang. Mitos yang beredar di kalangan masyarakat sejak dulu itu mungkin ada saja yang mempercayainya.

Garam, tak lebih dari bumbu dapur yang bisa membuat makanan lebih sedap dan lezat. Mereka mempercayai garam sebagai media pengusir makhluk halus sangatlah disayangkan.

Bila dilihat dari segi ilmiahnya, makhluk halus atau setan dikategorikan sebagai makhluk yang memiliki muatan negatif atau elektromagnet. Ini malah bertolak belakang dengan kristal garam yang mengandung ion positif. Dimana ion negatif akan dinetralisir oleh ion positif.

Namun bila dilihat dari pandangan Islam, tidak ada ajaran yang menjadikan garam sebagai media pengusir setan. Rasullulah SAW sendiri menyarankan untuk membaca:

" Barangsiapa yang ketika sore membaca : “ Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syaeun fil ardhi wa laa fis samaai wa huwas samii’ul ‘aliim ” tiga kali, maka tidak akan terkena musibah secara mendadak sampai pagi, dan barangsiapa yang membacanya ketika pagi tiga kali, maka tidak akan terkena musibah secara mendadak sampai sore." (HR. At-Tirmidzi dan selainnya, dan hadits ini derajatnya hasan sebagaimana dalam Shahih Sunan at-Tirmidzi.dan dishahihkan oleh Al-Albany)

Adapun hadits yang kedua, Dari Abi Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, " Janganlah kamu jadikan rumah-rumahmu seperti kuburan, sesungguhnya syetan akan lari dari rumah yang di dalamnya dibaca surah Al Baqarah." (H.R Muslim).

(BACA: Bayu Kumbara, Anak Padang Sunting Bule Inggris Nan Cantik, Bikin Iri Netizen)

Ingin tahu penjelasan lebih lanjut? Yuk selengkapnya Baca di sini. (Ism) 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

Join Dream.co.id