Ingat Sopir Ojol Sepuh di Bogor yang Viral? Kehidupannya Kini Telah Berubah

Your Story | Rabu, 22 April 2020 10:01
Ingat Sopir Ojol Sepuh di Bogor yang Viral? Kehidupannya Kini Telah Berubah

Reporter : Dwi Ratih

Elsya Sandria yang berinisiatif menggalang donasi sempat datang ke rumah baru Pak Sri Raharjo.

Dream - Masih ingat dengan cerita Pak Sri Raharjo, sopir ojek online di Bogor yang sempat jadi viral di media sosial? Kisah pria lanjut usia ini menyentuh hati orang banyak setelah bekerja mencari nafkah dengan kondisi serba dalam keterbatasan. 

Nasib baik mendatangi Pak Sri saat menawarkan jasanya kepada selebgram hijab Elsya Sandria. Perempuan ini terharu dengan kondisi Pak Sri yang mengendari motor tua dan menawarkan jasa ojek padahal Ponselnya sudah mati. 

Elsya lalu berinisiatif mengumpulkan donasi untuk Pak Sri. Tak disangka uang sumbangan dari para netizen melimpah ruah bahkan melebih target awal yang dibuat Elsya.

Beberapa bulan berlalu, kini Pak Sri sudah bisa tidur tenang di bawah rumah reot yang sudah direnovasi. Rumah baru itu diperbaiki berkat donasi dari seluruh netizen di Indonesia yang terkumpul sampai ratusan juta rupiah.

 Elsya Sandria© Elsya Sandria

Sebelumnya, kisah Pak Sri viral karena selebgram hijab Elsya yang sempat menggunakan jasa sopir ojol tanpa aplikasi dikarenakan kondisi ponsel Pak Sri tidak memumpuni sehingga ia harus nyari penumpang seperti ojek pangkalan pada umumnya.

Tim Dream juga sempat bertemu dengan keduanya sekitar Januari lalu untuk berbagi cerita tentang kisah Pak Sri ini.

2 dari 8 halaman

Tetap bekerja seperti biasa

Lewat chat WhatsApp, Minggu, 19 April 2020 kemarin, hijaber Bogor ini bercerita kalau renovasi rumah Pak Sri sudah selesai dilakukan selama kurang lebih dua bulan.

 Elsya Sandria© Elsya Sandria

Elsya bercerita kalau pengerjaan renovasi rumah Pak Sri sempat terhambat karena adanya wabah Covid-19. " Kendalanya cuaca di Bogor sering hujan deras dan adanya Covid-19 yang bikin pengerjaan jadi agak molor," katanya.

Selama pengerjaan renovasi rumah, Pak Sri diketahui masih jadi driver ojol di sekitaran Bogor, hanya saja waktu mencari penumpangnya tidak seperti dulu yang sampai larut malam.

3 dari 8 halaman

Seperti mimpi

Hadirnya 'rumah baru' ini membuat Pak Sri tak henti mengucap syukur atas apa yang diterima, bahkan dirinya tak menyangka bisa di posisi seperti saat ini.

" Kata Pak Sri, seperti mimpi," ucap Elsya.

 Pak Sri & Elsya Sandria© Elsya Sandria

Kita tahu, kisah Pak Sri yang viral awal tahun lalu berbuah manis sehingga dapat membantu Pak Sri dari segi finansial seperti renovasi rumah, motor baru, biaya anak sekolah, serta melunasi hutang-hutang.

" Pak Sri tenang sekali sekarang," tambah Elsya.

Meski sudah mendapatkan apa yang diimpi-impikan sejak lama, Pak Sri tetap bekerja seperti biasa. Ia selalu berdoa dan berharap agar selalu diberi kesehatan agar bisa selalu beraktivitas menjalani kehidupan sehari-hari.

 

4 dari 8 halaman

Janji Allah SWT itu pasti

Sebagai jembatan cerita Pak Sri kemarin, Elsya juga berharap agar bapak dua anak itu selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT, tetap semangat dan bersyukur dengan apa yang sudah diterima Pak Sri saat ini dari Allah SWT.

Melihat aksi Elsya dan luar biasa sekali efeknya, hijaber yang pernah memenangkan #HalalDreamTrip ke Jepang ini mengatakan kalau hikmah yang bisa diambil dari kisah Pak Sri adalah setiap orang takkan pernah tahu kapan Allah SWT mewujudkan doa para hambaNya. Setiap makhluk  hanya harus yakin jika Allah SWT suatu saat pasti akan mewujudkan impian.

" Kita pun harus bersabar dan berikhtiar karena janji Allah itu pasti," tegas Elsya yang akrab disapa Echa.

 Pak Sri & Elsya Sandria© Elsya Sandria

5 dari 8 halaman

Viral Kisah Kebaikan Hijaber Elsya Sandria dan Sopir Ojol Sepuh

Dream - Pengalaman hijaber bernama Elysa Sandria menggunakan jasa seorang sopir ojek online (Ojol) akhir pekan lalu membuat peselancar media sosial banjir air mata. Kisah perjalanan di tengah malam itu melibatkan seorang pengemudi Ojol berusia senja. 

Berawal dari Elsya yang tiba di stasiun Bogor dan hendak menggunakan jasa Ojol sekitar pukul 23.30 WIB pada Jumat, 17 Januari 2020.

Di tengah rintik hujan, Elsya yang akrab disapa Eca, berdiri di dekat parkiran mobil dan siap memesan Ojol lewat aplikasi di ponsel pintarnya.

Belum sempat pesanan itu dibuat, seorang sopir Ojol menghampirinya dan menawarkan diri mengantar pulang. Si sopir menceritakan jika Ponsel miliknya sedang tak bisa dipergunakan.

" Mbak sudah pesan? Kalau belum boleh saya antar? Tapi handphone saya mati, harganya sesuai aplikasi nggak apa-apa, mbak," kata Eca mengikuti ucapan sopir Ojol yang diketahui bernama Pak Sri.

6 dari 8 halaman

Dari jam 9 belum dapat penumpang

Sopir Ojol yang belakanngan diketahui bernama Pak Sri telah berusia 68 tahun. Mendengar tawaran tersebut, Eca awalnya menolak karena jarak rumahnya dari Stasiun Bogor cukup jauh.

" Rumah saya di Puncak, bapak serius mau ambil orderan saya?" tanya Eca mencoba meyakinkan sopir sepuh tersebut.

" Saya antarkan, Mbak. Dari jam sembilan saya di sini belum dapat penumpang, karena mungkin orang ragu dengan saya," ucap Pak Sri kepada Eca.

Eca akhirnya menerima tawaran sopir Ojol itu.

HP Rusak dan Motor Perlu Diperbaiki

Di tengan perjalanan, hujan turun semakin deras. Eca dan Pak Sri memutuskan untuk menepi dan memakai jas hujan. Merasa ada yang ganjal, Eca mulai memberanikan mengobrol dengan Pak Sri.

" Bapak handphonenya lowbatt atau apa rusak?" tanya Eca. " Rusak, Mbak," jawab Pak Sri.

" Usia bapak berapa?" tanya Eca lagi. " 68 tahun," jawab Pak Sri yang bikin Eca menahan nangis sambil mengelus dada.

" Semenjak handphone saya rusak, saya cari penumpang tanpa aplikasi, tapi orang-orang masih takut mungkin tidak percaya, tapi saya pantang menyerah, Allah pasti ngasih rezeki untuk saya, Mbak, he he he" cerita Pak Sri.

" Tapi motor saya pun seadanya, rusak, dan nggak bisa kencang. Tapi masih kuat kok, Mbak, tenang," kata Pak Sri meyakinkan.

7 dari 8 halaman

Tidak Bisa Memaksa

Eca, lewat Instagram Story miliknya @elsyandria, mengatakan selama perjalanan itu, Pak Sri bercerita soal keluarganya. Dia memiliki dua anak yang masih duduk di bangku sekolah. Menjadi Ojol harus dilakukannya untuk biaya hidup keluarga.

Hujan yang turun ternyata semakin deras. Eca lantas mengajak Pak Sri untuk makan bersama. Beberapa kali, Eca mengunggah video Pak Sri makan dengan lahap sembari saling cerita.

 Pak Sri & Eca© Instagram.com/elsyasandria

Foto: Instagram.com/elsyasandria

Meski pada akhirnya Eca memutuskan untuk tidak diantar Pak Sri sampai rumah, Eca memberi alasan kepadanya bahwa kondisi yang sudah larut malam tidak memungkinkan untuk ia mengantarkan Eca sampai rumah.

Terlebih kondisi motor Pak Sri yang memprihatikan sehingga tak bisa melaju dengan maksimal.

" Ini akan berbahaya jika bapak masih memaksakan motor bapak yang sudah harus diservice ini," ucap Eca ke Pak Sri.

 Pak Sri & Eca© Instagram.com/elsyasandria

Foto: Instagram.com/elsyasandria

Meminta Tak Diantar Sampai Rumah

" Saya berbicara seperti itu karena saya bisa merasakan sekali ketidaknyamanan saat menaikinya, rem susah, digas susah, bahkan (untuk) menyalakannya (motor) susah," tulis curhat Eca di Instagram Story.

Pak Sri pun mengerti karena Eca meyakinkannya jika kesehatan dan keselamatan dia lebih patut diperhatikan masih ada istri dan anak yang menunggu di rumah.

 Pak Sri & Eca© Instagram.com/elsyasandria

Foto: Instagram.com/elsyasandria

8 dari 8 halaman

Jumlah Donasi Tak Terduga

Melihat Pak Sri yang semangat berjuang demi keluarga meski kondisi memilukan, Eca yang memiliki jumlah pengikut mencapai 65 ribu di Instagram membuka donasi berupa materi untuk Pak Sri.

Lewat Eca, para pengikutnya berbondong-bondong mengulurkan tangannya untuk Pak Sri. Niat cuma membantu dengan menyervis handphone dan motor Pak Sri, namun pundi-pundi rezeki itu datang sehingga bisa membelikan motor dan handphone baru untuk Pak Sri.

Terhitung sampai Sabtu, 18 Januari 2020, di saldo Eca terkumpul lebih dari Rp71 juta.

 Pak Sri & Eca© Instagram.com/elsyasandria

Foto: Instagram.com/elsyasandria

Tak ingin panjat sosial atau mencari 'konten', Eca menegaskan bahwa kisah Pak Sri ini dapat dijadikan inspirasi buat semua masyarakat.

" Aku cuma ingin share ke teman-teman semua bagaimana kalau itu terjadi pada orang tua kita? Di saat kita sudah mimpi indah, selimutan, tapi di luar hujan deras bapak kita mencari rezeki untuk kita," curhat Eca.

" (Pak Sri) masih berpikir positif, sesulit apapun rezeki pasti menghampiri dia," tambahnya menegaskan.

Ikuti terus updatenya..

Melalui akun Instagram @elsyandria, Eca terus memperbarui kisah Pak Sri sampai bantuan seluruh Sahabat Dream sampai ke Pak Sri.

Diketahui, Sabtu, 18 Januari 2020 kemarin Eca sempat mengunjungi rumah Pak Sri yang ia dapatkan alamatnya saat bertemu pada Jumat malam.

Namun sayang, Sabtu itu, Eca belum sempat bertemu dengan Pak Sri. Ikuti terus perkembangannya, ya, Sahabat Dream.

Join Dream.co.id