Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar, Peristiwa Istimewa di Ramadan

Your Story | Selasa, 21 Mei 2019 20:01
Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar, Peristiwa Istimewa di Ramadan

Reporter : Ahmad Baiquni

Nuzulul quran berkaitan dengan turunnya Alquran, demikian pula dengan lailatul qadar.

Dream - Setiap hari dan malam sepanjang Ramadan adalah istimewa. Banyak keutamaan yang bisa diraih dengan memperbanyak ibadah dan amalan sholeh.

Tetapi, ada momentum lain yang begitu berharga di Bulan Ramadan. Momentum tersebut yaitu Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar.

Dikutip dari NU Online, sama-sama terjadi saat Ramadan, dua momen ini berlangsung pada tanggal yang berbeda. Nuzulul quran yang merupakan peristiwa turunnya Alquran pertama kali di dunia.

Peristiwa ini berlangsung pada 17 Ramadan. Ketika itu, Rasulullah Muhammad SAW yang sedang berada di Gua Hira didatangi Malaikat Jibril dan diajarkan Alquran pertama kali yaitu Iqra' yang artinya 'Bacalah'.

Sedangkan lailatul qadar adalah malam diturunkannya Alquran langsung dari Allah SWT di keseluruhan baitul izzah. Kemudian, Malaikat Jibril membawa Alquran secara berangsur-angsur kepada Rasulullah SAW.

 

2 dari 2 halaman

Lailatul Qadar yang Istimewa

Mengenai terjadinya lailatul qadar merupakan rahasia Allah SWT. Malam tersebut sangat mulia, penuh berkah yang tidak diragukan lagi.

Tentu malam ini berbeda dengan malam-malam lainnya. Allah memberikan keistimewaan lailatul qadar lebih dari seribu bulan.

Di malam itu, para malaikat turun mengatur segala urusan. Dengan perintah Allah SWT, para malaikat menetapkan takdir manusia mulai rizki, jodoh, hingga mati.

Keistimewaan lailatul qadar dapat kita temukan dalam Surat Al Qadar.

" Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."

Begitu istimewanya lailatul qadar, tentu sangat disayangkan jika terlewat begitu saja. Manfaatkan malam-malam ini dengan memperbanyak ibadah.

Sumber: NU Online

Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi
Join Dream.co.id