Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga, Dalil, Tata Cara Serta Doa Bagi Penerima

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga, Dalil, Tata Cara Serta Doa Bagi Penerima Ilustrasi Kewajiban Membayar Zakat Fitrah. (Foto: Shutterstock.com)

Dream - Saat menjalani puasa ramadhan, semua ibadah baik wajib maupun sunnah akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah Swt. Di akhir jelang puasa, semua umat Islam yang mampu juga diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah sebagai pembersih harta kekayaannya selama ini. 

BACA JUGA : Bacaan Doa Kedua Orang Tua dan Artinya

Saat bulan ramadhan khususnya di beberapa hari terakhir jelang berakhirnya puasa, , kewajiban umat Islam yang tak boleh ditinggalkan adalah membayar zakat fitrah. Batas waktu pembayaran zakat fitrah adalah ketika memasuki bulan Ramadhan sampai menjelang sholat Idul Fitri.

Umat Islam harus memperhatikan batas waktu pembayaran zakat fitrah ini. Sebab pembayaran zakat fitrah setelah dilaksanakannya sholat Idul Fitri dianggap tidak sah namun tetap akan dihitung sebagai sedekah.

Zakat fitrah bukan hanya bernilai ibadah, tetapi juga menjadi salah satu cara untuk membantu masalah perekonomian masyarakat. Sebab orang yang berhak menerima zakat adalah orang yang masuk dalam golongan tidak mampu. Terdapat delapan golongan yang berhak menerima zakat berdasarkan al Quran yakni, fakir, miskin, amil, mualaf, riqab, gharim, fi sabilillah, dan ibnu sabil.

Selain itu, tata cara pembayaran zakat fitrah juga penting diperhatikan, termasuk bacaan niatnya. Niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga akan dibahas dalam artikel berikut ini.

Dalil Tentang Zakat Fitrah dari Al Quran

Sebelum mengetahui bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga, sebagai umat Muslim sudah selayaknya kamu juga memahami dalilnya. Pengeluaran zakat fitrah didasarkan pada dalil dari al Quran dan hadis. Dalil yang berasal dari al Quran di antaranya pada Surah At Taubah ayat 71 dan 103.

وَالْمُؤْمِنُوْنَ وَالْمُؤْمِنٰتُ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاۤءُ بَعْضٍۘ يَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوْنَ الزَّكٰوةَ وَيُطِيْعُوْنَ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ ۗاُولٰۤىِٕكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللّٰهُ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ

"Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka akan diberi rahmat oleh Allah. Sungguh, Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana." (QS. At Taubah: 71)

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

"Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui." (QS. At Taubah: 103)

Dalil Tentang Zakat Fitrah dari Hadis

Ilustrasi

Sementara itu dalil zakat fitrah yang berasal dari hadis adalah sebagai berikut:

Dari Ibn Abbas radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah, sebagai pembersih bari orang yang puasa dari segala perbuatan sia-sia dan ucapan jorok serta sebagai makanan bagi orang miskin. Siapa yang menunaikannya sebelum shalat id maka zakatnya diterima, dan siapa yang menunaikannya setelah sholat ‘ied maka hanya menjadi sedekah biasa. (HR. Abu Daud, Ad Daruquthni dan dishahihkan Al Albani)

Dari Ibn Umar radliallahu ‘anhu, beliau berkata:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah dengan satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum, kepada setiap budak atau orang merdeka, laki-laki atau wanita, anak maupun dewasa, dari kalangan kaum muslimin. Beliau memerintahkan untuk ditunaikan sebelum masyarakat berangkat sholat ‘ied. (HR. Bukhari).

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Niat zakat fitrah disesuaikan dengan siapa yang akan menunaikannya. Biasanya pembayaran zakat fitrah dikeluarkan oleh orang tua yang bertanggungjawab atas anak-anaknya.

Niat zakat fitrah boleh dibaca dengan diniatkan untuk diri sendiri setiap anggota keluarga, atau langsung diwakilkan oleh kepala keluarga.

Jika Sahabat Dream hendak membayarkan zakat untuk diri sendiri dan seluruh anggota keluarga, maka berikut bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga yang perlu diketahui:

ﻧَﻮَﻳْﺖُﺃَﻥْﺃُﺧْﺮِﺝَﺯَﻛَﺎﺓَﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَنِّيْﻭَﻋَﻦْﺟَﻤِﻴْﻊِﻣَﺎﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْﺷَﺮْﻋًﺎﻓَﺮْﺿًﺎِﻟﻠﻪِﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami’i ma yalzimunii nafaqaatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala

Artinya:

"Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, fardu karena Allah Ta’ala."

Cara Membayar Zakat Fitrah

Ilustrasi

Setelah mengetahui bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga, Sahabat Dream juga perlu memahami tata cara pembayarannya. Sebab ada beberapa hal yang perlu dipahami termasuk jumlahnya, penyalurannya, hingga waktu pembayarannya. Berikut cara membayar zakat fitrah yang wajib kamu ketahui:

  1. Pengeluaran zakat fitrah disesuaikan dengan bahan makanan pokok yang ada di daerahnya. Misalnya di Indonesia, mayoritas makanan pokoknya adalah beras.
  2. Zakat fitrah yang wajib dikeluarkan adalah sebanyak 1 sha' kurma atau gandum. Bila dikonversikan ke dalam satuan kilogram senilai dengan 2,5 kg beras. Bila dikonversikan ke satuan liter senilai 3,5 liter.
  3. Takaran tidak boleh kurang, akan tetapi boleh dilebihkan.
  4. Waktu pembayaran zakat fitrah dikeluarkan sejak memasuki bulan Ramadhan dan paling lambat ketika menjelang sholat Idul Fitri. Apabila melewati batas waktu tersebut, maka zakat fitrahnya tidak sah, dan hanya dikategorikan sebagai sedekah biasa.
  5. Ketika pembayaran zakat fitrah harus disertai pembacaan niat zakat fitrah yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya.

Baca Doa Ini Saat Menerima Zakat Fitrah

Tak hanya mengetahui niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga, namun perlu juga diketahui bacaan doa ketika menerima zakat fitrah. Doa ini dipanjatkan sebagai harapan agar pahala dan berkah mengalir ke orang yang sudah memberi zakat fitrah.

ﺁﺟَﺮَﻙﺍﻟﻠﻪُﻓِﻴْﻤَﺎﺍَﻋْﻄَﻴْﺖَ،ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَﻓِﻴْﻤَﺎﺍَﺑْﻘَﻴْﺖَﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُﻟَﻚَﻃَﻬُﻮْﺭًﺍ

Artinya:

“Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang engkau berikan, dan semoga Allah memberikan berkah atas harta yang kau simpan dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu.”

Itulah bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga lengkap dalil, tata cara, serta doa bagi penerima zakat. Semoga dengan membayarkan zakat fitrah, harta yang kita miliki semakin berkah dan suci dari segala keburukan.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Doa Mengeluarkan Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Istri, Anak, dan Keluarga

Doa Mengeluarkan Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Istri, Anak, dan Keluarga

Terdapat banyak dalil yang menegaskan kewajiban membayar zakat fitrah beserta doanya dalam Al-Quran.

Baca Selengkapnya
Doa Niat Zakat Fitrah untuk Sekeluarga Arab, Latin, dan Arti

Doa Niat Zakat Fitrah untuk Sekeluarga Arab, Latin, dan Arti

Doa niat zakat fitrah untuk sekeluarga arab, latin dan arti penting diketahui setiap Muslim.

Baca Selengkapnya
Zakat Fitrah Boleh Diwakilkan tapi Ada Syaratnya, Apa Saja?

Zakat Fitrah Boleh Diwakilkan tapi Ada Syaratnya, Apa Saja?

Waktu terbaik untuk menyerahkan zakat fitrah adalah sebelum Hari Raya Idul Fitri atau saat malam takbiran.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
8 Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat, Siapa Saja Mereka?

8 Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat, Siapa Saja Mereka?

Mengeluarkan zakat menjadi bentuk kepedulian kita kepada saudara-saudara yang memang membutuhkan.

Baca Selengkapnya
Doa Zakat Fitrah Lengkap, Ditunaikan untuk Sucikan Harta dan Pembersih Jiwa

Doa Zakat Fitrah Lengkap, Ditunaikan untuk Sucikan Harta dan Pembersih Jiwa

Konsep zakat fitrah berbeda dengan sedekah. Seperti apa?

Baca Selengkapnya
Bolehkah Mendistribusikan Zakat Fitrah ke Daerah Lain? Begini Penjelasannya yang Penting Diperhatikan Umat Islam

Bolehkah Mendistribusikan Zakat Fitrah ke Daerah Lain? Begini Penjelasannya yang Penting Diperhatikan Umat Islam

Menurut jumhur ulama, zakat harus diberikan di tempat domisili atau tempat mencari nafkah.

Baca Selengkapnya
Kenapa Zakat Disandingkan dengan Sholat? Lengkap dengan Makna Berzakat Menurut Quraish Shihab

Kenapa Zakat Disandingkan dengan Sholat? Lengkap dengan Makna Berzakat Menurut Quraish Shihab

Berzakat akan mendidik manusia sebagai upaya untuk mengikis penyakit batin, yakni kebakhilan.

Baca Selengkapnya
Doa untuk Orang yang Membayar Zakat agar Ibadah Diterima dan Mendapat Pahala

Doa untuk Orang yang Membayar Zakat agar Ibadah Diterima dan Mendapat Pahala

Rasulullah saw selalu berdoa kepada orang yang datang ke rumah beliau dengan membawa zakat.

Baca Selengkapnya
Segini Besaran Zakat Fitrah dalam Bentuk Uang yang Ditetapkan BAZNAS untuk Idul Fitri 1445 H

Segini Besaran Zakat Fitrah dalam Bentuk Uang yang Ditetapkan BAZNAS untuk Idul Fitri 1445 H

Sudah Tahu Belum? Segini Besaran Zakat Fitrah yang Wajib Dibayar untuk Idul Fitri 1445H

Baca Selengkapnya