Niat Sholat Witir 3 Rakaat, Tata Cara, dan Doa setelah Sholat Witir yang Baik Jika Diamalkan

Your Story | Selasa, 8 Maret 2022 15:00

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Sholat witir biasanya dilaksanakan setelah sholat tahajud atau pun setelah sholat tarawih di bulan Ramadan.

Dream – Selain sholat wajib, Islam juga menganjurkan umatnya untuk mengerjakan sholat sunah. Salah satu sholat sunah yang dianjurkan tersebut adalah sholat witir yang dikerjakan setelah sholat malam, setelah sholat tahajud, atau pun setelah sholat tarawih pada bulan Ramadan.

Biasanya sholat witir sebanyak tiga rakaat dilakukan oleh umat Islam secara berjamaah setelah menyelesaikan sholat tarawih di masjid. Di mana hal tersebut akan semakin menyempurnakan sholat tarawih yang menjadi sholat sunah di bulan Ramadan dengan beragam keutamaannya.

Jumlah rakaat sholat witir sendiri tidak hanya tiga rakaat, tetapi bisa dengan jumlah lainnya asalkan ganjil. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah dalil oleh ulama madzhab Syafi’i berikut ini:

أَوْتِرُوْايَاأَهْلَالْقُرْآنِ،فَإِنَّاَللّٰهَوِتْرٌيُحِبُّاَلْوِتْرَ

Artinya: Berwitirlah kalian semua, wahai ahli Al-Quran, karena sesungguhnya Allah itu ganjil, dan menyukai hal-hal yang ganjil.” (HR. Khuzaimah).

Satu hal yang jangan sampai dilupakan oleh sahabat Dream ketika hendak menjalankan sholat witir sebanyak tiga rakaat adalah membaca niat sholat witir 3 rakaat. Niat ini sangatlah penting yang akan menentukan sah atau tidaknya sholat yang kamu lakukan.

Berikut adalah bacaan niat sholat witir 3 rakaat, tata cara sholatnya, dan doa yang sebaiknya dibaca setelah sholat witir sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui merdeka.com dan nu.or.id.

Niat Sholat Witir 3 Rakaat, Tata Cara, dan Doa setelah Sholat Witir yang Baik Jika Diamalkan
Niat Sholat Witir 3 Rakaat (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Niat Sholat Witir 3 Rakaat

 Niat Sholat Witir 3 Rakaat© Shutterstock.com

Seperti halnya ketika mengerjakan sholat wajib atau pun sholat sunah lainnya, maka haruslah didahului dengan membaca niat. Begitu pun ketika sahabat Dream hendak menjalankan sholat sunah witir sebanyak tiga rakaat, maka harus membaca niat sholat witir 3 rakaat. Berikut adalah bacaan niat sholat witir 3 rakaat yang wajib kamu ketahui:

اُصَلِّىسُنَّةَالْوِتْرِثَلَاثَرَكْعَاتٍمُسْتَقْبِلَالْقِبْلَةِأَدَاءًلِلهِتَعَالَى

Ushalli sunnatal witri tsalaasa roka'aatain mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala.

Artinya: Aku niat shalat witir tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

3 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Witir

Setelah mengetahui bacaan niat sholat witir 3 rakaat, berikutnya sahabat Dream juga harus mengetahui tata cara melaksanakan sholat witir yang baik dan benar. Berikut adalah tata caranya yang bisa kamu praktikkan:

 

1. Takbiratul ihram

2. Membaca surat Al-Fatihah

3. Membaca surat pendek di dalam Al-Quran

4. Rukuk

5. I’tidal

6. Sujud

7. Takhiyatul akhir

8. Salam.

 

Seperti dikutip dari nu.or.id, sholat witir yang lebih dari satu rakaat bisa dikerjakan dengan dua cara sebagai berikut:

 

Boleh Disambung

Cara ini disebut dengan washal, yakni dengan menggabungkan rakaat yang terakhir dengan rakaat yang sebelumnya. Misalnya saja ketika mengerjakan sholat witir sebelas rakaat satu kali takbiratul ihram dan satu salam.

Dilakukan Terpisah

Cara yang kedua disebut dengan fashal atau dilakukan secara terpisah, yakni memisah rakaat yang sebelumnya dengan rakaat yang sesudahnya. Misalnya ketika mengerjakan sholat witir sebanyak 10 rakaat dengan satu salam, kemudian ditambah dengan satu rakaat dan satu salam, atau mengerjakan sholat witir dengan satu salam di setiap dua rakaatnya.

4 dari 4 halaman

Doa setelah Sholat Witir

 Doa setelah Sholat Witir© Shutterstock.com

Sholat witir yang sahabat Dream kerjakan akan semakin sempurna jika di akhir ditutup dengan doa. Berikut adalah bacaan doa setelah sholat witir yang bisa kamu amalkan:

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًاقَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا، وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ. اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahumma innaa nas'aluka iimaanan daaimaan, wan'asaluka qalban khaasyi'an, wanas'aluka 'ilman naafi'an, wanas'aluka yaqiinan shaadiqon, wanas'aluka 'amalan shaalihan, wanas'aluka diinan qayyiman,

Wanas'aluka khairan katsiran, wanas'alukal 'afwa wal'aafiyata, wanas'aluka tamaamal 'aafiyati, wanas'alukasyukra 'alal 'aafiyati, anas'alukal ghinaa'a 'aninnaasi.

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu'anaa watadhorru'anaa wata'abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin.

Washallallaahu 'alaa khairi khalqihi muhammadin wa'alaa aalihi washahbihi ajma'iina, walhamdu lillaahi rabbil 'aalamiina."

Artinya:

Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus,

kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.

Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami,

Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.

Join Dream.co.id