Niat Puasa Tarwiyah Saat Matahari Sudah Muncul

Your Story | Rabu, 29 Juli 2020 06:01
Niat Puasa Tarwiyah Saat Matahari Sudah Muncul

Reporter : Ahmad Baiquni

Puasa Tarwiyah merupakan amalah sunah jelang Idul Adha.

Dream - Hari ini umat Islam menjalankan ibadah puasa tarwiyah yang turin dijalankan setiap tanggal 8 Zulhijah 1441 H. Dua hari ke depan, muslim seluruh Indonesia akan merayakan Idul Adha.

Puasa Tarwiyah merupakan salah satu amalan yang disunahkan sebelum Idul Adha. Usai menunaikan puasa Tarwiyah setiap tanggal 8 Zulhijah, dilanjutkan dengan puasa Arafah keesokan harinya.

Puasa Tarwiyah hukumnya adalah sunah. Puasa ini dijalankan untuk mengiringi puasa Arafah.

Karena puasa sunah, terdapat perbedaan dalam hal niat. Jika puasa wajib niatnya harus dilakukan malam hari sebelumnya, puasa sunah bisa malam sebelumnya atau ketika matahari sudah muncul.

Jika malam sebelumnya, maka niat puasa Tarwiyah adalah sebagai berikut.

Niat Puasa Tarwiyah Malam© Dream.co.id

Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnati yaumit tarwiyah lillahi ta'ala.

Artinya,

" Saya berniat menjalankan puasa sunah Tawiyah esok hari karena Allah Ta'ala."

2 dari 6 halaman

Niat Jika Sudah Siang

Jika malam sebelumnya belum sempat niat tapi ingin menjalankan puasa Tarwiyah, maka amalan ini bisa dikerjakan. Tetapi, lafal niatnya menjadi berbeda.

Niat Puasa Tarwiyah Siang© Dream.co.id

Nawaitu shauma hadzal yaumi 'an ada'i sunnati yaumit tarwiyah lillahi ta'ala.

Artinya,

" Saya berniat puasa sunah Tarwiyah hari ini karena Allah Ta'ala."

Jadi, meskipun belum berniat pada malam sebelumnya, puasa kita tetap sah.

3 dari 6 halaman

Bacaan Niat, Waktu, dan Keutamaan Puasa Arafah Jelang Idul Adha 2020

Dream- Puasa sunnah menjelang hari raya Idul Adha tidak hanya puasa Zulhijjah saja, ada pula puasa Tarwiyah dan puasa Arafah. Ketiganya memiliki waktu yang berbeda-beda namun dilaksanakan di bulan Zulhijjah.

Melansir dari laman Nu Online, Zulhijjah diyakini sebagai salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, salah satunya dengan adanya kewajiban haji bagi yang mampu menunaikannya. Bagi yang tidak mampu dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah seperti sedekah, sholat dan puasa.

Di tahun ini, pemerintah Indonesia telah membatalkan keberangkatan haji 2020 karena pandemi virus corona covid-19 yang masih berlangsung di Arab Saudi. Kondisi ini memperkuat alasan muslim Indonesia untuk melakukan puasa Arafah sebelum Idul Adha 2020/1441 H.

Puasa Arafah dilakukan bagi orang yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji. Tidak haji artinya mereka tidak melakukan wukuf di Padang Arafah.

Puasa Arafah merupakan puasa hari ke-9 dari bulan pada bulan Zulhijjah atau sehari menjelang Hari Raya Idul Adha. Tahun ini, menurut maklumat Pemimpin Pusat (PP) Muhammadiyah dengan nomor edaran 06/Edr/I.0/E/2020, puasa Arafah 1441 H jatuh pada hari Kamis, 30 Juli 2020.

4 dari 6 halaman

Keutamaan Puasa Arafah

Puasa Arafah memiliki keutamaan yang mulia yakni bisa menghapus doa setahun yang lalu dan dosa satu tahun yang akan datang. Hal tersebut tertuang dalam hadits yang diriwayatkan Abu Qatdah rahimatullah, Rasullullah bersabda yang berarti:

" Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas." (HR Muslim)

Bagi Sahabat Dream yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji atau tidak melakukan wukuf di Padang Arafah disunahkan untuk berpuasa Arafah.

puasa arafah© Ilustrasi foto : shutterstock

5 dari 6 halaman

Puasa Arafah Berapa Hari?

Menurut hadis oleh Hunaidah ibn Khalid yang berbunyi,

" Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari Asyura (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, awal bulan di hari Senin dan Kamis" (HR Abu Daud).

Meskipun banyak perbedaan mengenai kuat dan lemahnya hadist tersebut, namun Nabi Muhammad SAW selalu berpuasa Arafah di tanggal 9 Dzulhijjah atau satu hari  bertepatan dengan tanggal 30 Juli 2020.

6 dari 6 halaman

Niat Puasa Arafah

Sebelum memulai melaksanakan ibadah puasa Arafah, disarankan untuk selalu membaca niat puasa Arafah pada malam hari atau sebelum matahari terbit dan sebelum puasa Arafah dilaksanakan. Hal ini dilakukan agar ibadah yang sudah dijalankan diterima oleh Allah SWT.

Berikut niat puasa Arafah.

Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta’ala.

puasa arafah© Ilustrasi foto : pixabay.com

Join Dream.co.id