Niat Mandi Puasa Ramadan Beserta Artinya, Lengkap dengan Tata Caranya

Your Story | Selasa, 18 Mei 2021 07:20

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Umat Islam memiliki kebiasaan melakukan mandi puasa Ramadan sebelum menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Bagaimana bacaan niatnya dan tata caranya?

Dream – Memasuki bulan Ramadan tentunya akan disambut dengan penuh rasa syukur dan suka cita bagi seluruh umat Islam. Bersyukur karena tahun ini masih diberi kesempatan untuk turut serta menjalankan ibadah puasa dan mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya.

Karena di bulan inilah, momen yang paling tepat bagi umat Islam untuk beramal dengan maksimal dan Allah SWT akan melipatgandakannya.

Bisa dilihat saat penyambutan bulan suci Ramadan, umat Islam melakukannya dengan penuh semangat dan saling bermaaf-maafan sebelum menjalankan ibadah puasa. Dengan begitu diharapkan ibadah yang akan dilaksanakan bisa lebih tenang dan lancar.

Tidak hanya sebatas saling bermaafan saja, umat Islam juga memiliki kebiasaan sebelum menjalankan ibadah puasa adalah mandi bulan Ramadan untuk membersihkan diri dari hadas.

Namun, untuk melakukan mandi bulan Ramadan, maka kamu juga harus tahu bacaan niatnya. Sehingga nantinya aktivitas ini bisa berjalan secara sah karena sudah sesuai dengan syariat Islam.

Berikut adalah niat mandi puasa Ramadan dan informasi lainnya yang pastinya akan sangat kamu perlukan dalam menjalani ibadah di bulan suci ini sebagaimana dihimpun melalui Merdeka.com.

Niat Mandi Puasa Ramadan Beserta Artinya, Lengkap dengan Tata Caranya
Mandi Puasa Ramadan (Foto Ilustrasi: Pixabay.com)
2 dari 9 halaman

Niat Mandi Puasa Ramadan

 Menjalan Mandi Puasa Ramadan
© Foto. pixabay

Mandi puasa Ramadan sudah menjadi bagian dari tradisi umat Islam menjelang puasa. Meskipun tidak diwajibkan, namun rutinitas tahunan ini sudah sangat melekat di dalam diri masyarakat. Bahkan di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa memiliki sebutan tersendiri, yakni padusan.

Pada intinya, kebiasaan mandi puasa Ramadan bertujuan untuk membersihkan diri sebelum berpuasa serta menjadi amalan yang sangat baik. Berikut adalah niat mansi puasa Ramadan yang penting untuk kamu ketahui.

Nawaitu guslal liidhukulissyiami romdhoona hadihisanati sunatalillahi ta’allla.

Artinya: Aku berniat mandi sunat bulan Ramadan karena Allah Ta’ala.

3 dari 9 halaman

Tata Cara Mandi Puasa Ramadan

Setelah kamu mengetahui bacaan niat puasa Ramadan, kemudian dilanjutkan dengan mandi puasa Ramadan yang juga tidak kalah penting untuk kamu ketahui tata caranya. Berikut adalah tata cara mandi puasa Ramadan yang benar:

  1. Membaca niat mandi puasa Ramadan sesuai dengan penjelasan sebelumnya.
  2. Membasuhkan air ke seluruh tubuh.
  3. Lalu kamu bisa mandi dengan membersihkan tubuh seperti biasanya, yakni menggunakan sabun dan membilasnya sampai benar-benar bersih.

Akan lebih baik jika mandi puasa Ramadan kamu lakukan saat sore hari. Dengan begitu, malam harinya kamu bisa menjalankan ibadah salat tarawih dan paginya menjalankan puasa.

4 dari 9 halaman

Niat Melaksanakan Sholat Tarawih

 Ilustrasi Salat Tarawih
© Foto. freepik

Jika kamu sudah mengetahui bacaan niat mandi puasa Ramadan serta tata caranya yang benar, maka selanjutnya kamu akan bersiap untuk sholat tarawih di malam hari. Sebelum menjalankannya, ada baiknya jika kamu dahului dengan niat yang bacaannya adalah sebagai berikut:

Niat Sholat Tarawih sebagai Makmum

Usholli sunnatat-taraawiihi rok’ataini mustaqbilal qiblati ma’muuman lillahi ta’alaa.

Artinya: Saya niat sholat sunah tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta’ala.

Niat Sholat Tarawih sebagai Imam

Ushollii sunnatat-taraawiihi rok’ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillaahi ta’alaa.

Artinya: Aku menyengaja sembahyang sunah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT.

Niat Sholat Tarawih yang Dilakukan Sendiri

Ushollii sunnatat-taraawiihi rok’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alaa.

Artinya: Saya niat sholat sunah tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala,

Niat sholat Witir 3 Rakaat

Ushollii sunnatal witri tsalaatsa raka’aatin mustaqbilal qiblati adaa’an ma’muuman lillaahi ta’ala.

Artinya: Saya niat sholat witir tiga rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta’ala.

5 dari 9 halaman

Tata Cara Menjalankan Salat Tarawih

Sholat tarawih adalah ibadah sunah yang dijalankan hanya setiap bulan Ramadan. Namun ibadah ini memiliki keutamaan bagi yang menjalankannya.

Dengan rajin menjalankan shoat tarawih dan dibarengi dengan ibadah lainnya di bulan Ramadan, hal ini mampu untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dan mendapatkan pahala dari-Nya.

Berikut adalah tata cara menjalankan sholat tarawih yang penting untuk kamu ketahui:

  1. Membaca niat sholat tarawih.
  2. Membaca takbir saat takbiratul ihram.
  3. Membawa ta’awudz dan surat Al-Fatihah. Kemudian dilanjutkan dengan bacaan surat pendek yang ada di dalam Al’Quran.
  4. Sujud pertama.
  5. Duduk di antara dua sujud.
  6. Sujud kedua.
  7. Duduk sejenak sebelum berdiri kembali untuk menjalankan rakaat yang kedua.
  8. Berdiri dari duduk, kemudian menjalankan rakaat yang kedua dengan melakukan gerakan yang sama seperti rakaat pertama.
  9. Salah di rakaat kedua.
  10. Membaca istighfar dan disarankan untuk membaca doa kamilin setelah menyelesaikan sholat tarawih.
6 dari 9 halaman

Niat Menjalankan Ibadah Puasa

 Ilustrasi Buka Puasa
© Foto. freepik

Setelah sholat tarawih sudah dijalankan pada malam harinya, maka keesokan hari kamu akan menjalankan ibadah puasa.

Berikut adalah bacaan niat berpuasa Ramadan serta bacaan doa lainnya yang harus kamu ketahui.

Niat Puasa Ramadan

Nawaitu shauma ghodin’an adaa’i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta’ala.

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan ramadan tahun ini, karena Allah Ta’ala.

Doa Buka Puasa

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya: Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengn rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

Doa Buka Puasa Lainnya

Dzahabadh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.

Artinya:

" Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah."

 

 

 

 

 

 

7 dari 9 halaman

Keutamaan Puasa Ramadan

 Ilustrasi Berdoa
© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Bulan Pengampunan Dosa

Keutamaan bulan Ramadan yang pertama adalah sebagai bulan pengampunan dosa. Bulan Ramadan adalah waktu terbaik untuk mengambil kesempatan bertaubat.

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya:

" Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadan ke Ramadan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi." (HR. Muslim)

Dengan berpuasa pada bulan Ramadan ini, maka bisa menghapus dosa-dosa yang telah kamu lakukan. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang artinya:

" Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, salat tarawih yang dikerjakan pada setiap malam di bulan Ramadan juga dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Sebagaimana hadis Nabi SAW yang artinya:

Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan sholat malam pada bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)

Pahala yang Berlipat Ganda

Keutamaan bulan Ramadan berikutnya adalah pahala yang berlipat ganda untuk setiap ibadah yang kamu laksanakan. Amalan-amalan pada bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya:

" Pahala umrah pada bulan Ramadan menyamai pahala ibadah haji." (HR. Bukhari dan Muslim).

Sedangkan keutamaan bulan Ramadan dalam riwayat yang lain juga disebutkan, pahala umrah pada bulan Ramadan menyamai pahala ibadah haji bersamaku (Nabi Muhammad SAW).

Dalam riwayat lain juga disebutkan, Ibnu Rajab rahimahullah berkata, Abu Bakr bin Abi Maryam mengatakan bahwa banyak guru-gurunya yang berkata,

" Apabila telah tiba bulan Ramadan, maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq di bulan Ramadan dilipatgandakan bagaikan infaq di jalan Allah SWT, dan tasbih di bulan Ramadan lebih utama daripada tasbih di bulan yang lain."

8 dari 9 halaman

Bulan yang Penuh Berkah

Bulan Ramadan sering juga disebut dengan bulan yang penuh berkah, atau syahrun mubarak. Hal ini berdasarkan pada dalil hadits Nabi Muhammad SAW yang memiliki arti,

" Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian.." (HR. Agmad, An-NasaI dan Al-Baihaqi).

Dan juga bahwa setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramadan ini, maka Allah SWT akan melipatgandakan pahalanya. Selain itu di dalam bulan yang penuh dengan kemuliaan dan keberkahan ini, maka tidak hanya keberkahan di dalam menuai pahala, melainkan banyak keberkahan lainnya.

Keutamaan bulan Ramadan juga ditinjau dari aspek ekonomi, di mana Ramadan memberi keberkahan ekonomi bagi para pedagang dan lainnya. Sedangkan bagi fakir miskin, Ramadan membawa keberkahan tersendiri. Pada bulan Ramadan ini, seorang muslim digalakkan dan disunnahkan untuk berinfaq dan bersedekah kepada mereka ini. Bahkan, diwajibkan untuk membayar zakat fitrah untuk fakir miskin.

Bulan Diturunkannya Al-Qur'an

Keutamaan bulan Ramadan salah satunya adalah bulan Al-Qur'an atau syahrul Quran. Diturunkannya Al-Qur'an pada bulan Ramadan ini menjadi bukti nyata kemuliaan bulan Ramadan.

Allah SWT berfirman yang artinya,

" Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)" . (QS. Al-Baqarah: 185).

9 dari 9 halaman

Bulan Terkabulnya Doa

Keutamaan bulan Ramadan selanjutnya adalah doa yang dipanjatkan pada saat bulan Ramadan lebih mustajabah. Hal ini sesuai hadis Rasulullah SAW yang artinya:

" Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan." (HR. al-Bazaar, dari Jabir bin Abdillah. Al-Haitsami dalam Majma Az Zawaid mengatakan bahwa perawi hadis ini tsiqah (terpercaya).

Selain itu juga dipertegas dalam hadis lain. Rasulullah SAW, bersabda yang artinya:

" Tiga orang yang doanya tidak ditolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang terdzolimi." (HR. at Tirmidzi).

Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Keutamaan bulan Ramadan lainnya adalah bahwa pintu-pintu surga terbuka dan pintu-pintu neraka tertutup serta setan-setan diikat. Dengan demikian, Allah SWT telah memberi kesempatan kepada hamba-Nya untuk masuk surga dengan ibadah dan amal shalih yang telah diperbuat pada bulan Ramadan.

Setan Dibelenggu

Keutamaan bulan Ramadhan yang lainnya adalah keberadaan setan yang dibelenggu. Sehingga ibadah umat muslim selama bulan Ramadan dapat berjalan dengan lancar. Setan tidak dapat menyesatkan umat muslim selama bulan Ramadhan.

Imam Ahmad yang meriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

" Umatku diberikan lima perkara di bulan Ramadan yang belum pernah diberikan kepada umat sebelumnya: mulut orang yang puasa lebih wangi di sisi Allah SWT dari pada minyak kesturi, malaikat memintakan ampunan untuk mereka hingga berbuka, setiap hari Allah SWT menghiasi surga-Nya dan berfirman: sudah dekat hamba-hamba-Ku yang shaleh meninggalkan beban dan berpulang kepada-Ku, setan-setan dibelenggu maka mereka tidak bisa mencapai apa yang bisa mereka capai di bulan yang lain, dan Allah SWT mengampuni mereka di akhir malam.

Ada yang bertanya: ya Rasulullah, apakah itu di saat lailatul qadar? Beliau menjawab: tidak, akan tetapi orang yang beramal hanya disempurnakan pahalanya apabila menyelesaikan amalnya" .

Join Dream.co.id