Dikira Minta Sumbangan, Nenek Ini Serahkan Uang Pensiun Buat Korban Corona

Your Story | Rabu, 3 Juni 2020 08:00
Dikira Minta Sumbangan, Nenek Ini Serahkan Uang Pensiun Buat Korban Corona

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Seorang wanita berusia 70 tahun memberikan sumbangan lebih dari apa yang pernah disumbangkan miliader manapun.

Dream - Pandemi virus corona yang masih melanda nyaris seluruh negara di dunia membawa masa-masa sulit bagi sebagian orang. Ribuan orang kehilangan pekerjaan dan beberapa diantaranya harus hidup kelaparan karena tak ada pemasukan. Di saat seperti inilah kepedulian seseorang terhadap sesamanya diuji.

Banyak orang dan organisasi di seluruh dunia telah berupaya menyumbang dan berkontribusi pada warga yang terimbas langsung dampak virus corona. Orang-orang ini memberikan makanan serta tempat penampungan.

Para miliader dunia pun juga tak lupa menyumbangkan jutaan dolar untuk memerangi pandemi virus Corona salah satunya Jack Dorsey, pendiri dan CEO Twitter. Ia menyumbangkan US$1 miliar (Rp14 triliun) ke berbagai institusi penggalangan dana Covid-19.

Bagi seorang miliader macam Jack Dorsey dan lainnya, mungkin US$1 miliar tak terlalu berarti. Uang sebanyak itu takkan menggerus kekayaan mereka dan status sebagai miliarder terkaya dunia.

Namun tidak untuk mereka yang harus hidup serba pas-pasan. Memberikan sumbangan dari penghasilan untuk makan adalah pilihan yang sulit. Tapi tidak buat seorang wanita Lansia berusia 70 tahun di India. Meski secara nominal tak seberapa, nilai sumbangannya mereka mungkin lebih besar dari apa yang pernah disumbangkan miliader manapun.

 

2 dari 3 halaman

Dikira Mau Minta Sumbangan

Wanita lansia tersebut nyaris menyumbangkan seluruh uang pensiun bulannya ke organisasi amal yang mendistribusikan makanan kepada orang miskin dan orang-orang yang terkena imbas virus corona.

Cerita ini pertama kali viral melalui unggah di Facebook yang menceritakan tentang bagaimana Kamalamma, seorang miskin yang sebetulnya kekurangan penghasilan untuk diri sendiri, telah menyentuh hati para netizen.

Diceritakan, pada 12 Mei 2020 lalu, anggota organisasi Rotary Heritage of Mysuru, Idia tengah sibuk mempersiapkan Annadana yaitu kegiatan memberikan makanan, uang dan kebutuhan lainnya. Idia tiba-tiba didatangi seorang wanita tua yang nampak membutuhkan bantuan dari mereka. Wanita itu kemudian diketahui bernama Kamalamma.

Orang-orang di Rotary Heritage of Mysuru mengira ia meminta makanan dan paket. Namun betapa terkejutnya anggita organisasi itu saat si wanita Lansia tersebut menolak halus pemberian mereka. 

3 dari 3 halaman

Terkejut dan Malu

Perlahan-lahan ia mengumpulkan keberanian dan mengeluarkan sejumlah uang yang disimpan di balik pakaiannya. Uang itu diserahkan kepada organisasi yang didatanginya tersebut. 

" Saya telah memperhatikan kalian yang telah memberikan pasokan makanan dilingkungan tempat tinggal saya selama lebih dari 30 hari, jadi saya merasa harus membantu dengan memberikan Anda Rs500 (Rp96 ribu) dari uang pensiunan saya yang hanya Rs600 (Rp115 ribu). Memang ini jumlah yang kecil, tapi tolong diterima," ucap Kamalamma.

Tindakan yang dibuat wanita itu membuat orang-orang di Rotary Heritage of Mysuru terkejut sekaligus mereka. Orang yang semula dikira ingin meminta makanan dan paket ke Kamalamma malah bermaksud memberikan sumbangan.

Anggota organisasi itu terkejut bagaimana sikap dermawan Kamalamma di tengah pandemi dan masa sulit seperti saat ini.

" Terlepas dari beberapa banyak yang ia berikan, ia bersikeras agar kami menerimanya. Kami sangat menghormati sikap dermawannya," kata perwakilan organisasi Heritage of Mysuru.

Bersamaan dengan kejadian ini, kemudian muncul ilustrasi gambar dimana Kamallama berada di ujung tertinggi diantara miliader dunia.

(Sah, Sumber: worldofbuzz.com)

Join Dream.co.id