Menggaruk Saat Sholat, Ini Batasannya Agar Tak Batal

Your Story | Rabu, 1 Mei 2019 18:01
Menggaruk Saat Sholat, Ini Batasannya Agar Tak Batal

Reporter : Ahmad Baiquni

Banyak bergerak dapat membatalkan sholat.

Dream - Sholat mensyaratkan kekusyukan dan ketenangan. Banyak bergerak dapat membuat sholat menjadi batal.

Sebisa mungkin, seseorang berusaha untuk tidak banyak bergerak. Bahkan jika bisa hanya melakukan gerakan sesuai rakaat, tanpa ada yang lainnya.

Tetapi, dapat dipahami ada kondisi tertentu yang membuat seseorang terpaksa melakukan gerakan di luar sholat. Contoh paling sering adalah menggaruk bagian tubuh yang terasa gatal.

Gerakan menggaruk dalam boleh dilakukan. Namun begitu, perlu diperhatikan ketentuannya agar tidak membatalkan sholat.

Dikutip dari NU Online, para ulama Mazhab Syafi'i memberikan batasan gerakan tidak membatalkan sholat jika dilakukan kurang dari tiga kali. Lebih dari itu, gerakan dianggap membatalkan sholat.

Berbeda kondisinya jika ada tiga gerakan dilakukan secara terpisah dan terpaut jeda cukup lama. Jika gerakan pertama terpaut jeda begitu lama dengan gerakan ke dua, maka gerakan pertama tidak dihitung.

Imam An Nawawi dalam kitab Raudhah At Thalibin wa 'Umdah Al Muftin dengan mengutip pendapat Imam Al Baghawi menjelaskan demikian.

" Batasan suatu gerakan dianggap terpisah adalah saat gerakan kedua dianggap terputus dari gerakan pertama. Imam Al Baghawi berkata dalam kitab At Tahdzib, 'Menurutku (dua gerakan dianggap terputus itu) sekiranya di antara kedua gerakan berjarak sekitar satu rakaat'."

 

2 dari 3 halaman
Terkait
Steve Emmanuel Divonis 9 Tahun Penjara
Join Dream.co.id