Masya Allah, Ayat Alquran Terpatri di Dinding Kampus Harvard

Your Story | Kamis, 20 Februari 2020 12:32
Masya Allah, Ayat Alquran Terpatri di Dinding Kampus Harvard

Reporter : Ahmad Baiquni

Harvard memajang petikan ayat 135 Surat An Nisa sebagai motivasi untuk mewujudkan keadilan.

Dream - Di dunia akademik, nama Harvard University tak bisa dianggap enteng. Kampus ini menempati posisi teratas dari daftar universitas terbaik dunia.

Memajang kutipan luhur di dinding kampus merupakan salah satu bagian dari tradisi akademik di Universitas Harvard. Kutipan-kutipan itu diambil dari banyak sekali tokoh dunia maupun manuskrip kuno.

Menariknya, Alquran yang merupakan Kitab Suci Umat Islam juga menjadi salah satu sumber kutipan itu. Seperti petikan Surat An Nisa ayat 135.

Dikutip dari Stepfeed, ayat itu terpatri abadi di dinding menghadap pintu masuk perpustakaan Sekolah Hukum Harvard (Harvard Law School).

Bukan tanpa alasan, ayat itu dipilih untuk mengingatkan para sivitas akademika dan insan pegiat hukum tentang makna keadilan yang diajarkan dalam Islam.

Ayat itu juga dianggap sebagai ungkapan keadilan terbesar sepanjang sejarah umat manusia. Ayat itu mendorong manusia untuk menegakkan keadilan bahkan pada diri sendiri.

 

2 dari 6 halaman

Surat An Nisa Ayat 135

Berikut petikan ayat yang tercantum di dinding perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Harvard.

 Kutipan Harvard© Stepfeed

" O ye who believe! Stand out firmly for justice, as witnesses to Allah, even as against yourselves, or your parents, or your kin, and whether it be (against) rich or poor: for Allah can best protect both."

Dalam Alquran, demikian bunyi ayat tersebut.

 Surat An Nisa© Dream.co.id

Ya ayyuhal ladzina amanu kulu qowwamina bil qisthi syuhadaa lillahi wa lau 'ala anfusikum awil walidaini wal aqrabin, iyyakun ghoniyyan au faqiran fallahu aula bihima...

Sedangkan jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, maknanya menjadi berikut.

" Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah, walaupun terhadap dirimu sendiri atau terhadap ibu bapak dan kaum kerabatmu. Jika dia (yang terdakwa) kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatan (kebaikannya)..."

 

3 dari 6 halaman

Makna Surat An Nisa

Surat An Nisa berisi ayat-ayat yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan. Secara umum Islam dikenal sebagai agama yang memperjuangkan hak kaum perempuan sejak pertama kali diturunkan ke dunia.

Islam merupakan agama pertama yang melarang pembunuhan bayi perempuan, mendorong kaum hawa untuk bekerja, serta memberikan perlakukan setara kepada perempuan dalam pernikahan. Selain itu, Islam juga merupakan agama pertama yang memberikan hak waris kepada kaum wanita.

Berdiri pada 1817, Harvard Law School merupakan institusi pendidikan tinggi hukum tertua yang beroperasi di Amerika Serikat. Juga sebagai pemilik perpustakaan hukum terbesar di dunia.

" Kutipan di dinding ini menegaskan kekuatan dan mengikatnya gagasan tentang keadilan," demikian keterangan yang tertulis di laman resmi Harvard Law School.

4 dari 6 halaman

Dua Surat Pendek yang Dianjurkan Dibaca Usai Doa Selesai Makan

Dream - Tidak bisa kita sanggah, makan adalah salah satu kebutuhan utama semua makhluk. Dengan makanan, kita mendapatkan energi sehingga bisa melanjutkan aktivitas.

Makanan juga sebagian dari rezeki yang diberikan Allah Subhanahu Wa Ta'ala kepada hamba-hamba-Nya. Juga sebagai wujud kasih sayang Allah.

Karena makanan memberikan dampak pada tubuh pemakannya, maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi bahan yang baik. Bagi umat Islam sangat dianjurkan makan makanan halalan thoyyiban, yaitu bahan pangan halal lagi baik.

Ini agar makanan memberikan manfaat terbaiknya pada seorang Muslim. Menjadikannya sehat selalu dan selalu bersemangat beribadah.

Usai makan, dianjurkan untuk berdoa sebagai perwujudan rasa syukur dan terima kasih kepada Allah. Ada banyak jenis doa yang bisa dibaca usai makan.

Selain itu, kita juga dianjurkan untuk membaca dua surat dalam Alquran. Dua surat tersebut yaitu Al Ikhlas dan Quraisy, seperti disebutkan Imam Al Ghazali dalam kitabnya Ihya' Ulumiddin.

 

5 dari 6 halaman

Surat Al Ikhlas

 Surat Al Ikhlas© Dream.co.id

Qul huwallahu ahad, Allahush shomad, lam yalid wa lam yulad, wa lam yakul lahu kufuwan ahad.

Artinya,

" Katakanlah: 'Dialah Allah, Yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu, tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia."

 

6 dari 6 halaman

Surat Quraisy

 Surat Quraisy© Dream.co.id

Li ila fiquraisy, ila fi him rikhlatasysyitai wash shoif, walya'budu rabba hadzal bait, alladzi ath'amahum min ju'i, wa amanahum min khouf.

Artinya,

" Karena kebiasaan orang-orang Quraisy, (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas, maka hendaklah mereka menyembah Tuhan (pemilik) rumah ini (Kabah), yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa takut."

Sumber: Bincang Syariah

Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya
Join Dream.co.id