Masjid Ditutup Tapi Pasar Dibuka Saat Lockdown? Ini Penjelasannya

Your Story | Selasa, 14 April 2020 09:00
Masjid Ditutup Tapi Pasar Dibuka Saat Lockdown? Ini Penjelasannya

Reporter : Ahmad Baiquni

Membandingkan masjid dengan pasar sangat tidak tepat.

Dream - Kementerian Kesehatan menyetujui diberlakukannya Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di beberapa daerah. Dimulai dari DKI Jakarta, menyusul Bogor, Depok, Bekasi, dan sebentar lagi Tangerang Raya serta Bandung Raya.

PSBB memiliki beberapa kesamaan dengan lockdown, yaitu meminta masyarakat untuk tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona. Selain itu, sejumlah tempat yang berpotensi mengundang kerumunan ditutup, seperti masjid, sekolah, dan lain sebagainya.

Mungkin kita pernah mendapat pesan lewat media sosial ataupun aplikasi percakapan terkait dengan lockdown. Isinya berupa sindiran lantaran adanya imbauan dari pemerintah untuk menutup masjid dan sholat cukup dijalankan di rumah.

Berikut bunyi pesannya.

" Keluar rumah berani. Ke pasar berani. Ke ruang publik berani. Giliran ke masjid takut corona?"

Lantas, apakah pesan ini bisa dibenarkan dalam pandangan syariat?

2 dari 6 halaman

Masjid Tak Bisa Disamakan dengan Pasar atau Mall

Dikutip dari Konsultasi Syariah, pesan seperti di atas menggunakan analogi yang tidak tepat. Membandingkan masjid dengan pasar atau mal sama saja merendahkan kemuliaannya.

Masjid adalah tempat yang dicintai Allah. Sebaliknya, pasar adalah tempat yang dibenci Allah karena di dalamnya bisa terjadi berbagai bentuk keburukan.

Hal ini berdasarkan hadis Rasulullah Muhammad SAW yang diriwayatkan Imam Muslim.

Tempat yang paling dicintai Allah adalah masjid-masjid. Adapun tempat yang paling dibenci oleh Allah adalah pasar-pasar.

3 dari 6 halaman

Bahaya Jika Pasar Ditutup

Kemudian, masjid bisa diganti sementara pasar tidak. Kita bisa melaksanakan sholat tidak hanya di masjid namun juga di rumah.

Sehingga, ketika masjid ditutup, bukan berarti kita tidak bisa sholat. Ibadah tetap bisa kita kerjakan di rumah sebagai ganti masjid.

Hal ini seperti pesan Rasulullah SAW dalam hadisnya yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Seluruh bumi telah dijadikan tempat sujud (masjid) untukKu, dan sarana bersuci.

Sementara pasar atau mal, keberadaannya tidak bisa digantikan. Kita butuh bahan pokok atau pakaian, hanya bisa dipenuhi dengan datang ke pasar.

Bahan pokok, obat-obatan, kebutuhan sehari-hari tidak bisa kita dapatkan di rumah, hutan, bukit, sawah, dan lain sebagainya. Kebutuhan akan hal-hal tersebut hanya bisa kita dapat di pasar atau mall.

Jika sampai pasar dan mall tutup, dampaknya bisa fatal seperti kelaparan hingga kematian. Sementara mempertahankan hidup adalah kewajiban setiap manusia.

 

4 dari 6 halaman

Physical Distancing Sulit Diterapkan di Masjid

Selain itu, masjid adalah tempat yang dapat mengundang orang berkumpul secara rutin. Dalam sehari, minimal kita lima kali datang ke masjid untuk sholat jemaah.

Sedangkan ke pasar tidak setiap hari, bisa beberapa hari atau sepekan untuk belanja bahan pokok. Sehingga, potensi penularan virus corona di pasar tidak sebesar di masjid.

Terakhir, soal physical distancing. Hal ini sulit diterapkan di masjid daripada pasar.

Di masjid, ada keharusan untuk meluruskan dan merapatkan shaf. Belum lagi tempat sujud yang terkontak langsung dengan mulut dan hidung sehingga dapat menjadi media penyebaran virus corona.

Jika di pasar, physical distancing lebih mudah diterapkan karena ada ruang yang lebih luas. Kita cukup menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan, insya Allah terhindar dari Covid-19.

5 dari 6 halaman

Doa Agar Segera Lepas dari Kesulitan Hidup

Dream - Kesulitan hidup kini tengah dirasakan banyak orang. Wabah virus corona membuat orang khawatir sekaligus kehilangan mata pencaharian.

Covid-19 merupakan perkembangan dari penyakit yang berasal dari virus corona biasa. Sebelumnya, virus corona menyebabkan beberapa penyakit, salah satunya MERS.

Sejumlah penelitian menyatakan Covid-19 sebenarnya bukanlah virus yang kuat. Tetapi, penyebarannya begitu cepat karena manusia enggan melindungi diri dengan cuci tangan dan pakai masker.

Agar tak tertular virus ini, kita dianjurkan berada di dalam rumah. Dampaknya, aktivitas kita di luar lumpuh total.

Berada di situasi seperti sekarang ini tentu terasa sulit. Belum lagi jika kebutuhan pokok mulai menipis.

Agar segera lepas dari kesulitan hidup, ada baiknya membaca doa yant tercantum dalam Surat Al Anbiya' ayat 87. Insya Allah, segala kesulitan akan segera menghilang.

6 dari 6 halaman

Doa Lepas dari Kesulitan Hidup

 Doa Bebas dari Kesulitan Hidup© dream.co.id

La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadh dholimin.

Artinya,

" Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sungguh aku termasuk orang-orang yang zalim."

Join Dream.co.id