Malaysia Lockdown Corona, Lansia Jalan Kaki ke Singapura

Your Story | Rabu, 1 April 2020 11:01
Malaysia Lockdown Corona, Lansia Jalan Kaki ke Singapura

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila

Wanita ini memutuskan jalan kaki lintas negara setelah mendengar suaminya jatuh sakit.

Dream - Baru-baru ini, media massa di Malaysia ramai dengan pemberitaan perempuan lanjut usia (Lansia) yang berjalan kaki ke Singapura. Perempuan tersebut mulai berjalan dari titik Bea Cukai Johor Baru ke Singapura dengan berjalan kaki.

Menurut sumber, wanita tersebut terpaksa berjalan kaki karena adanya kebijakan Lockdown atau penutupan akses keluar masuk dari pemerintah Malaysia terkait pencegahan penularan Corona Covid-19.

Pemerintah Malaysia memberlakukan kebijakan lockdown sejak 18-31 Maret dan kemudian diperpanjang hingga 14 April 2020 mendatang.

2 dari 5 halaman

Pulang Saat Dengar Suami Sakit

6. Membantu Lansia yang Hidup Sebatang Kara di Sekitar Kita© MEN

Wanita tersebut dilaporkan baru saja pindah ke Johor selama dua minggu ketika lockdown diberlakukan di Malaysia. Saat itu, putranya sangat membutuhkan bantuannya untuk merawat anak-anaknya.

Tak lama berselang, dia mendengar suaminya yang telah berusia 80 tahun jatuh sakit dan membutuhkan perawatan. Perempuan itu memutuskan untuk kembali ke Singapura dengan berjalan kaki.

Perempuan itu memulai perjalanannya dari Johor sekitar pukul 5 sore pada hari Minggu (29 Maret), dan mencapai Boon Lay, Singapura pada pukul 21:30. Dia menempuh jarak selama empat jam dengan berjalan kaki dengan membawa tas.

" Sebagai putranya, saya merasa sangat tersentuh ketika melihat gambar ini karena mengingatkan saya bahwa seorang ibu bersedia melakukan apa pun untuk keluarganya, bahkan jika itu berarti mengorbankan waktunya," kata Herman Sudil.

 

3 dari 5 halaman

Lakukan Apa Saja Demi Keluarga

Herman mengatakan dia membutuhkan bantuan ibunya untuk menjaga anak-anak karena dia perlu merawat istrinya yang sedang menjalani operasi di rumah sakit.

“ Saya yakin bahwa gambaran viral dari ibu saya yang berjalan di jalan lintas tidak hanya berlaku untuk ibu saya. Setiap wanita rela berkorban untuk keluarga mereka. Bahkan ketika ibu lelah, mereka akan melakukan apa saja untuk keluarga"

Putra yang bersyukur melanjutkan untuk memberikan nasihat, ”Kepada semua putra, saudara lelaki dan suami, hargailah para malaikat yang kita sebut ini, wanita.”

Foto-foto ibu yang setia beristirahat di sisi jalan menjadi viral pada hari Minggu setelah itu menarik perhatian netizen yang bertanya-tanya mengapa dia melakukan perjalanan dengan berjalan kaki. Menurut Herman, foto itu diambil oleh keponakannya yang menemaninya kembali ke Singapura pada hari Minggu malam.

Sumber :World of Buzz

 

 

4 dari 5 halaman

Malaysia Lockdown

Perbandingan Lockdown di Tegal Vs Wilayah Lain Buat Cegah Corona© MEN

Pada hari Senin (16/3/2020) pemerintah Malaysia mengumumkan bahwa Malaysia akan melakukan Perintah Kawalan Pergerakan atau lockdown. Lockdown berlangsung sejak 18 – 31 Maret, dan diperpanjang hingga 14 April untuk memperlambat penyebaran virus corona COVID-19.

Sekolah, kantor, lembaga pendidikan dan tempat ibadah juga resmi ditutup hingga saat ini. Hanya beberapa layanan yang masih diperbolehkan beroperasi, seperti bank, apotek, supermarket dan juga pom bensin.

Malaysia juga melarang sebagian besar perjalanan masuk dan keluar dari Malaysia.

Untuk penjagaan, pemerintah Malaysia mengerahkan militer untuk membantu polisi menjaga roadblock sebagai bagian Perintah Kawalan Pergerakan, serta mengajak media dan para influencer untuk mengajak masyarakat mematuhi aturan lockdown ini.

Akibat dari aturan lockdown, aktivitas ekonomi di Malaysia mengalami penurunan drastis. Malaysian Institute and Economic Research (MIER) memperkirakan ekonomi Malaysia berkurang 3 - 4 persen karena efek COVID-19 dan Perintah Kawalan Pergerakan.

 

 

 

5 dari 5 halaman

Pemerintah Malaysia Beri Bantuan

Ilustrasi Membantu© Pexels.com

Pemerintah Malaysia menyediakan bantuan khusus untuk bisnis-bisnis kecil dan mengalokasikan dana sebesar200 juta ringgit untuk fasilitas kredit mikro. Bank juga akan diminta menyajikan bantuan finansial dalam bentuk moratorium pembayaran utang, termasuk restrukturisasi dan menjadwal ulang pinjaman bagi bisnis dan individu yang terdampak. Pemerintah juga mendukung bisnis-bisnis melalui pendanaan dan fasilitas e-commerce untuk mendukung keberlanjutan bisnis.

Sementara untuk masyarakat berpenghasilan lebih rendah, pemerintah Malaysia telah melakukan distribusi Bantuan Sara Hidup sebesar 200 ringgit dari Maret 2020 hingga Mei 2020, dan akan mendistribusikan tambahan 100 ringgit pada bulan Mei bagi yang layak mendapatkannya.

Pemerintah Malaysia juga mengizinkan warga berusia 55 tahun ke bawah untuk mengambil 500 ringgit dari Akun pada dana tabungan pensiun dari Kumpulan Uang Simpanan Pekerja demi membeli persediaan pokok selama 12 bulan. Pemerintah juga menyediakan fasilitas dan bantuan dalam bentuk pembayaran perawatan anak, utilitas, dan pembayaran utang dan sebagainya.

Sumber : Liputan6

Join Dream.co.id