Makna ‘Fabiayyi ala’i Rabbikuma Tukadzdzibaan’ yang di Ulang 31 Kali

Your Story | Kamis, 2 Juli 2020 06:00
Makna ‘Fabiayyi ala’i Rabbikuma Tukadzdzibaan’ yang di Ulang 31 Kali

Reporter : Ulyaeni Maulida

“Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan”

Dream – Ar-Rahman adalah surah ke-55 dalam Alquran. Ar-Rahman berarti Yang Maha Pemurah, kepada hamba-hamba-Nya. Melalui berbagai rezeki dan nikmat yang diberikan.

Dalam Surah Ar-Rahman, kalimat “ Fabiayyi ‘aalaa’i Rabbikumaa Tukadzdzibaan” diulang hingga 31 kali. Ayat tersebut bermakna ‘Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustai?’

 Surah Ar Rahman© Dream.co.id

Kalimat ini diulang dalam ayat 13, 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 45, 47, 49, 51, 53, 55, 57, 59, 61, 63, 65, 67, 69, 71, 73, 75, dan 77 surah Ar-Rahman.

Kalimat ini ditujukan kepada manusia dan jin sehingga menggunakan kata Rabbikuma yang artinya “ Tuhan kamu berdua”.

Berbeda dengan banyak surat lainnya, Ar-Rahman menyertakan jin sebagai obyek firman Allah. Jin dan manusia diingatkan bahwa banyak sekali nikmat Allah yang dilimpahkan kepada mereka.

2 dari 2 halaman

Makna Pengulangan Ayat Hingga 31 Kali

 Al Quran© Pixabay.com

Setiap ayat yang menjelaskan tentang nikmat, maka akan dibarengi dengan kalimat ‘Fabiayyi ‘aalaa’i Rabbikumaa Tukadzdzibaan’ Namun, apa sebenarnya makna pengulangan ayat tersebut?

Sesungguhnya, makna dari pengulangan ayat tersebut hanya Allah yang mengetahui. Namun, mengingat betapa seringnya diulang setiap menjelaskan sebuah nikmat, maka sangat penting bagi setiap manusia bahkan jin untuk selalu bersyukur.

“ Kalimat ini (Fabiayyi ‘aalaa’i Rabbikumaa Tukadzdzibaan) memerintahkan jin dan manusia untuk mensyukuri nikmat-nikmat Allah dan tidak mendustakannya,” terang Syaikh Amru Khalid dalam Khowatir Qur’aniyah.

Sedangkan Imam As Suyuthi dalam Al-Itqan fi Ulumil Qur`an menjelaskan bahwa pengulangan kalimat Fabiayyi ‘aalaa’i Rabbikumaa Tukadzdzibaan itu untuk memantapkan pemahaman dan menekankan betapa pentingnya bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah Allah SWT berikan.

(Diambil dari berbagai sumber)

Join Dream.co.id