Makhluk Halus Mengganggu Saat Ramadan, Ini Penangkalnya

Your Story | Selasa, 21 Mei 2019 03:42
Makhluk Halus Mengganggu Saat Ramadan, Ini Penangkalnya

Reporter : Ahmad Baiquni

Katanya setan dibelenggu selama Ramadan, tapi kok...

Dream - Banyak yang memahami Ramadan adalah bulannya ibadah. Segala macam amalan yang bersangkutan dengan ibadah dilipatgandakan pahalanya.

Selain itu, setan juga dibelenggu selama Ramadan. Ini dimaksudkan agar ibadah umat Islam tidak terganggu.

Namun demikian, rupanya masih ada orang yang diganggu makhluk halus. Padahal katanya setan sudah dibelenggu.

Dikutip dari Siakapkeli, Mufti Malaysia, Zulkifli Mohamad Al Bakri menjelaskan dalil mengenai setan dibelenggu saat Ramadan yaitu hadis riwayat Imam Bukhari. Hadis tersebut diriwayatkan dari Abu Hurairah RA.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, " Apabila datang Ramadan maka dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan setan-setan dibelenggu."

 

2 dari 2 halaman

Tak Semua Dibelenggu

Zulkifli mengutip pandangan beberapa ulama seperti Al Hafiz Ibnu Hajar Al Asqalani, Ibnu Khuzaimah, Syeikh Al Anwar Al Kashmiri. Kesemua ulama tersebut menyatakan tidak semua setan yang dibelenggu melainkan hanya yang ganas lagi jahat.

Zulkifli kemudian menyimpulkan tidak semua setan dibelenggu ketika Ramadan. Hanya setan yang besar dan ganas, sedangkan lainnya masih bebas.

Selain itu, maksud yang dikemukakan oleh hadis di atas yaitu setan tidak leluasa mengganggu orang-orang beriman.

" Gangguan bisa dicegah dengan memperbanyak ibadah di bulan Ramadan seperti puasa itu sendiri, membaca Alquran, zikir dan sebagainya," kata Zulkifli.

" Ibn Hajar Al 'Asqalani menukil pendapat Al Hulaimi yang menyatakan, maksud dibelenggu mengandung makna setan tidak dapat mengganggu umat Islam seperti di bulan-bulan lain selain Ramadan, karena umat Islam menyibukka diri dengan puasa yang berperan melemahkan nafsu, demikian pula mereka sibuk dengan membaca Alquran dan berzikir," kata dia.

(Ism, Sumber: Siakapkeli.my)

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya
Join Dream.co.id