Lafal Istighfar Usai Sholat Diajarkan Rasulullah

Your Story | Kamis, 17 Oktober 2019 13:00
Lafal Istighfar Usai Sholat Diajarkan Rasulullah

Reporter : Ahmad Baiquni

Dianjurkan menyempatkan waktu usai sholat untuk mengingat Allah.

Dream - Usai sholat, setiap Muslim dianjurkan tidak langsung pergi. Tetapi, memanfaatkan sedikit waktu untuk beristighfar dan berzikir.

Istighfar dan zikir usai sholat menjadi jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Juga untuk memohon pengampunan atas segala kesalahan yang kita buat.

Di samping itu, waktu yang dianjurkan membaca istighfar adalah usai sholat fardlu. Ini sebagai pengingat kita mengenai belum sempurnanya sholat kita.

Rasulullah Muhammad SAW selalu memanfaatkan waktu usai sholat fardlu untuk beristighfar dan berzikir. Waktunya juga tidaklah lama namun cukup untuk mengingat Allah.

Ketika usai sholat, Rasulullah selalu melafalkan istighfar sebanyak tiga kali. Dilanjutkan dengan doa memohon keselamatan.

Lafal istighfar yang diajarkan Rasulullah terdapat dalam hadis riwayat Imam Muslim.

2 dari 6 halaman

Lafal Istighfar Usai Sholat

 Istighfar Usai Sholat

Astaghfirullah, Astaghfirullah, Astaghfirullah, Allahumma anta salam wa minka salam, tabarakta ya dzal jalali wal ikram.

Artinya,

" Aku memohon ampun kepada Allah, Aku memohon ampun kepada Allah, Aku memohon ampun kepada Allah. Wahai Allah, Engkaulah Dzat pemberi keselamatan, dan dari-Mu kudapatkan keselamatan. Maha Suci Engkau, wahai Tuhan Sang Pemilik keagungan dan kemuliaan."

3 dari 6 halaman

Doa Ketika Rindu Pasangan atau Orang Terkasih

Dream - Rasa rindu terhadap pasangan ataupun keluarga terkasih kerap dialami mereka yang tinggal berjauhan. Ada kalanya, rindu datang hingga membuat gelisah.

Dulu, orang menggunakan media surat untuk melepas rasa rindu mereka. Dengan teknologi yang semakin berkembang, cara mengobati rindu punya banyak jalan.

Ada yang melepas rindu dengan menelepon, video call, dan berbagai cara lain dengan dukungan teknologi. Sekadar berkirim pesan melalui aplikasi percakapan juga lazim terjadi.

Mendengar suara atau mengetahui keadaan pasangan dan orang terkasih sudah bisa membuat hati tenteram.

Ketika rindu melanda dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut terdapat dalam Surat Yusuf ayat 4.

 

4 dari 6 halaman

Doa Kangen Pasangan

 Doa Kangen

Idz qola yusufa li abiyhi ya abati inni ra aitu ahada 'asyara kaukaban was samsya walqomara ra aituhum lis sajidin.

Artinya

" (Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, 'Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan, kulihat semuanya sujud kepadaku."

(Sumber: Islam.co)

5 dari 6 halaman

Doa Saat Jiwa Mengalami Depresi

Dream - Setiap orang tentu memiliki beban hidup masing-masing. Hal itu menuntut kemampuan seseorang dalam menghadapinya.

Beban hidup sejatinya bukan untuk dihilangkan namun ditangani dengan cara tepat. Karena pada dasarnya beban dalam kehidupan justru semakin bertambah seiring meningkatnya kemampuan seseorang menghadapinya.

Namun demikian, patut kita sadari kemampuan manusia ada batasnya. Bisa jadi, lantaran tidak kuat menghadapi beban, seseorang menjadi depresi.

Jiwanya mengalami guncangan hebat akibat tekanan yang diterimanya setiap hari. Tidak sedikit kasus bunuh diri terjadi akibat depresi.

Ketika jiwa terguncang ataupun depresi, segera baca doa ini. Doa yang terdapat dalam Surat Ar Rad ayat 28 ini bisa jadi jalan untuk meredam depresi.

 

6 dari 6 halaman

Doa Redam Depresi

 Doa Depresi

Alladzina amanu watathmainnu qulubuhum bi dzikrillahi ala bi dzikrillahi tathmainnul qulubu.

Artinya:

" (Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

Terkait
Mengharukan, Reaksi Gempi Dengar Gading dan Gisel Tidur Bareng Lagi
Join Dream.co.id