Kumpulan Doa Sholat Tahajud yang Dilengkapi dengan Keutamaan Mengerjakan Sholat Malam

Your Story | Kamis, 25 November 2021 12:30

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Setelah mengerjakan sholat tahajud, usahakan jangan langsung beranjak. Akan lebih baik jika memanjatkan doa terlebih dahulu kepada Allah SWT.

Dream – Sholat tahajud menjadi salah satu sholat sunah yang sangat dianjurkan agar dikerjakan secara rutin oleh umat Islam. Sebab, ada banyak sekali keutamaan sholat tahajud.

Meskipun terasa berat untuk bangun di tengah malam, namun jika sahabat Dream sudah terbiasa melakukannya, maka lama-kelamaan akan terasa nikmat. Setelah selesai mengerjakan sholat tahajud, akan lebih baik jika kamu melanjutkannya dengan doa sholat tahajud dan doa-doa lainnya.

Berikut adalah beberapa keutamaan mengerjakan sholat tahajud serta beberapa doa sholat tahajud yang bisa sahabat Dream panjatkan setelah mengerjakan sholat, sebagaimana telah dirangkum oleh Dream dari Merdeka.com.

Kumpulan Doa Sholat Tahajud yang Dilengkapi dengan Keutamaan Mengerjakan Sholat Malam
Kumpulan Doa Sholat Tahajut Dan Keutamaan Mengerjakannya (Foto Ilustrasi: Flickr.com/Anwar Abe)
2 dari 4 halaman

Keutamaan Mengerjakan Sholat Tahajud

 Keutamaan Mengerjakan Sholat Tahajut© Flickr.com/Ganjar Nugraha

Ada banyak sekali keutamaan yang bisa sahabat Dream dapatkan ketika rutin mengerjakan sholat tahajud. Berikut ada beberapa keutamaannya yang perlu kamu ketahui:

Diberi Tempat Terpuji dan Mulia di Sisi Allah SWT

Barangsiapa yang mengerjakan sholat tahajud setiap malamnya, maka akan mendapatkan tempat terpuji dan mulia di sisi Allah SWT. Bahkan Allah SWT pun sudah berjanji dalam surat Adh-Dzariyat ayat 15-18 yang artinya sebagai berikut:

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air, mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik, mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam, dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah).”

Menghapus Dosa dan Kesalahan

Keutamaan lainnya yang akan didapat jika mengerjakan sholat tahajud adalah bisa menghapuskan dosa dan kesalahan. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah saw yang artinya sebagai berikut:

Lakukan kiyamullail. Karena itu kebiasaan orang saleh sebelum kalian, bentuk taejarrub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (HR. Tirmidzi dari Abu Umamah Al-Bahili)

Dikabulkan Doanya

Umat Islam yang selalu mengerjakan sholat tahajud setiap malamnya, maka doa-doanya pun akan dikabulkan oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah saw yang artinya sebagai berikut:

“ Pada malam hari, ada satu saat ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah SWT memberinya. Itu Berlangsung pada setiap malam.” (HR. Muslim dan Ahmad dari Jabir)

Jembatan Menuju Surga

Setiap orang tentu saja ingin masuk surga. Nah, salah satu cara yang bisa sahabat Dream lakukan adalah dengan menjalankan sholat tahajud. Hal ini sebagaimana hadis riwayat Tirmidzi, diceritakan dari Abdullah bin Salam RA bahwa Nabi Muhammad saw bersabda:

Wahai sekalian manusia, sebarluaskanlah ucapan salam, berikanlah makanan dan sholatlah kamu pada malam sewaktu manusia sedang tidur. Niscaya kamu sekalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi)

Menjaga Kesehatan Fisik

Keutamaan sholat tahajud yang juga dibarengi dengan doa sholat tahajud setelahnya tidak hanya bisa mendatangkan pahala saja. Tetapi sholat ini juga bisa menyehatkan fisik seseorang. Bahkan sholat tahajud adalah terapi yang terbaik dan bisa menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah saw:

Lakukanlah sholat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh dihadapanmu, sarana mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dosa, menghapus perbuatan salah, dan mencegah segala macam penyakit dari tubuh.”

3 dari 4 halaman

Kumpulan Doa Sholat Tahajud

 Kumpulan Doa Sholat Tahajut© Flickr.com/Abu Wardah

Setelah selesai mengerjakan sholat tahajud, usahakan jangan langsung beranjak pergi. Tetapi luangkan waktu sejenak untuk membaca doa sholat tahajud. Ada beberapa doa sholat tahajud yang bisa sahabat Dream panjatkan.

Doa Pertama Setelah Sholat Tahajud

Doa sholat tahajut yang pertama adalah sebagai berikut:

Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa qina adzabannar.

Artinya: “ Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka.” (QS. Al-Baqarah: 201)

Doa Sholat Tahajud yang Lengkap

Lalu untuk doa sholat tahajut yang lengkap adalah sebagai berikut:

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ‘atu haq.

Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Artinya: “ Ya Allah, Tuhan kami, segala puji Bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad saw itu benar. Hari kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Di kalimat doa yang berbunyiAllahhumma lakal hamdu anta qayyamus samaa waati..” maka bisa juga memanjatkan doa yang berbunyi“ Allahumma lakal hamdu anta nuurussamaawaati..

4 dari 4 halaman

Kumpulan Doa Sholat Tahajut

Istighfar Pendek

Jika sudah menyelesaikan doa sholat tahajud yang lengkap tersebut, maka bisa sahabat Dream lanjutkan dengan membaca istighfar, baik istighfar yang pendek maupun yang panjang.

Astaghfirullahal – adziim wa atuubu ilaih.

Artinya: “ Aku memohon ampun kepada Allah dan bertobat kepadanya.”

Istighfar Secara Lengkap

Sedangkan untuk bacaan istighfar yang lengkap adalah sebagai berikut ini:

Allahumma anta rabbi, la ilaha illa anta khalaqtani. Wa ana abduka, wa ana ala ahdika wa wadika mastathatu. Audzu bika min syarri ma shanatu. Abuu laka binimatika alayya. Wa abuu bidzanbi. Faghfirli. Fa innahu la yaghfirudz dzunuba illa anta.

Artinya: “ Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada Tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanmu. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padauk. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau.”

Setelah Menyelesaikan Doa Sholat Tahajut dan Zikir

Jika sahabat Dream sudah selesai mengerjakan sholat tahajut di waktu sepertiga malam pertama dan kedua, maka kamu bisa kembali tidur. Usahakan saat kembali tidur juga sambil membaca ayat kursi, surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

Sedangkan jika sahabat Dream mengerjakan sholat tahajut di waktu sepertiga malam yang ketiga, maka kamu bisa sekalian menunggu waktu sholat subuh sambil banyak berzikir dan memanjatkan doa pada Allah SWT.

Join Dream.co.id