Kumpulan Doa Pernikahan yang Baik untuk Diamalkan, Dibaca oleh Pengantin hingga Tamu Undangan

Your Story | Rabu, 5 Januari 2022 15:00

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Suatu pernikahan akan semakin sempurna jika diiringi dengan doa-doa berikut ini

Dream – Menikah adalah salah satu ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam ketika sudah dalam kondisi mampu, baik mampu secara fisik, mental, hingga materi. Bahkan dalam Al-Quran sendiri Allah SWT sudah menjelaskan bahwa setiap manusia baik laki-laki atau pun perempuan sudah saling dipasangkan. Hal tersebut ada dalam surat Az-Zariyat ayat 49 berikut ini:

وَمِنْكُلِّشَيْءٍخَلَقْنَازَوْجَيْنِلَعَلَّكُمْتَذَكَّرُوْنَ

Artinya: Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah).” (QS. Az-Zariyat: 49).

Dalam suatu pernikahan, tidak hanya menjadi momen untuk saling berbahagia saja. Tetapi juga menjadi momen untuk saling mendoakan. Terutama mendoakan pasangan yang baru saja menikah agar diberikan rumah tangga yang sakinah mawaddah wa rahmah. Karena itulah sesungguhnya harapan setiap pengantin.

Hal ini mengingat bahwa menjalani pernikahan tidaklah bisa dikatakan mudah. Ke depannya pasangan suami dan istri akan menemui berbagai halangan yang akan menguji seberapa kokoh pertahanan mereka dalam rumah tangga tersebut. Selain berikhtiar, tentunya yang tidak kalah penting adalah memberikan doa pernikahan.

Nah, berikut adalah beberapa doa pernikahan yang bisa diamalkan oleh pengantin sendiri maupun para tamu undangan sebagaimana telah dirangkum dari Merdeka.com dan islam.nu.or.id.

Kumpulan Doa Pernikahan yang Baik untuk Diamalkan, Dibaca oleh Pengantin hingga Tamu Undangan
Doa Pernikahan Yang Dibaca Pengantin Dan Tamu Undangan (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)
2 dari 3 halaman

Tujuan Menikah Berdasarkan Syariat Islam

 Tujuan Menikah Berdasarkan Syariat Islam© Unsplash.com

Menikah adalah suatu hal yang tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Membutuhkan pertimbangan yang matang karena dalam Islam, menikah adalah untuk menyempurnakan agama. Bahkan menikah sendiri menjadi ibadah yang sangat panjang. Sehingga harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin.

Menikah dalam Islam tentunya memiliki tujuan yang baik. Nah, berikut adalah beberapa tujuan dari menikah berdasarkan syariat Islam seperti dikutip dari Merdeka.com:

Sesuai dengan Sunah Nabi saw

Tujuan dari menikah adalah untuk mengikuti sunah Nabi Muhammad saw. Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah berikut ini:

“ Menikah adalah sunahku, barangsiapa yang tidak mengamalkan sunahku, bukan bagian dariku. Maka menikahlah kalian, karena aku bangga dengan banyaknya umatku (di hari kiamat).” (HR. Ibnu Majah).

Nabi Muhammad saw menjelaskan bahwa menikah adalah sunah yang dianjurkan supaya dikerjakan oleh umat Islam. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya pernikahan. Diiringi dengan doa pernikahan, semoga niat baik tersebut bisa mendapat kelancaran dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Mendapatkan Pahala Ibadah

Selain sebagai sunah Nabi, tujuan menikah juga untuk mendapatkan pahala ibadah. Hal ini pun dijelaskan oleh Allah SWT dalam firman-Nya melalui surat An-Nur ayat 32 yang bunyinya sebagai berikut:

وَاَنْكِحُواالْاَيَامٰىمِنْكُمْوَالصّٰلِحِيْنَمِنْعِبَادِكُمْوَاِمَاۤىِٕكُمْۗاِنْيَّكُوْنُوْافُقَرَاۤءَيُغْنِهِمُاللّٰهُمِنْفَضْلِهٖۗوَاللّٰهُوَاسِعٌعَلِيْمٌ

Artinya: Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.” (QS. An-Nur: 32).

Mendapat Keturunan

Salah satu tujuan dari menikah adalah untuk memiliki keturunan. Di mana nantinya keturunan tersebut menjadi tanggung jawab orang tuanya untuk diberikan perawatan, kasih sayang, hingga pendidikan agar kelak menjadi pribadi yang sesuai dengan harapan. Hal tersebut tercantum dalam firman Allah SWT surat An-Nahl ayat 72 berikut ini:

وَاللّٰهُجَعَلَلَكُمْمِّنْاَنْفُسِكُمْاَزْوَاجًاوَّجَعَلَلَكُمْمِّنْاَزْوَاجِكُمْبَنِيْنَوَحَفَدَةًوَّرَزَقَكُمْمِّنَالطَّيِّبٰتِۗاَفَبِالْبَاطِلِيُؤْمِنُوْنَوَبِنِعْمَتِاللّٰهِهُمْيَكْفُرُوْنَۙ

 Artinya: Dan Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenis kamu sendiri dan menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu, serta memberimu rezeki dari yang baik. Mengapa mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah?” (QS. An-Nahl: 72).

Mendapatkan Ketenangan

Melalui sebuah ikatan pernikahan, hal ini tentunya diharapkan bisa memiliki hidup yang tenang dan damai dalam lingkup rumah tangga yang dibinanya. Oleh karena itu perlu didukung dengan membaca doa pernikahan yang merupakan amalan baik saat melangsungkan acara bahagia tersebut. Tujuan menikah ini pun juga dijelaskan dalam Al-Quran surat Ar-Rum ayat 21 berikut ini:

وَمِنْاٰيٰتِهٖٓاَنْخَلَقَلَكُمْمِّنْاَنْفُسِكُمْاَزْوَاجًالِّتَسْكُنُوْٓااِلَيْهَاوَجَعَلَبَيْنَكُمْمَّوَدَّةًوَّرَحْمَةًۗاِنَّفِيْذٰلِكَلَاٰيٰتٍلِّقَوْمٍيَّتَفَكَّرُوْنَ

Artinya: Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Rum: 21).

3 dari 3 halaman

Doa Pernikahan

 Doa Pernikahan© Unsplash.com

Doa Pernikahan oleh Tamu

Dalam suatu pernikahan biasanya akan dihadirkan oleh seumlah tamu. Baik itu dari keluarga, saudara, teman, maupun kenalan lainnya. Inilah bacaan doa pernikahan yang bisa dibaca oleh para tamu:

بَارَكَاللهُلِكُلِّوَاحِدٍمِنَّافِيصَاحِبِهِأَللهُمَّإِنِّيأَسْأَلُكَخَيْرَهَاوَخَيْرَمَاجَبَلْتَهَاعَلَيْهِوَأَعُوْذُبِكَمِنْشَرِّهَاوَشَرِّمَاجَبَلْتَهَاعَلَيْهِ

Bârakallâhu likulli wâhidin minnâ fî shâhibihi. Allahumma innî as' aluka khairahâ wa khaira mâ jabaltahâ 'alaihi wa a’ûdzu bika min syarrihâ wa min syarri ma jabaltahâ 'alaihi.

Artinya:(Semoga) Allah memberkahi masing-masing dari kita dengan pasangannya. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebaikannya dan kebaikan pasangannya, dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan pasangannya" .

Doa Pernikahan setelah Akad

Sedangkan untuk pengantin atau mempelai, maka doa pernikahan inilah yang bisa ia baca:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.

Artinya: “ Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya" .

Doa Pernikahan bagi Pengantin Laki-laki

Setelah menjalani akad nikah, doa pernikahan inilah yang bisa dilafalkan oleh pengantin laki-laki:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Bârakallâhu laka, wa bâraka ‘alaika, wa jama‘a bainakumâ fî khairin wa ‘afiyah" .

Artinya: “ Semoga Allah SWT memberi berkah untukmu. Semoga Allah menurunkan kebahagiaan atasmu. Semoga Allah SWT menyatukan kamu berdua dalam kebaikan dan ‘afiyah" .

Doa Pernikahan untuk Malam Pertama

Setelah melangsungkan pernikahan, maka malam pertama menjadi momen yang akan dijalani oleh pasangan yang sudah resmi menjadi suami dan istri. Berikut adalah doa pernikahan pada malam pertama yang dilafalkan:

اَللَّهُمَّإِنِّيأَسْأَلُكَخَيْرَهَاوَخَيْرَمَاجَبَلْتَهَاعَلَيْهِ،وَأَعُوْذُبِكَمِنْشَرِّهَاوَشَرِّمَاجَبَلْتَهَاعَلَيْهِ

Allâhumma innî as’aluka khairahâ wa khairamâ jabaltahâ alaih. Wa a‘ûdzubika min syarrihâ wa syarrimâ jabaltahâ alaih.

Artinya: “ Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikan istriku dan kebaikan sifat yang Kau ciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan istriku dan keburukan sifat yang Kau ciptakan untuknya" .

Join Dream.co.id