Kumpulan Doa Pendek yang Sering Dibaca Rasulullah untuk Kehidupan Sehari-hari

Your Story | Jumat, 20 September 2019 06:02
Kumpulan Doa Pendek yang Sering Dibaca Rasulullah untuk Kehidupan Sehari-hari

Reporter : Sugiono

Inilah kumpulan doa pendek yang sering dibaca Rasulullah. 12 doa pendek dari Rasulullah ini bisa diamalkan untuk kehidupan sehari-hari.

Dream - Doa merupakan kunci dari ibadah. Semua ibadah yang dijalankan oleh Muslim bermuara pada membaca doa untuk segala keinginan dan harapan.

Ajaran tentang doa bahkan disampaikan sendiri oleh Allah SWT. Seperti yang tertulis dalam Alquran Surat Al Mukmin ayat 60, yang artinya " Mintalah (berdoalah) kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan."

Rasulullah Muhammad SAW pun tidak pernah putus dalam berdoa. Sebagai manusia pilihan, Rasulullah selalu membaca doa, berharap mendapat segala kebaikan dan perlindungan dari Allah SWT.

Nah, beberapa doa yang sering dibaca Rasulullah itu bisa diamalkan. Terutama untuk mereka yang mengalami masalah kehidupan yang rumit.

 Kumpulan Doa Taubat dari Rasulullah

Dirangkum dari Dream, berikut ini kumpulan doa pendek yang sering dibaca Rasulullah yang bisa diamalkan untuk kehidupan sehari-hari.

Kumpulan Doa Pendek Yang Sering Dibaca Rasulullah Untuk Kehidupan Sehari-hari

1. Doa yang Dibaca Rasulullah Ketika Hijrah ke Madinah, Cocok untuk Mahasiswa Perantauan

Doa pendek yang dibaca Rasulullah adalah ketika Nabi hijrah ke Madinah. Ketika diangkat menjadi Nabi, Rasulullah Muhammad SAW juga harus meninggalkan kampung halaman di Mekah demi menjalankan perintah Allah SWT untuk hijrah.

Rasulullah merasa sedih harus meninggalkan Mekah karena kota itu menyimpan sebagian besar kisah hidupnya.

Agar diberi kekuatan ketika meninggalkan Mekah dan diterima dengan baik di tempat baru, begini doa pendek yang dibaca Rasulullah SAW:

Rabbi adkhilni mudkhala shidqin wa akhrijni mukhraja shidqin waj'al li min ladunka sulthanan nashira.

Artinya: " Ya Tuhanku, masukkanlah aku dalam segala situasi dan kondisi dengan cara yang Engkau ridhai dan dengan cara yang terhormat. Keluarkanlah aku dari mana saja dengan keridhaan dan kemuliaan-Mu. Berikanlah kekuatan kepadaku dari karunia-Mu yang dapat membelaku."

Doa pendek yang dibaca Rasulullah ini dapat pula diamalkan oleh para mahasiswa yang sedang merantau. Karena, perlindungan yang mutlak hanya datang dari Allah SWT.

2. Doa Pendek yang Sering Dibaca Rasulullah Ketika Sedang Sakit

Rasulullah Muhammad SAW juga pernah sakit. Tidak hanya sekali, melainkan berkali-kali.

Karena itu, Rasulullah mengajarkan doa ketika sedang sakit. Terutama ketika merasakan nyeri yang sangat.

Berikut doa pendek yang sering dibaca Rasulullah ketika sedang sakit.

A'udzu billahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru.

Artinya: " Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan."

2 dari 11 halaman

3. Doa Pendek Rasulullah Ketika Minta Dibuka Pintu Rezeki yang Tak Diduga

Dengan kesejahteraan, seseorang mungkin dapat menjalani hidup dengan tenteram.

Tetapi, ada kalanya kesejahteraan tidak dibarengi dengan keberkahan. Salah satu penyebabnya adalah harta yang mengandung unsur haram.

 Rezeki Berlimpah, Yuk Lakukan Hal Ini

Terkait hal ini, Rasulullah Muhammad SAW selalu meminta rezeki halal kepada Allah SWT. Berikut doa pendek minta rezeki halal yang sering dibaca Rasulullah setiap kali usai melaksanakan sholat Jumat.

Allaahumma yaa ghaniyyu yaa hamid, yaa mubdi'u wa yu'îd, yaa rahiimu yaa waduud. Aghninii bi halaalika 'an haraamik, wa thaa'atika 'an ma'shiyatik, wa bi fadhlika 'an man siwaak.

Artinya: " Ya Allah, Yang Maha Kaya, Maha Terpuji, Maha Pencipta, Maha Kuasa Mengembalikan, Maha Penyayang, dan Maha Kasih. Cukupi aku dengan harta halal-Mu, bukan dengan yang haram. Isilah hari-hariku dengan taat kepada-Mu, bukan mendurhakai-Mu. Cukupi diriku dengan karunia-Mu, bukan selain-Mu."

3 dari 11 halaman

4. Doa Pendek Yang Dibaca Rasulullah Setiap Jumat Pagi

Semua ibadah yang dikerjakan di hari Jumat mendapat nilai lebih utama ketimbang dikerjakan di hari lain.

 Keistimewaan Hari Jumat Dalam Islam

Karena hari Jumat sangat istimewa, maka menjalani hari ini juga dengan cara istimewa. Ada satu doa pendek yang sering dibaca Rasulullah Muhammad SAW setiap Jumat pagi.

Astaghfirullaahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyal qayyuuma wa atuubu ilaihi.

Artinya: " Aku memohon ampun kepada Allah yang tiada Tuhan selain Dia Yang hidup kekal serta terus menerus mengurus (makhluk), dan aku bertobat kepada-Nya."

4 dari 11 halaman

5. Doa Pendek Yang Dibaca Rasulullah Ketika Keluarganya Menghadapi Kesulitan

 Doa Agar Keluarga Sakinah Dunia Akhirat

Kesulitan tidak hanya melanda manusia biasa. Rasulullah Muhammad SAW dan keluarganya juga pernah mengalami, termasuk putri kesayangannya, Fatimah.

Ketika Fatimah menghadapi kesulitan hidup, Rasulullah SAW memberikan wasiat berupa doa. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwayat Tirmidzi.

Ya hayyu, yaa qayyum, birahmatika astaghitsu, ashlihli syani kullah wa la takilni ila nafsi tharfata ‘ain

Artinya: " Wahai Zat yang Maha hidup, Wahai Zat yang terus menerus mengurus makhluk-Nya, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan. Perbaikilah seluruh urusanku dan janganlah Engkau serahkan kepadaku kesusahan meski hanya sekejap mata."

5 dari 11 halaman

6. Doa Pendek Rasulullah Setiap Kali Usai Sholat Dhuha

 Manfaat Sholat Dhuha Menghapus Dosa Sebanyak Buih Lautan Menurut Hadis Nabi

Setiap kali usai sholat Dhuha, Rasulullah memiliki doa khusus. Doa itu tercantum dalam hadis riwayat Imam Bukhari dari Aisyah RA.

Tetapi, jarang orang mengetahui doa ini. Mereka kebanyakan membaca doa yang lazim diajarkan. Begini doa pendek yang dibaca Rasulullah setiap kali usai sholat Dhuha.

Allahummaghfirli wa tub 'alayya innaka antat tawwabur rohimu.

Artinya: " Ya Allah, ampuni dosaku dan terimalah tobatku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima tobat dan Maha Pengampun."

6 dari 11 halaman

7. Doa Pendek Yang Paling Sering Dibaca Rasulullah

 Kisah Rasulullah Dahulukan Kepentingan Umat

Rasulullah SAW sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kebanyakan orang. Junjungan umat Islam sedunia itu juga punya banyak sekali aktivitas semasa hidupnya.

Rasulullah SAW kerap mengiringi setiap aktivitas dalam menjalani hari-hari dengan doa. Dari sekian banyak doa, ada dua doa yang paling sering dibaca Rasulullah SAW.

Doa pertama adalah mohon kebaikan dunia dan akhirat. Doa ini terdapat dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim.

Allahumma rabbana atina fiddun-ya hasanah wa fil akhirati hasanah, wa qina 'adzaban naar.

Artinya: " Wahai Rabb kami, karuniakanlah kepada kami kebaikan di dunia dan akhiran dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka."

Doa kedua adalah memohon keteguhan hati dalam Islam. Doa ini terdapat dalam hadis riwayat Abu Dawud.

Ya muqollibul qulub, tsabbit qalbi 'ala dinika.

Artinya: " Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku atas agama-Mu."

7 dari 11 halaman

8. Doa Pendek Rasulullah Agar Hajat Dapat Terpenuhi

Manusia hanya bisa merencanakan. Mengenai terkabul tidaknya, semua berada di tangan Allah SWT.

 Niat dan Waktu Sholat Hajat yang Mustajab

Karena itu Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan umat Islam untuk melaksanakan sholat dua rakaat jika punya hajat.

Setelah mengerjakan sholat hajat, terdapat doa yang diajarkan Rasulullah agar hajat kita dipenuhi oleh Allah SWT.

Allahumma ini as'aluka wa atawajjahu ilaika bi muhammadin nabiyyir rahmah, ya Muhammadu inni qad tawajjahtu bika ila Rabbi fi hajati hazdihi litaqdhi. Allahumma fa syaffi'hu fiyya.

Artinya: " Ya Allah, sesungguhnya aku bermohon kepada Engkau, dan aku menghadap kepada Engkau dengan Muhammad Nabiyyir Rahmah, Wahai Muhammad sesungguhnya aku menghadap Tuhanku bersamamu dalam memohonkan hajatku ini agar dikabulkan. Ya Allah perkenankanlah dia (Muhammad SAW) memberikan syafaatnya kepadaku."

8 dari 11 halaman

9. Doa Yang Dibaca Rasulullah Ketika Sulit Membayar Utang

 Mau Bayar Utang tapi Lost Contact, Harus Bagaimana?

Meski sudah berusaha, rezeki belum juga didapat. Sementara utang menuntut untuk segera dibayarkan. Ketika menghadapi kesulitan, Rasulullah mengajarkan sebuah doa yang bisa dibaca agar bisa membayar utang. Begini doa Rasulullah ketika sulit membayar utang.

Allahumaqdif fi qalbi rajaka, waqta' rajai 'an man siwaka hatta la arju ahadan ghairaka. Allahumma wa ma dla'afat 'anhu quwwati, wa qashara 'anhu 'amali, wa lam tantahi ilaihi raghbati, wa lam tablughhu masalati, wa lam yajri 'ala lisani mimma a'thoita ahadan minal awwalina wal akhirina minal yaqini, fakhushshini bihi ya rabbal 'alamin.

Artinya: " Ya Allah, tanamkan di dalam hatiku harapan-Mu, putuskan harapanku kepada selain-Mu sehingga aku tidak pernah lagi berharap kepada selain-Mu. Ya Allah, tanamkan di dalam hatiku sesuatu yang membuat kekuatanku menjadi lemah, sesuatu yang membuat usahaku sia-sia, keinginan yang tidak tersampaikan padanya, persoalan yang tidak mampu aku menanggungnya, dan tidak pernah terlontar dari lidahku keyakinan yang Engkau berikan kepada orang-orang terdahulu dan belakangan. Berikanlah itu kepadaku, wahai Tuhan semesta alam."

9 dari 11 halaman

10. Doa Pendek Rasulullah Untuk Ruqyah Penyakit Fisik dan Batin

Rasulullah SAW pernah sakit fisik seperti demam dan batuk. Selain itu, Rasulullah juga pernah dibuat sakit oleh seseorang melalui cara gaib.

 Cara Melakukan Ruqyah Rumah Secara Mandiri

Ketika mengalami sakit gaib, Rasulullah menjalankan ruqyah dengan membaca sejumlah ayat Alquran serta dzikir tertentu.

Doa pendek di bawah ini juga dibaca Rasulullah ketika menjalankan ruqyah, seperti diriwayatkan dari Aisyah RA.

Bismillahi yubrika wa min kulli da in yasyfika wa min syarri hasidin iza hasada wa syarri kulli zi a’inin.

Artinya: " Dengan nama Allah Dia menyembuhkanmu, dan dari setiap penyakit Dia menyembuhkanmu, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia mendengki, serta dari kejahatan semua pemilik mata."

10 dari 11 halaman

11. Doa Yang Dibaca Rasulullah Jika Sakit Kepala dan Demam

 Beragam Sakit Kepala yang Tidak Boleh Diabaikan

Saat sakit kepala dan demam melanda, tubuh terasa begitu lemah dan tidak mampu mengerjakan apa-apa.

Bahkan untuk menundukkan kepala saja rasanya begitu sakit, apalagi jika dibuat rukuk dan sujud saat sholat.

Siapa saja pasti pernah menderita sakit kepala dan demam, termasuk Rasulullah SAW sendiri.

Tetapi, saat sakit kepala dan demam, bacaan doa ini yang sering dibaca Rasulullah SAW.

Bismillaahii kabiiri na'uudzubillaahii 'azhiimi min syarri 'irqin na'aarin wa min syarrin naar.

Artinya: " Dengan nama Allah Yang Maha Besar. Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dari sakitnya darah yang mengalir (luka) dan dari buruknya panas api."

11 dari 11 halaman

12. Doa Pendek Yang Dibaca Rasulullah Memohon Rezeki Lancar

Rezeki seret bisa dialami siapa saja. Bahkan Rasulullah Muhammad SAW sendiri tidak jarang mengalaminya.

 Mau Bayar Utang Tapi Lost Contact, Harus Bagaimana?

Tetapi, Rasulullah bukanlah pribadi yang cepat frustasi. Dia terus berusaha sambil membaca doa.

Perlu diingat, bahwa rezeki dari Allah SWT itu tidak melulu berbentuk uang dan harta. Kesehatan dan kelancaran rezeki juga termasuk rezeki.

Berikut ini doa pendek yang sering dibaca Rasulullah untuk memohon rezeki lancar.

Allahumma inni as'aluka min fadlika wa rahmatika, fa'innahu la yamlikuha illa anta

Artinya: " Ya Allah aku memohon kepada-Mu akan sebagian karunia-Mu dan rahmat-Mu, karena sesungguhnya tidak ada yang memilikinya kecuali Engkau."

Demikian tadi 12 doa pendek yang sering dibaca Rasulullah. Kumpulan doa pendek dari Rasulullah ini bisa diamalkan untuk menghadapi masalah kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat

Dirangkum dari Dream

Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo
Join Dream.co.id