Kisah Haru Pilot Senior Korban PHK, Buka Warung Sambil Tetap Berseragam Dinas

Your Story | Senin, 9 November 2020 12:01

Reporter : Sugiono

Dia merupakan satu di antara 2.200 karyawan di maskapai yang diberhentikan akibat pandemi corona.

Dream - Seorang lelaki terlihat berpakaian seragam pilot lengkap berdiri gagah di balik meja yang menjual berbagai macam mie dan rujak buah.

Orang mungkin mengira dia adalah penjual makanan yang memang sengaja memakai seragam pilot demi menarik pelanggan yang lewat.

Namun ternyata ini bukan bagian dari strategi pemasaran. Lelaki Malaysia itu memang sebelumnya berprfesi sebagai pilot pesawat komersial.

Dia merupakan satu di antara 2.200 karyawan di maskapai Malindo yang diberhentikan kerja akibat pandemi Covid-19.

Kisah Haru Pilot Senior Korban PHK, Buka Warung Sambil Tetap Berseragam Dinas
Pilot DiPh
2 dari 5 halaman

Diberhentikan Jadi Pilot Akibat Pandemi Corona

Pilot bernama Kapten Azrin Mohamad Zawawi ini mengatakan dia sudah berpengalaman dalam bidang penerbangan selama 20 tahun.

Namun, pengabdiannya di Malindo selama lima tahun dan enam bulan terhenti pada 30 Oktober lalu.

" Itu adalah maskapai penerbangan keempat di mana saya sebagai pilot. Saya terima dan ridha dengan pemberhentian ini. Saya malah sudah memperkirakan ini akibat pandemi.

" Tapi saya sedih karena terpaksa meninggalkan rekan-rekan seperjuangan, terutama mereka yang turut terdampak dengan pemberhentian ini," kata pilot berusia 44 tahun itu.

3 dari 5 halaman

Sudah Lama Berencana Buka Warung

Menyadari perkembangan yang tidak begitu baik dalam industri penerbangan, Kapten Azrin nekad untuk membuka sebuah warung dengan bantuan istri, ibu mertua dan dua adik iparnya.

" Saya sudah menduga masalah ini (pemberhentian). Sudah lama juga rencana untuk buka warung. Tapi baru sempat membukanya seminggu sebelum saya diberhentikan kerja.

" Tapi saya bukanlah tukang masak, hanya tukang potong dan sediakan bahan-bahan. Tukang masak utama adalah ibu mertua dan istri saya," ujarnya.

4 dari 5 halaman

Awal Jualan Memakai Seragam Pilot

Namun ayah empat anak itu tidak menyangka aksinya memakai pakaian seragam pilot ketika berjualan di warung menjadi viral.

Kapten Azrin mengatakan semua bermula saat dia memakai seragam ketika hendak mengembalikan kartu ID pekerjanya kepada pihak perusahaan.

" Dalam perjalanan pulang, saya singgah ke warung dan langsung bekerja. Foto saya berjualan sambil memakai seragam rupanya menjadi viral, hingga banyak pelanggan minta untuk saya terus memakainya.

" Atas permintaan pelanggan, saya turuti saja. Sejujurnya, memakai baju seragam bersama dengan apron malah menaikkan semangat saya untuk berjualan di masa sulit ini," kata Kapten Azrin.

5 dari 5 halaman

Tak Malu Terima Pesanan dari Mantan Anak Buah

Menurut Kapten Azrin, dia tidak malu menerima pesanan sambil memakai seragam pilot karena dirinya suka berinteraksi dengan banyak orang.

" Bukan hanya orang awam, bahkan di antara pelanggan saya ada kru kabin yang selama ini bertugas menghidangkan makanan dan minuman kepada penumpang.

" Selama ini hanya bekerja di kokpit, tapi sekarang saya dapat memahami tugas kru kabin. Saya tidak masalah, tak malu terima pesanan dari kru kabin. Malah mereka yang segan dengan saya," pungkasnya.

Sumber: mStar.com.my

Join Dream.co.id