Kisah Haru Pertemuan Pemuda dengan Pengasuh Usai Terpisah 32 Tahun

Your Story | Jumat, 5 Maret 2021 14:01
Kisah Haru Pertemuan Pemuda dengan Pengasuh Usai Terpisah 32 Tahun

Reporter : Sugiono

Perbedaan ras tidak menghalangi kasih sayang seorang pengasuh.

Dream - Setelah dewasa, kita sering kali mendengarkan cerita dari orangtua tentang masa lalu ketika masyarakatnya bisa hidup berdampingan secara harmonis.

Namun, dengan beberapa isu yang mengemuka saat ini, kita ragu apakah kehidupan seperti itu masih terpelihara atau sudah hilang ditelan zaman.

Baru-baru ini pemuda Malaysia Dell Zhafry Fuad berbagi kisah mengharukan tentang pertemuan pertama kali dengan pengasuhnya setelah berpisah 32 tahun lamanya.

2 dari 7 halaman

Pertemuan Mengharukan Pemuda dengan Pengasuhnya Usai Terpisah 32 Tahun

Tumbuh dalam keluarga Melayu di Berjuntai Tin Dredging, Selangor, sekitar tahun 1988, Zhafry dan kedua saudaranya diasuh oleh Kak Mala.

Perempuan India tersebut saat itu baru berusia 14 tahun. Kak Mala merawat Zhafry dan kedua saudaranya seperti anak-anaknya sendiri.

Zhafry bercerita bahwa saat itu Kak Mala rela tidak bersekolah agar bisa mengasuh dirinya dan saudara-saudaranya.

3 dari 7 halaman

Berpisah Karena Pindah Rumah

Kak Mala menjaga Zhafry dan saudara-saudaranya dengan tulus. Berulang kali Kak Mala mengatakan mereka adalah anak-anaknya.

 Kenangan masa kecil saat diasuh oleh Kak Mala.
© Facebook Dell Zhafry Fuad

Kemudian tibalah saat yang menyedihkan ketika Zhafry dan keluarganya pindah ke Terengganu. Itulah saat terakhir mereka melihat Kak Mala.

Namun, Zhafry tidak pernah menyangka jika dia akan bertemu kembali dengan Kak Mala yang terpisah selama 32 tahun.

4 dari 7 halaman

Reuni yang Tidak Sengaja

Menariknya, reuni pada November 2020 itu terjadi secara tidak sengaja. Waktu itu Zhafry dan teman masa kecilnya kebetulan berjalan menyusuri jalan di Kem 6 Berjuntai untuk mengunjungi guru Alquran mereka, Pakcik Khalid.

Setelah bertemu, Zhafry baru tahu kalau Kak Mala tinggal di dekat rumah Pakcik Khalid. Pria itu kemudian membawa Zhafry dan temannya ke sana.

Sayang, sesampainya di sana, Kak Mala sedang pergi keluar. Untungnya, saudara Kak Mala masih ingat dengan Zhafry.

5 dari 7 halaman

Pertemuan yang Mengharukan Itu

Setelah saudaranya menghubungi, Kak Mala meminta Zhafry untuk menunggu selama 20 menit karena dia sudah dalam perjalanan pulang.

Akhirnya, pertemuan mengharukan itu terjadi. Kak Mala seperti tidak bisa percaya saat melihat Zhafry yang sudah dewasa. Air matanya mulai menetes karena bangga dan terharu.

 Pertemuan Zhafry dan Kak Mala yang mengharukan.
© Facebook Dell Zhafry Fuad

" Dia memegang tangan saya dan memeluk saya, dia juga mencium pipi saya sambil menangis. Dia mengucapkan 'Terima kasih Tuhan, anakku kembali'," ujar Zhafry.

6 dari 7 halaman

Berharap Masyarakat Hidup Lebih Harmonis

Dari Kak Mala, Zhafry tahu bahwa mantan pengasuhnya itu sudah menikah pada tahun 2018. Dia yang merawat ibu dan saudara perempuannya yang sakit sebelum menikah.

Sayangnya, ibu Kak Mala yang biasa dia panggil paati (nenek dalam bahasa Tamil) telah meninggal dunia pada tahun 2009.

Zhafry mengatakan kisahnya ini merupakan gambaran bahwa perbedaan ras atau apa pun namanya, di antara keluarganya dan keluarga Kak Mala, tidak pernah menjadi masalah.

7 dari 7 halaman

Kak Mala bahkan merawat Zhafry dan saudara-saudaranya saat orang tua mereka sedang sibuk bekerja atau melakukan aktivitas lainnya.

Jika orangtuanya berencana pulang terlambat, Zhafry dan saudara-saudaranya akan dititipkan ke rumah Kak Mala.

" Saat itu, orang-orang hidup lebih harmonis. Saya berharap kisah ini menjadi awal dari hubungan yang langgeng antara keluarga saya dan keluarga Kak Mala," pungkasnya.

Sumber: World of Buzz

Join Dream.co.id