Kisah Kuan Chee Hen, Dermawan yang Sediakan Mobil Jenazah untuk Muslim

Your Story | Rabu, 16 September 2020 09:14
Kisah Kuan Chee Hen, Dermawan yang Sediakan Mobil Jenazah untuk Muslim

Reporter : Sugiono

Dia tak ingin kisah jenazah sang ayah yang terbujur di bangku kayu yang hanya berselimut tikar terulang.

Dream - Bagi warga Malaysia, terutama yang aktif di dunia maya pasti mengenal sosok pria keturunan China yang akrab disapa Uncle Kentang ini.

Pria paruh baya bernama asli Kuan Chee Heng ini, merupakan sosok dermawan yang suka menolong tanpa memandang agama dan latar belakang.

Bukan artis maupun wakil rakyat, Uncle Kentang aktif turun membantu warga yang kesusahan saat hendak menguburkan sanak saudara.

2 dari 6 halaman

Ini Alasan Mau Membantu Penguburan Jenazah

Dia bahkan tidak segan mengemudikan mobil jenazah khusus warga Muslim yang dibeli dari hasil sumbangan masyarakat Malaysia.

Sudah tak terhitung warga Malaysia yang kagum dengan sikap kedermawanan Uncle Kentang. Sikap dan tindakannya itu membuat penasaran warga Muslim Malaysia.

Mereka ingin tahu mengapa Uncle Kentang yang keturunan China dan non-Muslim mau membantu warga Muslim di sana. Apalagi ini soal mengurus kematian orang yang tidak seiman dengannya.

3 dari 6 halaman

Kisah Sedih di Hari Kematian Sang Ayah

Melalui sebuah postingan, Uncle Kentang blak-blakan mengungkapkan cerita di balik aksinya selama ini yang dianggap luar biasa itu.

" Mengapa saya orang Tionghoa tetapi menyediakan mobil jenazah? Karena ketika ayah saya meninggal, kami tidak mampu membeli peti mati. Pada jam 3 pagi saya melihat ayah saya terbujur kaku di bangku kayu panjang, dan hanya diselimuti dengan selembar tikar.

" Kami tidak bisa menguburkannya. Saat itu saya baru saja menyelesaikan SPM (ujian nasional). Untungnya, kakak saya dapat pinjaman dari seorang juragan di Jaya Watch Seapark bernama Pak Fong, sebesar RM2.500 (Rp8,9 juta)," tulisnya.

4 dari 6 halaman

Tak Banyak yang Hadir di Pemakaman Ayah

Yang lebih miris lagi, pemakaman almarhum ayahnya tidak dihadiri banyak orang. Karena khawatir keluarga Uncle Kentang akan meminta uang sumbangan.

" Ketika ayah saya akan dimakamkan, banyak yang tidak hadir karena mereka takut kami akan meminta uang. Tapi sekarang putranya yang bernama Ah Kuan akan muncul ketika kalian tidak punya uang.

" Saya pikir ayah akan tersenyum karena putranya sekarang memahami situasi seperti itu. Waktu itu banyak yang lari, yang hilang entah ke mana ... tapi hari ini kami datang membantu karena kami pernah merasakannya," kata pria ini lagi.

5 dari 6 halaman

Alasan Sediakan Mobil Jenazah Warga Muslim

Uncle Kentang juga mengungkapkan alasan mengapa dia menyediakan mobil jenazah hanya untuk warga Islam, bukan warga lain.

" Mengapa saya tak sediakan mobil jenazah untuk warga beragama lain? Karena memang tidak perlu. Saya tak mau boros.

" Karena banyak warga Tionghoa yang buat bisnis pemakaman, demikian juga dengan warga India. Dari Mercedes hingga Velfire, mereka juga pakai nomor cantik yang mudah untuk dihubungi.

6 dari 6 halaman

Tak Ingin Kisah Sedih Ayah Terulang

" Jadi saya serahkan urusan pemakaman mahal itu kepada mereka sendiri. Sementara untuk warga Muslim, saya hanya jadi pengemudi mobil jenazah. Urusan mandi dan pemakaman ada tim sendiri," katanya.

Menurut Uncle Kentang, dia dan timnya hanya ingin mempermudah orang untuk mengurus jenazah. Dia tak ingin kisah sedih almarhum ayahnya terulang kembali.

" Lagi pula warga Tionghoa dan India banyak ritual dalam upacara pemakaman mereka, dan kita serahkan kepada mereka yang pakar agar almarhum bisa dimakamkan dengan sempurna sesuai dengan adat istiadat masing-masing," pungkasnya.

Sebenarnya Uncle Kentang tidak hanya membantu pemakaman warga Muslim, tapi juga menolong warga lainnya yang membutuhkan bantuan. Mulai dari membiayai operasi di rumah sakit, penyambungan listrik dan air, atau mencari anak dan orang yang hilang.

Bagi yang tertarik melihat aksi kemanusiaan Uncle Kentang, kalian bisa melihatnya di akun Facebook pribadinya, facebook/kuan.cheeheng.

Sumber: mStar.com.my

Join Dream.co.id