Pria Inggris Masuk Islam Usai Tak Sengaja Baca Biografi Nabi Muhammad

Your Story | Senin, 20 April 2020 07:36

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila

Seorang Pria asal Inggris memutuskan memeluk Islam setelah Membaca Biografi Nabi Muhammad. MasyaAllah.

Dream - Hijrah menjadi momentum seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dalam Islam, jika seseorang ingin memeluk agama Islam, dia harus memulainya dengan mengucapkan dua kalimat syahadat.

Fenomena hijrah menjadi hal yang mungkin terjadi setiap hari di berbagai kota di dunia. Tak hanya masyarakat awam, keputusan menjadi seorang muslim juga dilakukan kalangan artis dan pesohor. Ada banyak sekali kisah hijrah yang menyentuh, dan penuh haru.

Dikutip dari About Islam, ada sebuah kisah menyentuh yang dilakukan oleh Yusuf Derbeshyre. Pemuda asal Inggris tersebut membagikan kisah hijrahnya. Dia mulai tergerak hatinya untuk masuk Islam setelah membaca Biografi Nabi Muhammad SAW. Masya Allah ya.

Pria Inggris Masuk Islam Usai Tak Sengaja Baca Biografi Nabi Muhammad
Kisah Hijrah (sumber:Pexels.com)
2 dari 6 halaman

Awal Mula Cerita Hijrah Yusuf

 Kisah Hijrah© Pexels.com

Sebelum menjadi Muslim, Yusuf merupakan pemuda Inggris biasa. Dia dan teman - temannya kerap kali pergi minum alkohol dan keluar malam. Sekitar lima tahun yang lalu, Yusuf berlibur ke Yunani.

Dia memiliki kebiasaan untuk membawa beberapa buku untuk mengisi waktu luang. Dia kemudian pergi ke sebuah toko buku. Namun, tak menemukan buku menarik untuk dibaca.

Ketika Yusuf hendak berbalik untuk pergi, ia tak sengaja mendorong rak buku dan menyebabkan semua buku terjatuh.

Karena canggung, ia mengambil buku tersebut. Ternyata buku itu ditulis oleh seorang penulis barat, bernama Barnaby Rogerson, Buku itu berjudul " Biografi Nabi Muhammad" .

 

3 dari 6 halaman

Membaca Buku Biografi Nabi Muhammad

Yusuf kemudian membuka halaman pertama tentang Nabi Muhammad dan mulai tertarik. Dia melanjutkanya membuka halaman kedua dan semakin serius membacanya. Setelah itu, Yusuf memutuskan untuk membelinya dan membawanya sambil berlibur.

Ketika membaca buku itu, Yusuf berpikir, “ Aku ingin belajar lebih banyak.” batinnya.

Seketika pulang dari liburan, Yusuf mulai pergi ke masjid setempat. Kepada imam masjid dia mengutarakannya keinginannya belajar lebih banyak tentang Islam.

Dan Imam tersebut berkata, " Sejujurnya, cara terbaik untuk memahami Islam adalah menjadi seorang Muslim."

Tanpa berpikir terlalu lama, Yusuf akhirnya mengucapkan syahadat. Masya Allah.

4 dari 6 halaman

Aku Merasa Seperti Hamzah, Paman Nabi Muhammad

 Yusuf pergi Berhaji© Pexels.com

Sebagai seorang Muallaf, Yusuf merasa perjalanan hidupnya mirip dengan Hamzah, Paman Nabi Muhammad SAW. Sebelum hijrah, Hamzah menjalani kehidupan jahiliyah seperti minuman keras, dan menjalani hidup yang keras. 

Setelah menjadi muslim, Hamzah menjadi pribadi yang lebih baik dan meninggalkan kebiasaan buruk. Yusuf merasa perjalanan hidupnya mirip dengannya.

Lalu, ketika Yusuf pergi haji, dia ingin pergi ke tempat pertempuran Uhud untuk melihat di mana Hamzah meninggal. 

Saat dia berjalan, Yusuf merasa sangat tenang. Ia sampai menitikkan air mata dan tak bisa menghentikannya. Padahal dia tidak tahu apa penyebabnya.

Ketika Yusuf pergi ke kuburan Hamzah, dia pun berdoa disana.

5 dari 6 halaman

Menamai Anaknya, Safiyya

Usai pulang haji, Yusuf berkata kepada istrinya yang sedang hamil saat itu - " Jika kita memiliki seorang putra, aku ingin memanggilnya Hamza,"

Namun ternyata, bayi yang dikandung istrinya berjenis kelamin perempuan.

Yusuf pun mencari tahu apakah ada nama perempuan yang berhubungan dengan Hamzah, untuk nama anaknya. Namun, Yusuf tidak menemukannya di internet.

Istri Yusuf memintanya untuk bertanya kepada sang ibu. Dan Ibunya mengusulkan beberapa nama. Yusuf pun memilih sebuah nama yakni Safiyya.

Selang beberapa bulan, Yusuf masih merasa kecewa karena belum menemukan nama perempuan yang berhubungan dengan Hamzah.

Kemudian ia membaca sebuah buku tentang Perang Uhud. Di dalam buku itu, diceritakan bahwa Hamza memiliki saudara perempuan. Saudara perempuan Hamza ternyata bernama Safiyya. Yusuf pun merasa senang, ia merasa ini adalah sebuah petunjuk dari Allah SWT. 

Begitulah Kisah Hijrah Yusuf Derbeshyre dari Inggris. Semoga kita semua dilimpahkan kebaikan dan keberkahan ya Sahabat Dream. Aamiin.

6 dari 6 halaman

Berikut Unggahan Video Hijrah Yusuf Derbeshyre

Join Dream.co.id