Dikira Bercanda, Driver Online Makanan Kaget Dapat Tip Rp3,5 Juta

Your Story | Kamis, 25 Februari 2021 08:00
Dikira Bercanda, Driver Online Makanan Kaget Dapat Tip Rp3,5 Juta

Reporter : Dwi Ratih

Memang rezeki nggak kemana.

Dream – Pengendara pesan antar makan, seperti FoodPanda jadi salah satu pekerja paling keras di Malaysia. Mereka berusaha selalu memastikan pesanan pesanan makanan sampai ke pelanggan, meski hujan lebat, panas, dan pandemi melanda.

Kerja keras dan perjuangan para pengantar makanan ini beberapa kali membuat beberapa pelanggan mereka terenyuh. Tak jarang di antara para pemesan memberikan uang tip kepada sang pengantar.

Muhammad Faris Faizul, jadi salah satu driver yang beruntung karena mendapatkan uang tip yang sungguh besar dan tak pernah terlintas di pikirannya. Ia menerima tip dari pelanggang sebesar RM 1.000 setara dengan Rp3,5 juta.

“ Rezeki saya sore ini, saya kaget bahkan sampai lompat dari motor saya. Tersentuh dan terharu tapi juga bersyukur dan senang karena nggak nyangka dapat tips segini besar,” tulis Faris pada tautan Facebooknya.

Fariz sangat kaget saat pertama membuka amplop tip yang diberikan pelanggan.

 Tip Muhammad Faris Faizul
© Facebook/Foodpanda Rider Malaysia

2 dari 7 halaman

Amplop Ditaruh di Meja Makan

Semua ini berawal ketika pelanggan meminta Faris untuk meninggalkan pesanan di atas meja depan pintu rumah, dan menyuruh dia untuk mengambil amplop yang telah ditinggalkan di sana.

“ Kakak, setelah sampai masuklah lewat gerbang dan tinggalkan makanan di atas meja putih. Dan angkatlah piring di atas meja, ada amplop di sana, ambilah. Terima kasih,” tulis pelanggan itu dalam obrolan aplikasi.

Faris mengikuti semua instruksi dari pelanggannya dan merasa kebingungan dengan uang tip terlalu besar yang diberikan.

 

3 dari 7 halaman

Dikira Bercanda

“ Kak, apakah ini beneran? Kamu tidak bercanda? Karena ada RM 1.000 di sini,” kirim Faris membalas pesan pelanggan.

 Tip Muhammad Faris Faizul
© Facebook/Foodpanda Rider Malaysia

 Tip Muhammad Faris Faizul
© Facebook/Foodpanda Rider Malaysia

Pelanggan wanita itu ternyata benar-benar memberikan uang tersebut untuk Faris, sebagai tip dan permintaan untuk mendoakan dan memohonkan anugerah seorang anak baginya.

“ Betul kak, ini rezeki kakak. Doakan saya agar memiliki anak dan bagikan tip itu kepada teman yang lain, oke? Katakan kepada yang lain agar saya cepat mendapatkan anugerah anak,” jawab pelanggan kembali.

 

4 dari 7 halaman

Doakan Pengantar Lain

Hal seperti ini sangatlah menakjubkan, melihat pelanggan membagikan mata pencahariannya dengan memberikan uang tip yang besar, dengan harapan semua karma baik benar-benar terjadi pada pelanggan tersebut.

“ Saya meminta semua teman pengendara pesan antar untuk berdoa agar pelanggan tersebut segera mendapatkan anugerah yang diinginkannya,” akhir kata pada tautan Faris.

Tentunya semua dari kita juga akan mendoakannya 'kan Sahabat Dream?

(Laporan: Josephine Widya, Sumber: World of Buzz)

 

 

5 dari 7 halaman

Pelanggan Tak Relakan Tips yang Sudah Diberikan, Balasan Driver Ojol Mengejutkan

Dream - Profesi sebagai driver ojek online (ojol) khusus penghantar barang atau makanan bukanlah sesuatu yang asing lagi saat ini.

Bahkan, pelbagai kisah suka duka yang dialami driver ojol sering viral di media sosial sehingga mendapat perhatian netizen.

Kali ini, seorang driver ojol Malaysia bernama, Khairul Haffendy Othman, jadi viral setelah berkisah tentang pesan yang diterimanya dari seorang pelanggan.

Tak Ikhlas Beri Tips Karena yang Dipesan Kurang

Menurut pesan di WhatsApp itu, seorang pelanggan mengaku tidak merelakan uang tips sebesar 2 ringgit (Rp7 ribu) yang telah diberikannya kepada Khairul.

Masalahnya, kata pelanggan tersebut, makanan yang diantarkan oleh Khairul porsinya tidak sesuai dengan pesanan alias kurang.

Selain itu, dia juga gusar karena sudah beberapa kali menghubungi call center penjual makanan tapi tidak tersambung.

" Dik, saya tidak halalkan uang kembalian yang sudah saya kasih. Sebab makanannya kurang. (Hubungi) Call center pun tak bisa-bisa," tulis pelanggan itu kepada Khairul.

 

 

6 dari 7 halaman

Tak Langsung Emosi, Beri Penjelasan Menyejukkan

Tidak langsung emosi, pemuda itu membalas pesan tersebut dengan tenang. Khairul menjelaskan dia hanyalah seorang driver ojol yang bertugas mengantarkan pesanan.

Jadi, dia sama sekali tidak punya kaitan dengan urusan tentang porsi makanan dan penjualnya sekalian.

" Kak, saya hanya bertugas mengambil dan mengantarkan makanan dari restoran yang kakak pesan," tulisnya.

Daripada Merusak Rezeki Keluarga

Menganggap uang tips tersebut bisa merusak rezeki keluarganya karena pelanggan tidak ikhlas memberi, Khairul mengaku telah menyedekahkannya ke kotak amal di masjid.

" Kak, terima kasih karena tak ikhlaskan uang 2 ringgit itu. Uang itu nanti saya masukkan kotak amal masjid kak. Saya tak mau merusak rezeki saya dan keluarga saya," balasnya.

Bukan sekadar omong kosong, tidak lama kemudian Khairul mengirimkan foto kotak amal Masjid Sembilang Seberang Jaya, Pulau Pinang sebagai bukti kata-katanya kepada wanita itu.

 

 

7 dari 7 halaman

Jadi Bahan Bully Netizen

Cuplikan percakapan kemudian dimuat naik di Facebook oleh Khairul sehingga meraih dibagikan 5.000 kali oleh netizen.

Bahkan, hampir 1.000 komentar juga ditinggalkan oleh netizen, yang rata-rata berpihak kepada Khairul Haffendy.

Kata netizen, mereka simpati dengan nasib driver ojol itu, dan mengutuk keras sikap pelanggan wanita tersebut.

" Kak 2 ringgit saja, bukan 2.000 atau 2 juta. Otak kakak itu tertinggal di terminal bus mana hingga memikirkan hal receh macam ini?"

" Makanan kurang? Dia pikir driver ojol itu masak sendiri apa?"

" Makanan jadi darah dan daging. Meski sakit hati, jangan keterlaluan."

" Org klau malas masak terima saja. Bagaimana pun isi dlm bungkusan yang orang antar itu ada rahmat Allah dalamnya.. Kalau tak cukup pergi dapur msak sendiri sendiri sana."

Sumber: mStar.com.my

Join Dream.co.id