Keutamaan Puasa Idul Adha yang Sayang Dilewatkan, Umat Islam Wajib Tahu

Your Story | Rabu, 25 Mei 2022 20:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Puasa 7 hari di awal Zulhijah, puasa Tarwiyah, dan puasa Arafah memiliki keutamaan masing-masing.

Dream – Selain hari raya Idul Fitri, umat Islam juga memiliki perayaan lain yang juga sangat dinantikan yaitu Idul Adha atau sering juga disebut juga Idul Kurban. Perayaan ini tak kalah meriah, di mana umat Islam juga berbondong-bondong ke masjid untuk solat pada pagi hari lalu memotong hewan kurban.

Sebelum menyambut kedatangan Idul Adha, Islam menganjurkan kepada umatnya agar menjalankan puasa sunah terlebih dahulu. Ada tiga puasa Idul Adha yang bisa Sahabat Dream jalankan. Yakni puasa tujuh hari di awal bulan Zulhijah, puasa Tarwiyah, dan puasa Arafah.

Ketiga puasa sunah tersebut memiliki keutamaan masing-masing yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Nah, bBerikut adalah beberapa keutamaan dari masing-masing puasa Idul Adha yang perlu diketahui sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

Keutamaan Puasa Idul Adha yang Sayang Dilewatkan, Umat Islam Wajib Tahu
Keutamaan Puasa Idul Adha (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Keutamaan Puasa 7 Hari di Awal Zulhijah

 Keutamaan Puasa 7 Hari di Awal Zulhijah© Shutterstock.com

Puasa Idul Adha pertama yang bisa Sahabat Dream kerjakan adalah puasa 7 hari di awal bulan Zulhijah. Sesuai dengan jumlahnya, puasa sunah ini dikerjakan selama tujuh hari berturut-turut, sejak tanggal satu hingga tujuh Zulhijah. Nah, di setiap harinya pelaksanaan puasa tersebut memiliki keutamaan sendiri-sendiri. Berikut keutamaannya yang dikutip dari babel.kemenag.id:

Tanggal 1 Zulhijah

Allah SWT mengampuni Nabi Adam as saat di Arafah, dengan begitu puasa di hari tersebut bisa diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT.

Tanggal 2 Zulhijah

Allah SWT mengabulkan doa Nabi Yunus as dan mengeluarkannya dari perut ikan nun yang berukuran besar. Oleh karena itu, umat Islam yang menjalankan puasa di tanggal tersebut sama halnya dengan beribadah dan berpuasa selama satu tahun tanpa adanya maksiat.

Tanggal 3 Zulhijah

Allah SWT mengabulkan doa yang dipanjatkan oleh Nabi Zakariya as. Oleh karena itu, umat Islam yang berpuasa di tanggal tersebut akan dikabulkan doanya oleh Allah SWT.

Tanggal 4 Zulhijah

Pada tanggal inilah Nabi Isa as dilahirkan. Sehingga, umat Islam yang menjalankan puasa di tanggal tersebut akan dihindarkan dari kesulitan dan akan dikumpulkan dengan orang-orang yang mulia saat hari kiamat.

Tanggal 5 Zulhijah

Di tanggal inilah Nabi Musa as dilahirkan dan dimuliakan munajatnya. Oleh karena itu, umat Islam yang menjalankan puasa di tanggal tersebut akan dilepaskan dari sifat munafik dan juga siksa kubur.

Tanggal 6 Zulhijah

Allah SWT membukakan pintu kebaikan pada semua Nabi. Sehingga, orang yang menjalankan puasa di tanggal tersebut akan dipandang Allah SWT dengan penuh rahmat dan juga kasih sayang.

Tanggal 7 Zulhijah

Di tanggal inilah pintu neraka jahanam ditutup dan dikunci. Lalu akan dibuka kembali sebelum akhir tanggal 10 Zulhijah. Umat Islam yang berpuasa di tanggal tersebut akan terhindar dari 30 pintu kemelaratan dan kesulitan, serta akan dibukakan 30 pintu kemudahan baginya.

3 dari 4 halaman

Keutamaan Puasa Tarwiyah

Puasa Idul Adha yang kedua adalah puasa Tarwiyah yang dikerjakan pada tanggal 8 Zulhijah. Bagi Sahabat Dream yang akan menjalankan puasa Tarwiyah, maka berikut ini adalah beberapa keutamaannya yang perlu kamu ketahui:

Seperti Menjalankan Puasa Satu Tahun

Keutamaan puasa Tarwiyah yang pertama adalah seperti menjalankan puasa selama satu tahun. Keutamaan puasa ini pun telah dijelaskan dalam sebuah hadis berikut:

" Barangsiapa berpuasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti sebulan. Dan untuk puasa pada hari Tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari Arafah seperti puasa dua tahun," (HR. Ali Al-Muairi, At-Thibbi, Abu Sholeh, dan Ibnu Abbas).

Jadi Amalan yang Dicintai Allah SWT

Puasa Tarwiyah adalah salah satu amalan yang dicintai Allah SWT. Hal ini turut dijelaskan oleh Imam Al Ghazali dalam Kitab Ihya Ulumuddin sebagai berikut:

" Tiada hari di mana amal sholeh, lebih dicintai Allah selain hari-hari yang sepuluh ini (10 hari pertama bulan Dzulhijjah).' Sesungguhnya berpuasa satu hari di dalamnya membandingi puasa satu tahun. Melakukan sholat malam di dalamnya membandingi sholat malam pada malam Lailatul Qadar. Salah seorang sahabat bertanya 'Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah?' Beliau (Rasulullah) bersabda, 'Iya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid).'" (HR. Bukhari).

4 dari 4 halaman

Keutamaan Puasa Arafah

 Keutamaan Puasa Arafah© Shutterstock.com

Puasa Idul Adha yang ketiga adalah puasa Arafah. Ada beberapa keutamaan dari puasa Arafah ini yang sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Berikut adalah keutamaan dari puasa Arafah yang perlu sahabat Dream ketahui:

Menghapuskan Dosa Selama 2 Tahun

Keutamaan puasa Arafah yang pertama adalah bisa menghapuskan dosa selama dua tahun. Dalam hal ini, dosa yang dimaksud adalah dosa yang ada di tahun sebelumnya dan dosa di tahun sesudahnya. Keutamaan ini pun dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim berikut ini:

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “ Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim).

Dikerjakan di Hari Arafah

Keutamaan berikutnya dari puasa Arafah adalah dikerjakan di hari Arafah. Di mana hari Arafah ini sangatlah istimewa karena Allah SWT telah membebaskan manusia dari neraka. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim berikut ini:

Tidak ada hari di mana Allah membebaskan hamba dari neraka melebihi hari arafah.” (HR. Muslim). (mut)

Join Dream.co.id