Keutamaan Membaca Tahmid dalam Kehidupan Sehari-hari, Salah Satunya Bisa Dihapuskan dari Dosa

Your Story | Jumat, 21 Januari 2022 11:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Tahmid menjadi salah satu bacaan yang disukai oleh Allah SWT.

Dream – Manusia senantiasa akan menghadapi banyak masalah maupun rintangan selama menjalani kehidupan di dunia. Kadar kesukaran dari setiap persoalan berbeda-beda. Namun ujian tersebut sering kali menimbulkan rasa lelah, takut, khawatir, putus asa, sakit hati dan sebagainya.

Dalam kondisi seperti ini, manusia membutuhkan kenyamanan, ketenangan, dan perlindungan. Islam telah mengajarkan kepada setiap umatnya dalam kondisi apapun, termasuk saat sedang merasa tidak tenang, maka berdzikir bisa menjadi obat penawar.

Di dalam dzikir, sahabat Dream akan semakin dekat dengan Allah SWT, memuji keagungan-Nya, mengadu, hingga memohon agar diberikan kemudahan untuk bisa melewati masalah tersebut.

Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, Ibnu Athaillah menganjurkan kepada umat Islam untuk berdzikir meski hati sedang lalai sekali pun. Ini menunjukkan betapa penntingnya dzikir tersebut. Nah, salah satu dzikir yang dilafalkan adalah tahmid. Meskipun sangat pendek dan mudah sekali untuk diucapkan, namun keutamaannya sangatlah besar.

Barangsiapa membaca bacaan tahmid, maka hal ini termasuk dalam perbuatan yang mulia. Sehingga penting sekali untuk membiasakan diri berdzikir, termasuk membaca bacaan tahmid.

Berikut adalah penjelasan lebih lengkap tentang berdzikir dan keutamaan dari membaca tahmid yang telah dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

Keutamaan Membaca Tahmid dalam Kehidupan Sehari-hari, Salah Satunya Bisa Dihapuskan dari Dosa
Keutamaan Membaca Tahmid (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Pentingnya Berdzikir

 Pentingnya Berdzikir© Shutterstock.com

Sebagai umat Islam, berdzikir menjadi aktivitas yang sangat penting untuk dilakukan. Bahkan berdzikir tidak hanya bisa dilakukan setelah menjalankan sholat saja. Tetapi bisa juga dilakukan saat kamu sedang berada di transportasi umum maupun sambil berjalan. Pentingnya berdzikir ini pun disampaikan oleh Ibnu Athaillah berikut ini seperti dikutip dari islam.nu.or.id:

لا تترك الذكر لعدم حضور قلبك مع الله فيه لأن غفلتك عن وجود ذكره أشد من غفلتك في وجود ذكره فعسى أن يرفعك من ذكر مع وجود غفلة إلى ذكر مع وجود يقظة ومن ذكر مع وجود يقظة إلى ذكر مع وجود حضور ومن ذكر مع وجود حضور إلى ذكر مع غيبة عما سوى المذكور (وَمَا ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ بِعَزِيزٍ)ـ

Artinya: Jangan tinggalkan dzikir karena kelalaian hatimu yang tidak bersama Allah karena kelalaian tanpa dzikir lebih buruk daripada kelalaian dengan dzikir. Bisa jadi Allah mengangkatmu dari dzikir dengan kelalaian ke dzikir dengan hati terjaga, dari dzikir dengan hati terjaga ke zikir dengan hati waspada, dari dzikir dengan hati waspada ke dzikir fana. Allah berfirman, ‘Dan yang demikian itu bagi Allah tidak sulit,” (Surat Ibrahim ayat 20).”

Dari sinilah Ibnu Athaillah menganjurkan kepada umat Islam untuk melakukan dzikir meski dengan hati yang lalai sekali pun. Dijelaskan bahwa dzikir sangatlah penting, karena menjadi jalan utama untuk mereka yang tengah melakukan perjalanan ilahi. Bahkan Allah SWT pun juga memerintahkan umat Islam untuk selalu menyebut nama-Nya terus-menerus.

3 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Tahmid dalam Berdzikir

 Keutamaan Membaca Tahmid dalam Berdzikir© Shutterstock.com

Saat sedang berdzikir, ada beberapa bacaan yang biasanya dilafalkan. Salah satunya adalah bacaan tahmid yang berbunyi “ Alhamdulillah”. Meskipun sangat pendek dan mudah untuk dilafalkan, namun untuk menjaga agar bisa konsisten membacanya terus tidaklah bisa dikatakan mudah.

Ada kalanya manusia lupa, atau dalam suatu kondisi tertentu bacaan ini pun ditinggalkan. Padahal di balik membaca tahmid sendiri tersimpan keutamaan yang sangat besar dan menjadi perbuatan mulia bagi mereka yang membacanya.

Nah, berikut adalah beberapa keutamaan dari membaca tahmid yang penting untuk sahabat Dream ketahui seperti dikutip dari islamkita.co:

Menjadi Dzikir yang Utama

Bacaan tahmid adalah bacaan dzikir yang utama karena bacaan ini sangat disukai oleh Allah SWT. Tahmid biasanya dibaca ketika sedang berdzikir bersamaan dengan bacaan lainnya yang juga disukai Allah SWT. Hal ini pun dijelaskan dalam suatu hadis yang diriwayatkan oleh Muslim berikut ini:

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « أَحَبُّ الْكَلاَمِ إِلَى اللَّهِ أَرْبَعٌ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ. لاَ يَضُرُّكَ بَأَيِّهِنَّ بَدَأْتَ

Artinya: Diriwayatkan oleh Samuroh bin Jundub, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “ Ada 4 ucapan yang paling disukai oleh Allah yaitu: Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illallah (tahlil), dan Allahu Akbar. Tidak berdosa bagimu dengan mana saja kamu memulai.” (HR. Muslim, No. 2137)

Bisa Menghapuskan Dosa

Setiap manusia tentu tidak luput dari yang namanya dosa. Meski begitu, Allah SWT selalu membuka pintu maaf kepada siapapun hamba-Nya yang dengan tulus serta ikhlas berniat untuk bertobat. Nah, bacaan tahmid ini menjadi salah satu bacaan yang mampu menghapuskan dosa. Meskipun dosanya telah sebanyak buih yang ada di lautan.

Hal ini pun dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad berikut ini:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَا عَلَى الأَرْضِ رَجُلٌ يَقُولُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ إِلاَّ كُفِّرَتْ عَنْهُ ذُنُوبُهُ وَلَوْ كَانَتْ أَكْثَرَ مِنْ زَبَدِ الْبَحْرِ

Artinya: Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “ Tidaklah seorang di muka bumi ini mengucapkan: Laa ilaha illallah, wallahu akbar, subhanallah, wal hamdulillah, wa laa hawla wa laa quwwata illa billah, melainkan dosa-dosanya akan dihapus walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Ahmad, No. 158)

4 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Tahmid dalam Berdzikir

Ditambahkan Rezeki oleh Allah SWT

Keutamaan lainnya membaca tahmid adalah bisa ditambahkan rezeki oleh Allah SWT. Inilah keutamaan dari bacaan tahmid yang paling besar. Tentunya saat rezeki itu sudah kamu dapatkan, haruslah bersyukur kepada Allah SWT. Karena dengan bersyukur, maka nikmat dan berkah pun juga akan ditambahkan dalam rezeki tersebut. Dengan begitu, manfaat yang kamu dapatkan pun juga akan semakin besar.

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ibrahim ayat 7 yang bunyinya sebagai berikut:

وَاِذْتَاَذَّنَرَبُّكُمْلَىِٕنْشَكَرْتُمْلَاَزِيْدَنَّكُمْوَلَىِٕنْكَفَرْتُمْاِنَّعَذَابِيْلَشَدِيْدٌ

Artinya: Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “ Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim: 7).

Itulah penjelasan terkait pentingnya berdzikir dan keutamaan dari membaca bacaan tahmid. Mudah-mudahan kita semua bisa terus mengamalkannya dan menjadi hamba yang selalu ingat serta bersyukur kepada Allah SWT.

Join Dream.co.id