Ketika Tokoh NU dan Muhammadiyah Bergantian Jadi Imam Sholat Subuh

Your Story | Rabu, 24 Maret 2021 06:00

Reporter : Ahmad Baiquni

Beragama tidak harus kaku, seperti dicontohkan KH Idham Chalid dan Buya HAMKA.

Dream - Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, dua ormas Islam terbesar di Indonesia ini memang banyak memiliki perbedaan. Khususnya soal praktik ibadah, yang masing-masing punya dasar kuat.

Namun demikian, bukan berarti perbedaan tersebut menjadi pemecah. Bahkan banyak tokoh dari dua ormas Islam ini punya hubungan yang akrab.

Pun demikian, soal perbedaan amalan juga tidak menjadi persoalan besar. Ruang toleransi pun terbuka, seperti dicontohkan dua tokoh besar yaitu KH Idham Chalid dari NU dan Buya Haji Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA).

Dikutip dari NU Online, dua tokoh ini dulu melaksanakan haji bersama dalam satu kapal. Keduanya pun bergantian menjadi imam sholat di atas kapal.

 

Ketika Tokoh NU dan Muhammadiyah Bergantian Jadi Imam Sholat Subuh
KH Idham Chalid Dan Buya HAMKA, Tokoh NU Dan Muhammadiyah Yang Bersahabat (Ngelmu.co)
2 dari 3 halaman

Beda Soal Qunut, Tapi Bukan Gontok-gontokan

Yang menarik yaitu ketika sholat Subuh. Sudah menjadi pemahaman umum NU selalu membaca doa Qunut pada rakaat ke dua, sementara tidak demikian dengan Muhammadiyah.

NU diketahui sebagai ormas Islam pengikut Mazhab Syafi'i. Dalam pandangan Mazhab tersebut, Qunut merupakan amalan sunah yang sangat dianjurkan dan apabila ditinggalkan baik lupa maupun sengaja, orang yang sholat dianjurkan untuk sujud Sahwi.

Hal ini tidak berlaku pada Muhammadiyah. Sebab, Muhammadiyah berpandangan Qunut bukanlah sunah dalam sholat Subuh.

 

3 dari 3 halaman

Indahnya Toleransi

Meski begitu, dua tokoh ini tidak mempersoalkannya. Kiai Idham pun tidak membaca Qunut ketika sedang mengimami sholat Subuh.

Ketika Buya HAMKA menjadi imam, dia pun membaca Qunut. Ini demi menghargai paham lain.

Tidak ada yang meragukan kemampuan keduanya dalam hal pengetahuan agama. Tetapi, kedua justru tidak sibuk berdebat urusan dalil apalagi menyatakan diri paling benar.

Menyambut Ramadan, Dream punya program baru nih. Namanya Dream Ngaji. Program ini disiarkan secara live stream lewat Instagram bersama Ustaz KH Muhammad Nur Hayid.

Selama satu jam, kita akan banyak belajar soal agama. Kamu juga bisa tanya atau konsultasi seputar keagamaan lho.

Ikuti live stream Dream Ngaji pada Kamis, 25 Maret 2021 pukul 16.00-17.00 WIB. Jangan sampai ketinggalan ya.

Join Dream.co.id