Kenali Beda Zakat, Wakaf dan Sedekah

Your Story | Sabtu, 8 Mei 2021 18:00

Reporter : Ahmad Baiquni

Dalam Islam, ada banyak amalan pemberian yang dihitung sebagai ibadah.

Dream - Sebagai agama, ajaran Islam mencakup segala aspek kehidupan. Tidak melulu soal rohani namun juga jasmani maupun sosial.

Ibadah dalam Islam tidak semata dengan sholat, puasa, maupun zikir. Terdapat pula ibadah yang sangat berkaitan dengan kehidupan sosial kemanusiaan.

Ibadah tersebut di antaranya seperti zakat, wakaf, maupun sedekah. Sama-sama dijalankan dengan cara memberikan sebagian harta namun kedudukan masing-masing amalan tersebut berbeda.

Nama dari masing-masing amalan ini diambilkan dari bahasa Arab. Oleh sebab itu, penting kiranya memahami bahasa Arab agar tidak keliru dalam memahami.

Ibnul Qayyim termasuk salah satu ulama yang paling gigih menekankan pentingnya penggunaan berbagai istilah syariat sebagaimana digunakan dalam Alquran dan hadis. Penggunaan istilah syariat dengan benar dapat menyelamatkan kita dari kesalahan dalam memahami hukum Allah ‘Azza wa Jalla.

Sedangkan, sebenarnya apa perbedaan antara zakat, wakaf dan sedekah?

 

Kenali Beda Zakat, Wakaf dan Sedekah
Ilustrasi Zakat (Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Zakat

Zakat merupakan amalan yang bernilai ibadah dan hukumnya wajib bagi setiap Muslim. Amalan ini dijalankan dengan mengeluarkan harta dalam kadar tertentu.

Perintah zakat sendiri tercantum dalam Alquran. Salah satunya pada Surat Al Baqarah ayat 43.

Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.

 Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Keluarga, Serta Keutamaan Didalamnya
© MEN

Zakat sendiri terbagi dalam dua jenis yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah yang berarti zakat jiwa, dibayarkan dengan tujuan membersihkan jiwa.

Zakat ini dikeluarkan setiap bulan Ramadan. Pembayarannya dengan makanan pokok seperti beras, jagung, dan lain sebagainya dengan berat setara 2,5 kilogram.

Sedangkan zakat mal yaitu zakat harta yang dibayarkan dengan tujuan membersihkan harta. Zakat ini dibayarkan dari harta dengan takaran nisab emas dan sudah dimiliki dalam 1 tahun.

3 dari 4 halaman

Wakaf

Wakaf adalah pemberian menggunakan aset. Biasanya dibayarkan menggunakan tanah atau gedung yang dimanfaatkan untuk kepentingan umat.

Makna wakaf secara istilah yaitu menyerahkan sebagian harta untuk keperluan ibadah atau umat. Harta yang diwakafkan sifatnya tidak akan habis agar bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu lama.

 Menjual Barang Wakaf Masjid Sudah Rusak, Bolehkah?
© MEN

Wakaf merupakan amalan yang sifatnya sunah. Bisa dilakukan dengan menyerahkan aset tanah bangunan, namun seiring berjalannya waktu bisa dengan uang, emas, saham, dan lain sebagainya.

Meski sunah, amalan ini sangat dianjurkan. Anjuran wakaf sendiri tercantum dalam Alquran, salah satunya pada Surat Ali Imran ayat 92.

Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.

 

4 dari 4 halaman

Sedekah

Sedekah merupakan amalan yang paling luas cakupannya. Dijalankan untuk meraih ridha Allah, dengan harta dalam bentuk dan takaran bebas dan waktu yang leluasa.

Sedekah mencakup segala amalan pemberian yang hukumnya tidak wajib. Sedekah sering pula digunakan sebagai istilah untuk menyebut kebaikan.

 Doa Saat Ingin Bersedekah di Bulan Ramadan Tapi Tak Bisa
© MEN

Dalam praktiknya, tak ada ketentuan khusus yang sampai menyatakan sedekah dianggap tidak sah atau wajib diulang. Sehingga amalan ini bisa dilakukan siapa saja dan kapan saja.

Hanya saja, sedekah mempunyai kode etik agar pahalanya terjaga. Di antaranya harus ikhlas dan tidak diikuti dengan mengungkit-ungkit pemberian.

Join Dream.co.id