Kebiasaan Mulia Abdi Negara Berpangkat Aiptu

Your Story | Sabtu, 23 Februari 2019 18:02
Kebiasaan Mulia Abdi Negara Berpangkat Aiptu

Reporter : Ahmad Baiquni

Aiptu Parsono dikenal dermawan dan suka membantu orang yang kesusahan.

Dream - Bagi masyarakat Kecamatan Pejagoan, Kebumen, Jawa Tengah, nama Parsono tidaklah asing. Polisi berpangkat Aiptu ini cukup terkenal karena kebiasaannya yang mulia, tak putus dalam bersedekah.

Kebiasaan tersebut dimiliki Parsono semata agar tak lupa pada pesan orangtuanya. Berbagi rezeki kepada sesama yang membutuhkan.

Dikutip dari Liputan6.com, setiap hari Parsono meluangkan waktu di sela jam kerjanya untuk mengunjungi mereka yang membutuhkan. Tangan anggota Kanit Binmas Polsek Pejagoan ini tak pernah kosong dari bahan bantuan baik sembako maupun uang tunai.

Seperti tatkala ia pergi ke gubuk reyot milik Bera, 60 tahun, warga miskin di Desa Kedawung usai bertugas mengatur lalu lintas.

Dia bawakan hadiah berupa bahan pangan dan sedikit uang tunai. Polisi tersebut berharap kondisi Bera dapat sedikit ringan.

" Enggak seberapa sih (jumlahnya). Namun kebiasaan ini sudah saya lakukan bertahun-tahun kepada orang yang membutuhkan. Bantuan ini murni dari penghasilan saya, karena saya ingin berbagi," kata Parsono.

 

2 dari 3 halaman

Kebiasaan Sejak Muda

Tak ada keraguan dalam benak Parsono untuk mengeluarkan sebagian harta. Dalam hatinya ada keyakinan yang sudah tertanam sejak masih muda, sedekah tidak akan membuat orang menjadi susah.

Keyakinan itu dibuktikan sendiri oleh Parsono. Meski penghasilannya sebagai polisi tidaklah besar, dia bisa memberikan pendidikan bagi anak-anaknya hingga tingkat Perguruan Tinggi.

Anak pertama Parsono menempuh jenjang Magister atau S-2 dan menjadi pengajar di UIN Walisongo, Semarang. Anak keduanya sekarang menempuh jenjang Sarjana atau S-1 di Universitas Gadjah Mada, sedangkan si bungsu duduk di kelas 5 Sekolah Dasar.

" Kami yakin, pendapatan kami berdua (istri) bisa untuk menyekolahkan anak dan berbagi. Istri saya bekerja sebagai guru SD," ucap Parsono.

3 dari 3 halaman

Sosok Religius

Di lingkungan tempat kerjanya, Parsono dikenal sangat religius. Selain menjalankan tugas sebagai Polisi, Parsono tercatat sebaagai takmir atau pengurus masjid di Desa Tanggerang, Kecamatan Sruweng, kampung tempat tinggalnya.

Kebiasaan mulia tersebut berbuah manis. Parsono mendapat penghargaan Kapolres Kebumen, AKBP Robert Pardede.

Penghargaan tersebut diserakan oleh Wakapolres Kebumen, Kompol Prayudha Widiatmoko dalam apel yang digelar di Mapolres Kebumen. Parsono tidak dapat menyembunyikan kebahagiaannya mendapatkan penghargaan tersebut.

" Kami sangat berterima kasih sekali kepada Bapak Kapolres serta institusi, karena apa yang saya lakukan ini mendapat apresiasi. Karena, bagi saya bersedekah itu hal biasa. Dan merupakan anjuran agama untuk menyisihkan penghasilan kita untuk orang yang kurang mampu," ucap Parsono.

(ism, Sumber: Liputan6.com/Muhamad Ridlo.)

Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting
Join Dream.co.id