Jadwal Imsak 21 Mei 2019 di Jakarta dan Kota Besar Lain Serta Qiyamul Ramadhan

Your Story | Selasa, 21 Mei 2019 02:30
Jadwal Imsak 21 Mei 2019 di Jakarta dan Kota Besar Lain Serta Qiyamul Ramadhan

Reporter : Ahmad Baiquni

Kita sudah melewati pertengahan Ramadan.

Dream - Jadwal imsak hari ini, Selasa, 21 Mei 2019 berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia. Bahkan di kota yang saling berdekatan pun bisa terjadi perbedaaan waktu imsak, buka puasa, serta jadwal sholat wajib lainnya. 

Memasuki hari ke-16 Ramadan, jadwal imsak harus kamu pantau dengan seksama. Bisa jadi waktunya sama dengan hari kemarin atau boleh jadi berubah. Tak mau dong puasa tak santap sahur karena salah melihat waktu imsak. 

Selain santap saat sebelum masuk waktu imsak, Ramadan juga harus kita hidupkan dengan berbagai ibadah. Umat Muslim malah sangat dianjurkan mengisi malam-malam Ramadan dengan ibadah.

Ibadah malam di bulan Ramadan dikenal dengan Qiyam Ramadan. Ini adalah ibadah yang sangat dianjurkan untuk meraih Ramadan.

Umumnya, Qiyam Ramadan dipahami oleh sebagian orang dengan Tarawih. Tetapi, apakah hanya Tarawih?

Dikutip dari Bincang Syariah, Qiyam Ramadan merupakan sarana untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Tetapi, Qiyam Ramadan tidak hanya sholat Tarawih.

Imam An Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim menjelaskan Qiyam Ramadan hanyalah sholat Tarawih saja. Sehingga, apabila seseorang sudah melaksanakan sholat Tarawih maka sudah menjalankan Qiyam Ramadan.

Tetapi, sebagian ulama berpendapat Qiyam Ramadan tidak hanya Tarawih saja. Sholat-sholat malam yang dikerjakan saat Ramadan juga termasuk Qiyam Ramadan.

 

2 dari 2 halaman
Eksklusif Wawancara Ha Sung Woon di Taiwan dan Fan Meeting Seru
Join Dream.co.id