Akhir Bahagia Bocah Pemulung Caswara yang Jadi Anak Asuh Anggota DPR

Your Story | Sabtu, 23 Januari 2021 12:01
Akhir Bahagia Bocah Pemulung Caswara yang Jadi Anak Asuh Anggota DPR

Reporter : Arini Saadah

Kehidupan Caswara tak seperti lazimnya anak-anak lain yang bisa belajar dan bermain riang dengan teman sebayanya.

Dream – Beberapa waktu lalu viral seorang bocah piatu bernama Caswara yang membantu ayahnya memulung demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Kehidupannya tak seperti lazimnya anak-anak lain yang dipenuhi kegiatan belajar dan bermain bersama teman sebayanya.

Caswara tak bisa merasakan kasih sayang ibunda yang meninggalkannya saat masih kecil. Selama hidupnya, dia harus membantu sang ayah menjadi pemulung sampai pukul 12 malam.

Cobaan semakin berat takkala sang ayah yang pergi memulung tak kunjung kembali ke rumah.

Kisah hidup Caswara menjadi viral dan didengar salah satu anggota DPR yang melakukan blusukan tengah malam dengan mobilnya pada November 2020 lalu. Berikut kisah haru Caswara yang hidupnya berubah setelah diangkat menjadi anak asuh politisi tersebut.

2 dari 5 halaman

Memulung Tengah Malam

 Ilustrasi© YouTube/KANG DEDI MULYADI CHANNEL

Kisah hidup bocah 10 tahun itu berubah lantaran bertemu dengan Dedi Mulyadi, bekas bupati yang kini menjadi anggota DPR. Caswara hidup di sebuah saung di tengah rawa dan semak belukar di Purwakarta.

Saat ditemukan Dedi Mulyadi, Caswara hari itu sedang memulung di pinggir jalan di daerah Purwakarta pada Selasa 10 November 2020 lewat tengah malam. Kemudian kisahnya menjadi viral hingga terungkap siapa ayah dan ibunya.

3 dari 5 halaman

Mulai Sekolah

Identitas sang ibu sudah berhasil diketahui keberadaannya di Kabupaten Subang. Sang ibu ternyata sudah menikah dengan pria lain.

Kisah Caswara pun terus menggelinding berkat bantuan dari Dedi Mulyadi. Bahkan kini Caswara sudah mulai bersekolah di SD Kahuripan Padjajaran, yakni sebuah sekolah yang berbasis life skill.

Caswara belajar baca tulis, menari, memberi makan ikan, hingga belajar agama. Ia berangkat berjalan kaki dengan gembira riang.

4 dari 5 halaman

Jadi Anak Asuh

Ternyata Dedi Mulyadi tak hanya menyekolahkan Caswara, tetapi juga mengangkatnya sebagai anak. Kini bocah itu sudah resmi menjadi adik asuh Maula Akbar, anak pertama Dedi Mulyadi. Segala kebutuhan hidup Caswara dipenuhi, Dedi pun berharap menjadi orang sukses di kemudian hari.

Tak hanya menjamin kehidupan Caswara, Dedi juga mengangkat taraf hidup keluarga Caswara. Ia memberikansebuah rumah kontrakan yang layak kepada keluarga bocah 10 tahun itu.

Lebih jauh, anggota DPR itu juga merekomendasikan ayah tiri Caswara untuk bekerja di Dinas Kebersihan sebagai penyapu jalan.

5 dari 5 halaman

Momen Haru Bertemu Sang Ayah

 Ilustrasi© YouTube/KANG DEDI MULYADI CHANNEL

Tak menunggu lama, usai mengetahui identitas dan alamat lengkap ayah Caswara, Dedi Mulyadi pun bergegas mendatanginya dengan mengajak langsung Caswara. Kedatangan Caswara pun ternyata sudah ditunggu oleh ayah kandungnya bernama Entong dengan beberapa saudara yang lain.

Kerabat dan tetangganya sudah mengetahui kabar bahwa Caswara ditolong oleh Dedi Mulyadi. Kabar itu mereka peroleh lewat media sosial.

Momen pertemuan sang anak dengan ayahnya ini pun mengharu biru jagat maya. Tangisan ayah kandung Caswara tak terbendung lagi setelah bertemu anaknya itu. Sang ayah pun dalam kondisi sakit tidak bisa berjalan, namun masih bisa berbicara dengan lancar.

 

Sumber: YouTube/KANG DEDI MULYADI CHANNEL

Join Dream.co.id