Janji Allah Bagi Hamba-Nya yang Rajin Sholat Tahajjud

Your Story | Kamis, 18 Juni 2020 20:01
Janji Allah Bagi Hamba-Nya yang Rajin Sholat Tahajjud

Reporter : Ulyaeni Maulida

Tak ada yang lebih membahagiakan seorang muslim selain mendapatkan ridho dan kasih sayang Allah SWT.

Dream – Beruntunglah bagi Sahabat Dream yang rajin bangun malam untuk menjalankan sholat tahajjud. Begitu banyak pahalal dan manfaat yang akan didapatkan seseorang yang selalu menyisihkan waktunya di dua pertiga malam untuk menunaikan sholat sunnah tersebut.

Berbagai keutamaan sholat tahajjud bisa kamu dapatkan jika terbiasa melaksanakan ibadah ini secara rutin. Di antara sholat sunnah lainnya, sholat tahajjud dianggap sebagai ibadah paling istimewa.

Allah SWT dalam suratnya Al-Isra berfirman, “ Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. Dan katakanlah: “ Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong. Dan katakanlah: “ Yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap”. Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap.” (QS. Al-Israa: 79-82).

Sholat tahajud dapat dikerjakan sejak setelah isya' sampai masuknya waktu subuh. Namun, waktu yang paling dianjurkan adalah sepertiga malam terakhir. Setelah tengah malam hingga masuknya waktu subuh.

2 dari 3 halaman

Janji Allah Bagi Orang yang Senantiasa Sholat Tahajjud

 Sholat Tahajjud© Shutterstock

Allah akan memberikan empat janji didunia kepada hamba-Nya yang senantiasa melaksanakan sholat tahajjud.

Dalam salah satu ceramahnya, ustaz Adi Hidayat mengatakan bahwa ada empat janji dari Allah. Bagi hamba-Nya yang selalu rajin melaksanakan sholat tahajjud.

  1. Allah akan angkat karirnya ditempat yang terbaik
  2. Allah bimbing semua aktivitasnya sehingga lebih mudah
  3. Allah bimbing setiap dia punya masalah supaya dapat solusi terbaik mengatasi persoalannya
  4. Allah lindungi dia ketika dalam aktivitas kehidupannya ada orang-orang yang akan mencelakai atau menjahilinya

Selain itu, ustaz Adi Hidayat juga menambahkan bahwa orang rajin sholat tahajjud akan disediakan tempat di surga.

“ Empat janji utama. Di akhirat, para pelaku Tahajud, yang rutin Tahajud Dijanjikan oleh Allah, akan memasuki surga, dan tempat surganya di taman surga. Anda tinggal di komplek dekat taman, enak kan keadaannya. Anda tinggal di surga, di taman surga. Dekat dengan taman surganya, bagai mana keindahannya,” ungkap beliau.

Oleh karena itu, betapa banyak manfaat jika rutin melaksanakan sholat tahajjud. Karena Allah SWT menjanjikan kenikmatan luar biasa, baik didunia maupun diakhirat kelak.

3 dari 3 halaman

Manfaat Rutin Melaksanakan Sholat Tahajjud

 

 Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Manfaat sholat Tahajjud ini telah banyak diungkapkan dalam Alquran dan hadis. Bahkan saat sebelum tidur kamu berniat untuk melaksanakan salat tahajjud, tetapi kamu tidak terbangun, kamu masih tetap mendapatkan manfaat sholat tahajud yang luar biasa.

Penghapus dosa

Sholat tahajjud adalah sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu mengerjakan sholat sunnah ini juga akan menggugurkan dosa-dosa kecil yang kamu perbuat.

Doanya mudah dikabulkan

Apalagi bila seseorang melaksanakan sholat tahajjud di waktu utamanya yaitu di sepertiga malam terakhir. Maka doa-doanya akan langsung didengar. Dan akan mudah dikabulkan.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “ Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “ Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

Amalan yang membantu kelak di akhirat

Orang-orang yang senantiasa melaksanakan sholat tahajjud akan mendapatkan pertolongan kelak di akhirat.  

Allah SWT berfirman, “ Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

(Diambil dari berbagai sumber)

 

 

Join Dream.co.id